Cara Merawat Burung Parkit Agar Rajin Berkicau

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

5/5 - (1 vote)

Cara Merawat Parkit – Salam kicau lovers kembali kami menyapa kalian dengan memberikan info menarik tentang burung kicau. Parkit ialah salah satu jenis burung yang memiliki bentuk paruh bengkok pemakan biji-bijian seperti burung lovebird, tetapi unuran tubuhnya lebih kecil. Jenis unggas yang satu ini tak hanya memiliki warna-warna yang beragam tetapi ditambah suara merdunya yang memikat hati para kicau lovers. Bagi kamu semua yang bingung dalam merawat burung ini agar gacor, berikut kami sajikan beberapa tips dalam merawatnya.

Cara Memelihara Burung Parkit Untuk Pemula


1. Pemilihan Burung

Ada setidaknya 100 jenis burung parkit di bumi yang tersebar di daratan Amerika, Afrika hingga ke Asia. Mulai dari indian tingneck, alexandrine dan banyak yang lainnya. Tetapi yang banyak dipelihara di Indonesia ialah jenis yang klasik. Perawatannya oun tidak sulit hanya saja memerlukan ketelitian. Jika kamu membelinya dari kios atau pembudidaya langsung hendaknya kamu memilih yang memiliki testimoni yang bagus dari para pelanggan. pilihlah burung yang sehat yang lincah dan sorot matanya berbinar.

Perhatikan pada lubang anus dan samping paruhnya, pilih yang tidak ada kulit keringnya atau vent, jika hal ini terjadi ini menandakan dia memiliki masalah pada kesehatan pencernaannya. Belilah sepasang agar dia tidak merasa kesepian karena dialam bebasnya dia berhidup berkoloni. Pasalnya parkit tidak suka kesepian.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Memahami Ciri Ciri Kotoran Murai Batu Yang Sehat

cara-memandikan-parkit

2. Pilihkan Kandang Yang Sesuai

Ukuran kandang parkit jangan terlalu sempit karena akan membatasi ruang gerak dan kenyamanannya. Kandang yang digunakan minimal berukuran 45x60x60 berbentuk kotak, atau yang memiliki jeruji berbentuk horizontal untuk tempatnya bertengger. Gunakan yang berbahan dasar stainles steel, besi anti karat atau baja anti karat. jangan menggunakan bahan logam yang mudah berkarat hal ini akan mengganggu kesehatannya.

Sesudah itu lengkapi sangkarnya dengan kebutuhannya seperti cepuk makan, minum dan mainan-mainan kecil yang menarik baginya, dan alasi dasar kandangnya dengan karpet plastik agar mudah dalam membersikan kotorannya.

tips-agar-parkit-gacor

3. Asupan Makanan Yang Berkualitas

Meskipun dihabitat asalnya dia merupakan pemakan biji-bijian, tetapi menurut beberapa ahli dibidang burung kicau mengatakan biji-bijian menjadi sumber bakteri yang beresiko bagi kesehatan parkit kesayangan anda dalam waktu yang lama. jadi biasanya mereka menggantinya dengan pellet yang sudah banyak dijual dipasaran.

Mungkin tidak mudah mengganti makanan burung parkit caranya dengan memberikan pelet pada siang hari dan bijian pada malam hari lakukan selama kurang lebih 2 minggu biasanya dia akan cepat beradaptasi. selain itu berikan buah-buahan dan sayuran segar sebagai tambahan sumber makanannya.

3. Memandikan Secara Teratur

Aves jenis ini merupakan salah satu yang suka mandi, mandikan secara riutin sekali dalam sehari. caranya dengan disemprot sprayer settingan halus sampai bulu-bulunya basah. Pada air di botol tambahkan shampo burung secukupnya agar bulunya terhindar dari kutu dan berkilau. setelah mandi jemur burung dibawah sinar matahari selama kurang lebih 30 menit dibawah pukul 11.00. setelah itu kamu bisa menggantungnya di tempat yang nyaman.

4. Membersihkan Kandang Burung

Kebersihan kandang menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan terlebih parkit merupakan burung yang suka kebersihan, jika kandang kotor dia akan macet berkicau. Bersihkan setiap hari kotoran burung secara rutin, dan seminggu sekali bersihkan keseluruhan bagian sangkar hingga ke cepuk makanan. kandangnya bisa di semprot cairan desinfektan kosentrasi rendah akan kesterilannya terjamin.

Baca Terus Guys ! . . .  5 Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi

baca juga : harga burung parkit australia

5. Pemasteran

Jika burung kicau lain dimasteri ketika dia sedang beristirahat. berbeda dengan parkit dia tidak perlu dimaster dan jangan ganggu waktu tidurnya dengan suara-suara yang berisik. jika kita melakukan perawatan dengan baik dan dilakukan sepenuhati dia akan berkicau dengan sendirinya tidak perlu banyak dimasteri isian.

nah itulah tadi beberapa tips cara merawat parkit biar gacor dari kami, semoga banyak menginspirasi kalian dalam memelihara burung kesayangan anda. Semoga bermanfaat salam kicau lovers.