Cara Merawat Murai Batu Trotol Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Assalamualaikum, wr, wb. berjumpa kembali masih bersama situs resmi pleci.id, yg dimana pada kesempatan siang hari ini kami akan berbagi informasi dan tips cara merawat trotolan murai biar fighter, menjadi prospek dan kelak saat dewasanya bisa sesuai dengan ekspetasi temen-temen semua.

Banyak yang beranggapan memelihara burung dari anakan / trotolan itu mudah hanya perlu bersabar saja, nah yg dimaksud memudahkan dan harus bersabar itu bukan solusi pastinya,

yang jadi permasalahan burung murai batu yg kita rawat dari bahan atau trotolan tentu banyak memakan biaya, baik pakan, waktu tenaga dan pikaran ya, namun jika rawatan harian yang selama ini kalian terapkan itu tidak sesuai dengan keinginan si burung, yg akhirnya kondisi burung akan rusak bagaimana ?.

Catatan : “Intinya kalian harus belajar, dan memiliki ilmu pengetahuan dan mengaplikasikan nya dengan konsisten, agar apa yang selama ini kalian harapkan, target tercapai untuk bisa mencetak burung juara dari bahan trotolan”.

Oke Langsung aja kita simak tutorial perawatan murai batu trotol hariannya yang baik dan benar dibawah ini :

Cara Merawat Murai Batu Trotolan Agar Rajin Bunyi


Jenis Pakan (EF) Yang Aman Untuk Murai Trotol

Untuk yang pertama yang akan kita bahas adalah pakannya dulu ya, dan yang saya rekomendasikan adalah ini ada 4 macam ya temen-temen, seperti jangkrik alam, ya nanti untuk takarannya saya jelaskan ya, terus ada ulat kandang, ulat Hongkong sama kroto segar ya, temen-temen.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Harian Merawat Burung Serindit Agar Rajin Berkicau

Sebaiknya setelan ef murai batu trotol pakan jangkrik alam ini diberikan pada waktu pagi atau sore hari kita kasihkan 15 ya, berarti total = 30 ekor / hari ya temen-temen, wow kok banyak sekali, apakah nggak takut kegemukan atau over birahi ?.

Untuk masa pertumbuhan, sebenarnya tidak masalah malah lebih bagus jika kita jor pakan EF dan jangan di seting takarannya seperti murai dewasa atau lomba, yg penting intinya burung harus sehat, dan kenyang aja dulu.

Karena dimasa-masa ini burung masih belum ada birahi ya jadi nggak masalah di kasih banyak EF. Saat waktu pemberian jangkrik dengan watu yg bersamaan lalu kalian sediakan juga di wadah khusus untuk tempat kroto, cukup 1 sendok makan saja yg dikombinasikan dengan ulat hongkong 2 ekor saja, lalu untuk ulat kandang kalian bisa kasihkan pada waktu sore harinya ya temen-temen, cukup dengan 1 sendok saja.

Nah untuk voer hariannya kalian juga bisa memberikannya voer yg halus ya, misalnya leopard atau jenis merk lainnya yg bisa kalian dapatkan di toko-toko kios pakan burung terdekat ya.

setelan-ef-murai-batu-trotol

Pemberian Multivitamin Untuk Murai Batu Trotol

Selain pakan harian voer dan EF (serangga), kalian juga harus memberikan vitamin ya, yg banyak dijual di kios toko burung, untuk merknya bisa kalian sesuaikan dengan kebiasaan, dan cocoknya si burung murai batu anda pastinya.

Nah ini refernsi dari saya, temen-temen bisa menggunakan vitamin gacor Max ini banyak di Tokopedia, Bukalapak sama shopee nama tokonya universitas burung ya. Dengan pemberian vitamin ini tentu akan lebih membuat burung menjadi sehat dan untuk mabung pertama dia lebih cepat ya,

Ini cara pemakaiannya ini sudah ada disini temen-temen, jadi aturannya untuk macet bunyi dan belum gacor ini 3-5 tes ke EF nya, nah biasanya Saya kasihkan atau di oleskan langsung ke jangkriknya ya temen-temen, dan selain itu bisa juga langsung di teteskan ke air minum nya ya. Dengan memberikan vitamin sesuai anjuran pemakaian tentu salah satu cara merawat murai trotol biar cepat ngeplong.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Memilih Anis Merah Trotolan Yang Bagus

Cara Pemandian Dan Penjemuran Yg Tepat

Nah untuk perawatan selanjutnya Apakah murai trotolan itu boleh dimandikan ?. Ya tentu boleh saja ya temen-temen, akan tetapi tidak terlalu diwajibkan atau rutin seperti burung yang sudah dewasa ya,

Misalkan 3 atau 2 hari sekali untuk jadwal pemandiannya juga bisa pagi, siang ataupun sore, tergantung keinginan si burung tersebut ya, intinya jangan terlalu memaksakan. Nah untuk lebih baiknya kalian juga harus melatihnya agar burung ini mandi di dalam keramba mandi ya, biasakan dari trotolan, agar nanti saat dewasa tidak menjadi PR atau masalah baru lagi.

Untuk masalah penjemuran, kalian bisa menjemurnya diwaktu pagi sekitar jam 8, cukup 1 jam saja maksimal ya, jangan terlalu lama, dan apakah perlu burung trotol ini di embun ?. Menurut saya tidak begitu perlu ya, yg penting posisi kandang burung murai trotol ini harus tempatkan di area yang nyaman dan aman ya.

Catatan : “Jadi intinya sangat mudah ya jika kalian mengetahui ilmunya kan ?. nah baik dari pemberian pakan harian, pemandian dan penjemuran burung murai trotolan ini, kalian di tuntut untuk konsisten ya.”

Demikianlah tips berdasarkan pengalaman kami cara merawat murai batu trotol hariannya yang baik dan benar ya, silahkan mencoba, dan aplikasikan langsung ke burung murai kesayangan kalian, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : pasaran harga burung murai batu