Ciri Ciri Murai Batu Medan Jantan Dan Betina Trotolan

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Ciri-Ciri Murai Batu Medan – Kicau lovers siapa sih yang tidak mengenal burung murai batu medan yang merupakan salah satu burung kicau yang memiliki popularitas yang sangat tinggi dimana harganya pun

memang cukup mahal bahkan sampai saat ini. Salah satu jenis burung murai yang satu ini memiliki volume suara yang sangat nyaring bahkan bisa sampai membuat telinga kita sakit saat mendengarnya

untuk saja suara kicauannya sangat merdu sehingga tidak membuat kesal ya gais. dan diantara beberapa jenis burung murai lainya murai batu medan ini diyakini memiliki kualitas terbaik dibanding lainnya

mulai dari bentuk fisiknya sampai ke suara kicauannya tentunya ini juga menjadi impian para pecinta burung kicau bukan. Harga jualnya beragam untuk yang masih trotolan mencapai Rp750.000 per ekornya

sedangkan yang sudah mapan gacor di banderol antara 2 juta rupiah sampai 4 juta per ekornya, untuk yang juara dan mapan bahkan harganya mencapai puluhan juta rupian. Sangat fantastis

Nah karena harganya yang tinggi ini tentunya ketika kita akan membelinya pastikan kalian membeli burung murai batu medan yang asli jangan sampai salah karena kalian akan rugi sendiri.

Untuk mengetahui murai batu medan yang asli seperti apa berikut ini khusus untuk kalian kami sajikan ciri – ciri yang dimiliki murai batu medan ini baca artikelnya sampai habis.

pola-ekor-murai-batu-medan

Ciri Murai Batu Medan Trotolan

1. Ukuran Tubuh

Murai batu medan jantan yang masih trotolan memiliki ukuran tubuh yang lebih tegap dibanding dengan trotolan yang betina, pada burung betina tubuhnya lebih pendek dan gemuk jadi terlihat tidak tegap.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Menentukan Setingan Murai Batu Yang Sesuai

Ukuran kepalanya pun lebih besar yang jantan tentunya sesuai dengan ukuran tubuhnya ya gais selain itu warna bulunya lebih gelap di kepalanya kepala betina lebih membulat sedankan jantan lebih gepak.

2. Warna Bulu

Bulu MB medan jantan lebih hitam legam kalau dibandingkan dengan MB yang betina, yang masih trotolan pada bagian dadanya pejantan memiliki corak bulat bulat seperti bintik .

Untuk yang betina warna hitam pada bulunya lebih kusam atau pudar, dan motif bintiknya lebih lonjong serta berwarna coklat sedangkan yang jantan di dadanya pun berwarna hitam.

ciri-ekor-murai-medan

3. Bentuk Paruh dan Kaki

Paruh pada burung murai jantan lebih tebal apalagi pada bagian bawahnya walaupun dia masih anakan usia 1 bulan, sedangkan betina terlihat lebih tipis paruhnya. Kaki MB jantan lebih besar dan sedikit bersisik

sehingga dia bisa mencengkeram lebih kuat ketika bertengger tidak seperti yang betina kakinya lebih pendek dan lebih halus warnanya juga tidak segelap yang kaki jantan tadi.

4. Bentuk Ekor

Meskipun pada burung yang sudah dewasa perbedaan ekor antara kedua jenis kelamin ini tentunya berbeda, untuk yang masih anakan atau trotol ekornya terlihat sama baik itu jantan dan betina.

Ciri Murai Batu Medan Dewasa

1. Ciri Fisik

MB Medan dewasa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari yang betina sama saja dengan burung murai yang masih trotolan. hanya perbedaannya pada bulunya yang berwarna berbeda dari trotolan.

Bulu jantan lebih hitam legam dari betina dan pada bagian dadanya berwarna coklat ke oranyean, sedangkan pada betinanya warna hitamnya lebih pudar dan dadanya berwarna oranye ada putihnya juga.

2. Ekornya

Murai Batu medan memiliki ekor yang sangat panjang berkisar antara 27 sampai 35 cm, sehingga bentuknya melengkung sedangkan ekor yang betina lebih pendek dari pada ekor yang jantan.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Perawatan Burung Murai Batu Untuk Lomba

harga-murai-batu-medan

3. Suara kicauannya

Volume suara burung murai jantan sangat tinggi volume nya sedangkan betina volumenya lebih kecil dan kicauannya lebih monoton dibandingkan dengan yang jantan tentu saja kemampuannya

mengikuti suara burung lain memang paling jago.

Nah kicau lovers itulah tadi beberapa ciri ciri murai batu medan yang harus kalian ketahui dengan mudah semoga informasi ini banyak memberi manfaat untuk menambah wawasan kita dibidang hobi burung kicau ini

Saya ucapkan terimakasih banyak sudah selalu setia membaca artikel dari kami dan kami ingatkan kalian untuk selalu menjaga protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah agar terhindar dari wabah ini.