Ciri Burung Cucak Ijo Mini Beserta Harga Dan Suara

Diposting pada

Halo kicau lovers kembali kami akan memberikan ulasan informasi menarik dan bermanfaat buat kalian. Pembahasan kali ini seputar Cucak Ijo Mini yang mulai banyak digemari oleh para kicau mania.

Sebenarnya burung ini bukan burung yang baru dikenal para penghobi burung kicau, namun karena adanya beberapa jenis burung cucak hijau jadi cukup sulit untuk membedakan mana burung cucak ijo biasa dan cucak ijo mini.

Mengapa bisa sulit karena dari namanya saja sudah mini ya pasti yang ukuran tubuhnya kecil. nah tetapi cucak ijo mini dan cucak ijo biasa ternyata ukuran tubuhnya tidak jauh berbeda apalagi kalau tidak dilihat secara bersamaan.

Biasanya para kicau mania memelihara cucak mini ini sebagai burung masteran karena memang suaranya nyaring dan mudah gacor meskipun hanya dirawat dengan perawatan rutin harian tanpa terapi khusus supaya dia rajin bunyi.

harga-cucak-ijo-mini

Pada artikel ini kita akan membahas ciri dan karakteristik cucak mini ini sampai kisaran harga terbarunya serta bagaimana suara merdunya :

Ciri Burung Cucak Ijo Mini

Burung jenis ini sendiri sangat populer didaerah sumatera dan kalimantan namun untuk daerah pulau jawa jarang ditemukan karena memang disana ada cucak ijo banyuwangi yang juga menjadi populer sebagian masyarakat disana.

Burung ini populer dikalangan kicau mania karena kemampuannya menirukan banyak suara burung kicau, karena kemampuannya membuatnya kian diminati terlebih saat ini selain itu perawatan hariannya juga termasuk mudah.

Beberapa ciri cucak ijo mini ialah :

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Ciblek, Harga dan Suara Ngebren

1. Warna Bulu Yang Lebih Pekat

Berbeda dengan jenis cucak ijo banyuwangi, cucak mini ini memiliki warna hijau yang lebih gelap, sehingga jika kita dihadapkan pada 2 jenis burung cucak hijau kita bisa membedakan dengan melihat warna bulunya saja.

Untuk yang betina warna bulunya hijau tanpa ada warna hitam dibagian wajahnya namun dibandingkan betina banyuwangi, warna hijaunya lebih kentara.

2. Ukuran Tubuh Relatif Kecil

Sesuai dengan nama jenisnya cucak mini, sehingga ukuran tubuhnya juga lebih kecil dari cucak hijau biasa. Cucak hijau mini memiliki panjang tubuh berkisar 15 sampai 18 cm saja.

Kalau cucak hijau biasa mencapai 20 cm lebih dan bentuk tubuhnya juga lebih gemuk dibanding yang mini lebih ramping sehingga terlihat panjang dan ramping.

sedangkan cucak ijo jumbo mencapai 25 cm memang sesuai namanya ya gais. jika dilihat secara sekilas ketiga jenis cucak ijo ini memang hampir sama jadi kita harus memperhatikan dengan baik sebelum membelinya.

ciri-cucak-ijo-mini

3. Postur Tubuh

Secara penglihatan cucak ijo mini memiliki postur lebih lurus sedangkan yang medium dan jumbo terlihat lebih melengkung. Lebih ramping dan lebih gesit memang karena ukuran tubuhnya yang tidak terlalu besar.

Harga Pasaran Terkini

Harga Cucak hijau mini sendiri secara umum berkisar antara Rp150.000 per ekornya sampai harga Rp500.000 dengan rincian sesua kualitas, jenis kelamin dan juga suara kicauannya.

Cucak ijo mini yang bahan dibanderol dengan harga Rp150.000 sampai dengan Rp180.000 per ekornya, cukup murah namun diperlukan waktu yang cukup lama untuk memeliharanya menjadi semakin gacor.

Cucak hijau mini yang sudah nopeng dan mulai rajin bunyi biasanya dijual dengan harga mencapai Rp350.000 per ekornya. Harga ini bisa berlaku untuk full set maupun dijual burja atau burung nya saja tanpa kandang.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Burung Perkutut

Semua tergantung pada penjual dan keberuntungan si pembelinya juga ya gais.

Nah untuk cucak ijo mini yang sudah mapan gacor harga per ekornya dijual mencapai Rp500.000 masih cukup terjangkau untuk kelas burung yang sudah gacor jadi kalian pasti tidak rugi untuk membelinya gais.

suara-cucak-ijo-mini

Suara Kicauan

Suara cucak hijau mini ini memang lebih nyaring ketika berkicau dibanding cucak hijau medium dan jumbo, mereka lebih bulat gitu saat mengeluarkan kemampuannya dalam berkicau.

Jika kalian ingin langsung mendengar suara dan bisa juga digunakan sebagai kicauan bisa langsung di play dan juga di unduh secara gratis ya kicau lovers.

Terima kasih sudah bersedia membaca artikel dari kami semoga bermanfaat bagi kalian untuk menambah wawasan dalam hobi memelihara burungĀ  Cucak Ijo Mini ini, semoga kalian semua selalu dilindungi oleh Allah .