Tips Mengenali Ciri Ciri Burung Merpati Balap Dan Tinggian

Diposting pada
Rate this post

Ciri Ciri Merpati Balap Tinggian – Burung merpati dikenal sebagai burung yang paling setia dengan pasangannya sehingga dia kerap kali disimbolkan dalam undangan pernikahan. Burung ini memiliki kemampuan dalam

mengingat wajah manusia, dan juga mampu terbang sampai 100 km/jam. karena kemampuan kecerdasan yang dimilikinya ini sehingga dia dipelihara dan dilatih sebagai burung yang sering diperlombakan.

Bukan lomba suara kicau ya gais karena memang suaranya hanya kur kur saja tetapi burung ini dilombakan dalam balapan dan juga tinggian atau yang dikenal dengan kolongan.

Kedua perlombaan ini menggunakan jenis burung yang sama burung merpati atau yang dikenal dengan burung dara. Namun ada beberapa karakteristik yang berbeda sehingga kecenderungan dari burung dara ini

lebih ahli di arena balapan atau kolongan. Pastinya para penghobi burung dara sudah tahu kan, kalau kalian masih bingung burung yang kalian punya karakternya dimana atau lebih memiliki kecenderungan

di balap atau tinggian, berikut beberapa ciri yang membedakan karakternya yang dapat kalian ketahui.

ciri-ciri-burung-dara-yang-bagus

Beberapa Ciri Merpati Balap Tinggian

1. Bentuk Kepala

Dilihat dari bentuk kepalanya, merpati balap tinggian memiliki ukuran yang cukup besar sebesar buah pinang muda, batok kepalanya di bagian depan lebih besar dari batok di bagian belakangnya.

Bentuk lehernya tidak terlalu jenjang, agak pendek meskipun dia berdiri tegak. hal ini berfungsi supaya dia tetap berada di posisi streamline atau sejajar dengan tekanan udara.

Baca Terus Guys ! . . .  Fakta Burung Merpati Beserta Mitos dan Harganya

ciri-burung-dara-turun-jedor

2. Mata

Dibagian mata ini sebenarnya yang terpenting untuk menentukan dia burung tinggian yang bagus atau tidaknya dengan cara, kita melihat pupil matanya dia harus yang sensitif terhadap cahaya

karena dia akan berhadapan dengan cahaya matahari ketika dia terbang tinggi. Burung yang memiliki sensitifitas terhadap cahaya yang bila terkena cahaya pupilnya mengecil dan apabila cahayanya meredup

pupilnya kembali dengan normal dengan cepat. Kalian bisa memeriksanya dengan mendekatkan mata merpati ke arah cahaya dan mematikannya lalu lihat perbedaan pada pupilnya apabila cepat dia baik kalau lama merespon dia tidak bagus.

3. Bentuk Paruhnya

Untuk merpati kolongan yang memiliki kualitas juara dia memiliki bentuk paruh yang tidak terlalu panjang, dan tidak terlalu tebal serta pada bagian ukung paruhnya runcing.

4. Bulunya

Burung merpati balap tinggian harus memiliki bulu-bulu yang halus dan terlihat istimewa. bulu halus disini ketika terkena cahaya dia mengkilap, ketika disentuh terasa sangat halus

dan ketika terkena air tidak menempel hanya mengalir saja seperti itu. Bulunya harus kencang dan padat tidak bergelombang dan ujung bulu runcing serta pada bagian sayapnya dia tidak terlalu rapat ke badan.

ciri-ciri-merpati-kolong-yang-bagus

5. Postur Tubuh

Merpati yang yang memiliki postur tubuh yang terlihat seperti jantung pisang dan memiliki daging yang tidak kaku sehingga ketika dia terbang dan mendarat bisa menyesuaikan.

Untuk merpati tinggian akan terasa berat di bagian depannya. Ini menyebabkan dia bisa beradaptasi ketika berada di ketinggian dan ketika akan mendarat.

6. Tulang

Merpati tinggian calon juara harus memiliki tulang yang kokoh. Kita bisa membedakannya dengan meraba bagian supit urangnya diyakini para pecinta burung ini dimana yang memiliki

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenali Perbedaan Jenis Burung Murai Jantan Dan Betina

stut keras dan kokoh merupakan burung yang memiliki mental juara selain itu burung yang memiliki jarak supit antara 1 sampai 2 cm dia mampu mendarat dengan kecepatan yang stabil.

7. Sayapnya

Burung merpati bisa terbang dengan ketinggian maksimal apabila sayapnya lengkap. Bulunya rapat dan tidak bergelombang serta dia helaian bulunya tebal-tebal.

Bagian sayap merpati terdiri dari sayap premier dan sekunder dimana sayap premiernya terdapat 10 helai bulu. Pilih sayap yang tidak rapat ke badan atau yang mengkongkong supaya enak dipegang dan lentur.

8. Bulu Ekor

Merpati balap yang bagus kualitasnya memiliki bulu di ekornya yang rapat, tebal dan juga ukurannya panjang.sebab saat kita memegang si burung kita akna menyatukan ekornya.

Hal ini menandakan si merpati memiliki ukuran pinggang yang kecil sehingga dia dapat turun dari ketinggian dengan kecepatan yang cukup tinggi.tetapi jika ketika di satukan bulu ekornya tidak menyatu

tandanya dia memiliki pinggang yang besar sehingga tidak terlalu cepat ketika mendarat.

9. Bentuk Kaki

Merpati yang bagus yang memiliki kaki yang kering mbesik serta ukurannya panjang. Menurut para pecinta merpati, burung yang bagus apabila kakinya dipegang maka kakinya akan sejajar dengan ekor.

10. Mentalnya

Nah yang tak kalah penting ialah mentalnya, mental merpati tinggian juara harus kuat ketika bertarung di arena perlombaan. Bentuk fisik yang baik pun tidak ada artinya ketika si burung memiliki mental yang buruk.

sehingga pastikan si burung dalam keadaan sehat dan berikan makanan yang cukup serta bernutrisi tinggi, jika mentalnya buruk si burung tidak berani untuk terbang dan meluncur dari ketinggian.

Nah merpati lovers itulah tadi beberapa ciri ciri merpati balap tinggian yang memiliki potensi juara semoga informasi ini banyak menambah wawasan kalian di hobi ini kami ucapkan terimakasih banyak.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Jalak yang Ada di Indonesia