Cara Ternak Burung Serindit

Diposting pada

ternak burung serindit, kembali lagi masih bersama website pleci.id yang dimana pada kesempatan pagi hari ini kami akan berbagi tips seputar budidaya atau ternak burung kicauan, nah pembahasan artikel ini adalah bagaimana sih cara beternak burung serindit ?.

Burung serindit saat ini menjadi trend dan mulai banyak digemari dikalangan para kicau mania ya, terutama untuk dijadikan sebagai burung lapangan (kontes), tidak itu saja, burung ini juga sangat piawai untuk memaster burung-burung ocehan lainnya seperti kacer, murai batu, cucak ijo dan burung fighter lainnya ya.

Memang burung serindit jawa sangat sering kita jumpai, tentunya di alam bebas reproduksi burung di habitatnya cukup baik ya, namun bukan berarti kita sebagai para pecinta burung ini tidak mau memikirkannya bagaimana cara melestarikan dan membudidayakan burung serindit ini ya, agar tidak terjadi kepunahan dikemudian harinya. Oke langsung aja yuk kita simak penjelasan lengkap artikel ini sampai habis ;

Tips Mudah Budidaya Burung Serindit Untuk Pemula


Cara Membedakan Jenis Serindit Jantan Dan Betina

Untuk kalian yang baru ingin memulai mencoba untuk ternak burung serindit ini, tahapan yang paling utama dalam menentukan burung serindit betina maupun jantan kalian harus paham terlebih dahulu ya,

burung-serindit-betina

karena ini adalah modal dasar bagi kalian para penangkar wajib mengetahuinya, dan jika sudah paham tentu akan mudah untuk menentukan calon serindit yg berkualitas dan kiranya akan dijadikan sebagai indukan ternak nanti.

Nah untuk ciri-cirinya bisa kalian lihat, jika untuk yang jantan memiliki warna yang jauh lebih jelas hijau cerahnya ya, dan untuk yg betina agak sedikit kusam.

Baca Terus Guys ! . . .  Obat Untuk Burung Kenari Serak

Apabila burung serindit ini sudah memasuki masa mapan (dewasa) tentu akan lebih mudah lagi melihat cirinya, jika yang jantan di atas bulu kepalanya memiliki corak biru yang tegas, dan untuk betina tidak ada, ya walaupun terkadang ada juga betina yang memiliki warna biru dikepalanya, namun tidak terlalu terang ya, itupun hanya terlihat sedikit saja atau samar-samar.

Nah pada bagian leher dibagian bawahnya untuk yg jantan ini memiliki bulu yg berwarna merah jelas ya, berbentuk lingkaran dan sedangkan si betina tidak memiliki warna merah di bagian lehernya. Dari ciri-ciri ini sudah bisa kita jadikan parameter yang akurat dalam menentukan jenis kelamin burung serindit itu sendiri ya temen-temen.

cek juga : harga burung serindit 2021

cara-membedakan-jenis-serindit-jantan-dan-betina

Proses Penjodohan Burung Serindit

Apabila kalian sudah paham dengan jenis kelamin burung serindit, dan sudah menentukan calon indukan yang tepat sesuai pilihan kalian, sebelum lanjut ke proses perjodohan tentu syarat yang utama adalah burung harus sehat fisik dan mentalnya ya, kemudian sudah masuk usia mapan (dewasa) yang memang sudah benar-benar siap untuk di produksi keturunannya.

Untuk menjodohkan burung serindit ini memang perlu kesabaran dan ketelatenan ya, butuh waktu dan pengamatan bagi kalian untuk selalu memantau tingkah lakunya pada saat proses pengenalan,

nah untuk proses tahap perkenalan sebaiknya menggunakan sangkar yang berbeda terlebih dahulu, jangan langsung menyatukan burung serindit jantan dan betina dalam satu sangkar, dikhawatirkan burung bisa berkelahi dan stres.

Namun kalian menggunakan 2 sangkar yg berbeda dan sering menggandeng kedua sangkar tersebut setiap harinya, amati perilaku kedua indukan tersebut, biasanya dengan kurun waktu 1 minggu burung sudah saling kenal dan bisa melanjutkan ke proses penjodohan yang digabungkan di dalam 1 sangkar ternak.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Burung Sikatan Londo

Nah untuk adaptasi dengan tempat glodok ataupun kandang ternak yang sudah kalian siapkan, biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 harian lah, setelah burung sudah mulai biasa, dipastikan akan kawin dan bereproduksi dengan baik.

serindit-jawa

Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Untuk makanan burung serindit di alam liar tidak berbeda jauh dengan burung yg sudah kita pelihara ya, terlebih dimasa proses penjodohan tentu burung harus dalam kondisi birahi yang tinggi ya, nah birahi tinggi ini bisa kita usahakan dengan pemberian pakan yang sesuai ketentuan yang dibutuhkan.

Biasanya untuk burung serindit yang sedang di tangkarkan, kalian bisa memberikannya setiap hari pakan berupa biji-bijian canaryseed yang sering diberikan untuk burung kenari, lalu pisang dan air gula ya,

dan tidak hanya itu saja pakan yang memiliki kandungan protein dan nutrisi seperti keroto segar juga sangat baik untuk dikasihkan kepada burung serindit setiap harinya, agar bertujuan membuat birahi burung serindit ini bisa naik.

baca juga : jenis makanan burung serindit

Oke jadi itu saja ya tips ternak burung serindit yang bisa kalian coba aplikasikan sesuai dengan pembahasan diatas, dan kiranya dapat menambah wawasan temen-temen semua, semoga bermanfaat.