Mengenali Ciri Fisik Burung Perkutut Jantan Dan Betina

Diposting pada

Halo kicau lovers kembali kami masih membahas informasi yang penting dan menarik seputar burung perkutut. Kali ini tentang Ciri Burung Perkutut Jantan supaya kalian dapat membedakan mana yang jantan dan betina ketika akan membelinya baik itu dipenangkaran, di kios atau pasar burung bahkan secara perorangan.

Setelah di artikel sebelumnya kita mengulas tentang mitos dan juga beberapa jenis bahan makanan burung perkutut, penting juga untuk kita mengetahui ciri perkutut jantan dan betina agar kita bisa membedakannya.

Perbedaan jenis kelamin perkutut sebenarnya sudah terlihat dari beberapa bagian fisiknya seperti paruh, ekor, mata dan kepalanya namun bagi yang belum tahu secara jelas ini beberapa perbedaan antara keduanya.

ciri-perkutut-jantan-yang-bagus

Ciri Fisik Perkutut Jantan dan Betina

Ciri Perkutut Jantan

1. Perkutut berkelamin jantan biasanya memiliki gerak gerik yang lincah, dan kuat sehingga saat dia bertengger ke jeruji kandangnya ke tangkringan memang sudah terlihat kakinya perpijak kuat.

2. Pada bagian wajahnya terdapat bulu berwarna putih baik di betina dan jantan tetapi si jantan lebih banyak dari pada perkutut betina.

3. Jika kita perhatikan bentuk paruhnya, paruh pejantan lebih panjang dan juga tebal. Perkutut jantan memiliki sorot mata yang lebih tajam dan matanya jernih.

4. Apabila diperhatikan bentuk kepalanya, perkutut jantan memiliki kepala yang lebih datar atau gepak dan lonjong. Garis belahan paruhnya juga terlihat sejajar dengan matanya.

5. Supit urang burung pejantan lebih rapat dan sempit, meskipun kita tidak bisa membedakan kelaminnya dari keras atau lunaknya supit urang sehingga ini biasanya tidak bisa menjadi acuan oleh para pecinta perkutut untuk membedakannya.

Baca Terus Guys ! . . .  5 Jenis Buah Yang Aman Untuk Makanan Burung Kicau

6. Bulu-bulu ekornya akan mengembang ketika dikibas-kibaskan. Ruas kaki yang dimiliki perkutut berkelamin jantan lebih tebal dan juga jari cengkramannya sangat kuat.

7. Ketika memasuki masa birahi, maka dia akan berbunyi membekur atau kepalanya mengangguk-angguk karena birahi. Paruhnya juga akan membuka keatas ketika dia kawin serta posisi pejantan selalu berada diatas.

perbedaan-perkutut-jantan-dan-betina

Ciri Perkutut Betina

1. Perkutut berkelamin betina paruhnya lebih pendek dan tipis dari si jantan. bentuk kepalanya juga bulat tidak gepak bahkan ada juga yang bilang menyerupai koin.

2. Burung perkutut betina memiliki sorot mata yang lebih sayu, dan juga antara garis paruh dan matanya tidak sejajar.

3. Ruas-ruas jari betina terlihat lebih tipis dan juga saat dia mencengkram tangkringan terlihat tidak kuat dan kokoh. Namun pada bagian ujung tulang ekornya terdapat bagian yang berfungsi untuk telurnya.

4. Ketika si betina mengibaskan ekornya, memang terlihat membuka namun tidak terlalu mengembang apabila dibandingkan dengan burung perkutut jantannya.

5. Ketika proses perkawinan paruh si betina akan masuk kedalam paruh pejantan yang memang terbuka, dan posisi burung betinanya selalu berada dibawah ini juga dikarenakan postur tubuh nya lebih kecil dari pejantan.

6. Warda bulu putih pada bagian wajahnya ada tapi lebih sedikit tidak seperti yang jantan yang lebih dominan terlihat dibagian wajahnya.

Untuk tingkat akurasi yang lebih tinggi ada sistem pendulum yang banyak digunakan di penangkaran. Bagaimana caranya  ? nanti kita akan bahas di artikel selanjutnya ya gais.

Kami tidak menyarankan kalian membeli burung perkutut secara online, walaupun lewat parketplace disarankan untuk membelinya secara COD.

Karena membedakan jenis kelamin secara langsung saja cukup sulit apalagi kalau kita yang belum ahli ini melihatnya lewat gambar saja.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Memaster Lovebird Agar Ngekek Panjang

nah kicau lovers itulah tadi beberapa Ciri Burung Perkutut Jantan yang bisa kalian ketahui dan berguna supaya kalian bisa membedakan mana yang jantan dan betina ketika akan membelinya.

Terimakasih sudah setia bersama kami, semoga kalian semua diberikan kesehatan selalu dan dijauhkan dari virus yang sedang menjadi wabah pandemi di negara kita tercinta ini.