Cara Mudah Mengatasi Burung Cendet Yang Rusak

Diposting pada
Rate this post

Pada kesempatan kali ini situs pleci.id akan memberikan tips cara mengatasi cendet rusak serta apa saja sih faktor penyebab nya ?. Untuk para pemain burung cendet / pentet yang masih pemula tentu harus mengetahui tahapan dasar yang memang terlihat sepele, namun harus dipertimbangkan ya agar burung yang kalian rawat itu menjadi burung yang gacor mapan jadi.

Nah kalau harapan kalian sudah terwujud sesuai ekspetasi tentu akan merubah segala sesuatu menjadi mewah, baik dari segi kepuasan batin tercukupi sudah mampu merawat burung cendet ini dengan maksimal dan tepat, di lain itu juga bisa membuat nilai jual atau harga burung cendet kalian menjadi meroket karena keistimewaan atau kegacoran mapan nya yang bisa di buktikan.

Oke langsung aja kita ke topik pembahasannya bisa kalian simak sampai selesai agar nantinya tidak gagal paham.

Faktor penyebab rusaknya burung cendet apa saja ?


Perpindahan Kandang / Sangkar

Nah salah satu penyebab rusaknya burung cendet yang pertama adalah menggonta-ganti sangkar yang tidak cocok ya, disini sudah pasti bisa menjadi penyebab rusaknya burung cendet kalian ya, Karena untuk mengganti sangkar burung cendet kita harus berhati-hati.

Terkecuali burung itu sudah benar-benar mapan dan tidak takut sangkar karena sudah terbiasa ya, nah disini banyak sekali kasus yg sama ya, khususnya cendet Mania itu biasanya agak kesulitan untuk mencari penyebab daripada burung-burung cendet kenapa bisa rusak !,

jadi yaitu salah satunya adalah mengganti sangkar yang bisa membuat burung harus beradaptasi ulang atau bisa juga karena kaget dengan tempat tinggal yang baru nya ya, dan lalu bagaimana cara mengganti sanggar yang benar di saat kita membeli cendet ke pemilik pertama alias ke orang lain.

Baca Terus Guys ! . . .  Harga Pasaran Burung Kutilang

cara-mengatasi-ekor-cendet-rusak

Berikut Tips Perpindahan Sangkar Yang Tepat

Biasanya kalau kita tidak membeli dengan sangkarnya atau istilahnya fullset gitu ya, tentu itu biasanya burung cendet ini akan menjadi kaget, stres dan akhirnya bisa rusak nantinya.

Lalu bagaimana untuk mengatasinya yang pertama adalah minimal kita harus membawa tangkringannya teman-teman jadi kita beli cendet sekalian kita bahwa tangkringannya dan kita amati warna daripada sangkar itu sendiri jika sangkarnya berwarna hitam, maka kita harus samakan dengan kandang yg kita punya di rumah,

dan apabila sebelumnya sangkarnya berwarna merah itu juga kita harus mengikuti kita siapkan juga kandang yang sama warnanya ya, berwarna merah temen-temen nah kita untuk membeli burung cendet itu harus benar-benar teliti saat kita bawa dengan pengirimannya walaupun kita tidak membawa dengan sangkarnya ya.

Tapi minimalnya kita sudah punya warna seperti yang di tangan pertama itu cara menangani burung cendet yang pindah sangkar sehingga burung itu akan cepat beradaptasi sehingga burung itu tidak menjadi takut.

Kelihatannya memang sepele teman-teman tapi ini untuk menjadi bahan pertimbangan jikalau kita membeli sandal kepada orang lain tanpa sangkarnya sehingga senjata itu tidak menjadi rusak parah jika si cendet ini sudah di tangan kita ya.

baca juga : cara agar cendet selalu gacor stabil

Teknik Pengkrodongan Yang Tepat Untuk Burung Cendet

Nah untuk penyebab yang kedua ini adalah, burung cendet yang takut dengan krodong ya, ini banyak sekali kasusnya sehingga kita kalau tidak mengamati dengan teliti, terkadang itu cendet juga ada yang karakternya memang takut kerodong jika kita paksakan burung itu juga akan menjadi rusak sehingga kita harus benar-benar pintar pintar untuk mencari jenis warna kerodong dan bahan yang nyaman ya agar si burung cendet kesayangan kalian tidak takut.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Hantu yang Ada di Indonesia

Jadi intinya kalian harus sesuai dengan kesenangan burung itu sendiri Terkadang ada yang suka dengan warna-warna gelap ya seperti warna hitam ada yang suka warna merah ada yang suka warna biru dan sebagainya jadi kita kenal kan satu persatu dan amati pergerakan di dalam sangkarnya jika burung tersebut cukup tenang dan tidak gerabakan tentu burung sudah merasa nyaman dengan kerodong tersebut ya.

Hindari Dengan Sesuatu Yang Membuat Si Cendet Ini Ketakutan

Oke lanjut ke penyebab rusaknya burung cendet yang 3 adalah takut sesuatu ya teman-teman, jika kita tidak pernah untuk mengamati perilaku harian si burung cendet ini,

biasanya ini akan kecolongan teman-teman contoh burung takut mobil atau motor, terkadang takut gerobak, atau juga kadang takut dengan melihat kucing dan lain-lain ya,

sehingga burung ini bisa menjadi stres dan rusak karena itu jika kita tidak pandai-pandai untuk mengamati Kenapa burung ini bisa menjadi rusak nantinya Kita harus benar-benar pandai untuk mengamati burung tersebut Kenapa menjadi rusak seperti itu ya,

Nah jika kita sudah mengetahui sesuatu yang bisa membuat burung ini tidak nyaman alias takun tentu harus kita kita jauhkan dan kita hindarkan ya agar burung tidak merasa ketakutan terus ya.

Tidak Konsistennya Dalam Pemberian EF (Harian)

Oke selanjutnya yg bisa menjadi penyebab rusaknya burung cendet temen-temen ini karena ketidak konsistennya kita dalam menghasilkan ekstrak puding hariannya ya,

disini kita kasih contoh seandainya kita hari ini mau ngasih lima sore ini mah besoknya dirubah-rubah dan besoknya lagi di rubah-rubah terus takaran porsi jangkrik nya, sehingga kita tidak konsisten dalam pemberian ekstra puding yang tidak teratur ini tersebut sehingga dapat membuat suhu tubuhnya bisa naik turun sehingga burung itu juga bakalan jadi rusak pastinya.

Cara Penjemuran Yang Tidak Tepat

Selanjutnya untuk faktor lainnya bisa juga karena salah penjemuran temen-temen dikarenakan cendet ini dalam penjemuran Itu harus setiap hari diimbangi dengan ekstra puding yang memadai jadi kita juga harus konsisten dalam menjemur burung ini sendiri ya,

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Rajawali, Makanan Beserta Gambarnya

nah terkecuali pada saat cuaca ekstrim atau musim hujan seperti ini ya, kalian harus memikirkan Bagaimana supaya burung ini tidak mengalami minus suhu tubuhnya sehingga kita harus mengurangi pemberian EF nya untuk burung tersebut dikarenakan tidak ada penjemuran yang maksimal sehingga burung cendet kalian itu tidak akan menjadi rusak.

Cara Pemandian Yang Salah

Dan untuk selanjutnya adalah penyebab burung ini menjadi rusak yaitu pemandian temen-temen jika kita memandikan burung cendet setiap hari itu akan mengakibatkan suhu tubuh yang minus teman-teman dikarenakan suhu tubuh ini bisa naik-turun setiap hari,

nah jika kalau sudah minus itupun nantinya akan berefek buruk ya yg pertama adalah mengembangkan bulunya dikarenakan suhu tubuhnya mengalami minus dibawah normal ya,

dengan kondisi seperti ini tentu harus menjadi bahan pertimbangan kita sebagai perawatnya ya, lalu gimana cara penanganannya ?. Yang pertama kita memandikan hanya satu kali disaat burung ini ini mengalami minus suhu tubuh, dan bisa juga kalian bantu dengan pemberian multivitamin agar dapat menetralisir kondisi suhu tubuh si burung agar bisa normal kembali ya.

Contohnya seperti gelembung balon ya Nah ini kita harus cukup memandikan satu kali dalam satu minggu jika keadaan normal tidak gembung tidak miyik itu bisa kita mandikan dua kali dalam satu minggu ini sudah cukup.

Demikianlah tips cara mengatasi cendet rusak, semoga bisa kalian jadikan parameter acuan para cendet pemula ataupun yang sudah senior sekalipun, salam sukses selalu kicau mania.