Cara Merawat Burung Pelatuk Bawang Untuk Masteran

Diposting pada

Cara Merawat Pelatuk Bawang – Selain untuk dijadikan jagoan dalam perlombaan, para kicau lovers juga merawat beberapa jenis unggas kicau untuk dijadikan masteran sebagai materi lagu burung lain yang di perlombakan. Seperti Murai batu yang diisi dengan suara kapas tembak dan juga salah satunya lagu dari pelatuk bawang yang juga menjadi perhatian para juri gantangan, jadi kalian wajib memelihara salah satu jenis pelatuk ini untuk masteran jagoan anda. Bagaimana caranya ? yuk dibawah ini kami sajikan panduan untuk merawat dengan mudah.

suara-burung-pelatuk-bawang

Perawatan Harian Pelatuk Bawang

1. Pengembunan

Lakukan pengembunan setiap hari pada pagi hari sekitar pukul 5 atau 6 dengan tujuan agar dia bisa menikmati suasana udara pagi karena dihabitat aslinya udara pagi sangat di sukai oleh burung-burung hutan, dan manfaat nya bisa menambah stamina dan volume suara pada pelatuk anda. Sambil di embunkan kamu juga bisa memberikan ekstra fooding atau makanan tambahan berupa jangkrik atau ulat hongkong. Berikan jangkrik sebanyak 10 ekor saja dipagi hari.

2. Waktu Untuk Pemandian

Setelah di proses pengembunan kamu dapat langsung memandikannya, jika kamu sibuk tak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perawatan kamu jangan khawatir, Jenis unggas ini tidak perlu memandikannya setiap hari cukup 1 minggu sekali saja namun tidak mengganggu performanya untuk berkicau. Hal ini karena pelatuk bawang tidak begitu menyukai mandi. Cara memandikannya bisa melakukan sprayer dengan settingan halus agar dia merasa nyaman. Setelah mandi kembali berikan ekstra fooding berupa jangkrik sebanyak 4 ekor.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Suara Cucak Ijo Juara Nasional Mp3

3. Penjemuran

Setiap hari atau setelah mandi dan diberikan makanan tambahan burung harus dijemur untuk mengembalikan suhu tubuhnya. Jemur dengan durasi 1 sampai 2 jam dan waktunya dibawah pukul 11.00 setelah itu pindahkan ketempat yang sejuk . Penjemuran dilakukan setiap hari sambil diberikan vitamin bisa langsung atau di campur ke minumannya terlebih buat yang ombyokan. Vitamin tambahan bisa dibeli di kios burung sekitar tempat tinggal anda.

4. Makanan dan Minuman

Baik voer kasar maupun voer halus sebenarnya dia cukup menyukainya, tetapi jika kicau lovers memberikan voer kasar di khawatirkan akan mengotori air minumnya karena pelatuk memiliki kebiasaan memasukkan makanan ke wadah air minum, hal ini akan membuat airnya kotor dan tidak baik untuk di minum. Jadi saya rekomendasikan untuk memberikan voer halus saja.

Air minum yang digunakan bisa air mineral atau air yang sudah matang. karena ini akan mempengaruhi kesehatan pencernaan burung peliharaan anda. Tambahkan ekstra fooding bisa berupa jangkrik atau ulat hongkong. berikan jangkrik yang masih kecil karena sayapnya belum keras jika besar sebaiknya sayap dan kakinya di buang.

makanan-pelatuk-bawang

5. Kebersihan Kandang

Bersihkan kandang burung setiap hari dan sore secara rutin ini bertujuan agar dia merasa nyaman berkicau di dalam kandangnya, karena kotoran jenis pelatuk ini cukup banyak. Kandang yang digunakan harus terbuat dari material besi karena kalau sangkarnya terbuat dari bahan kayu, sebagai burung pematuk tentu akan mudah patah, ini akan berbahaya dia akan dengan mudah keluar dari tempatnya, tentu kami tidak mau kan peliharaan kicau mania terbang.

Lakukan perawatan ini setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga berhasil untuk cara merawat pelatuk bawang dari kami semoga banyak memberikan manfaat bagi kicau lovers dimanapun kalian berada. Tetap di rumah saja dan menjaga protokol kesehatan ditengah pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Membuat Pleci Ngalas Panjang