Cara Merawat Murai Batu Tipe Dingin

Diposting pada
Rate this post

Halo berjumpa lagi sahabat kicau mania, Oke pada kesempatan Malam ini saya akan sedikit berbagi atau membahas tentang bagaimana cara merawat murai batu tipe dingin dan tips menangani dan memahami karakteristik tipe murai batu tipe dingin ya temen-temen,

Jadi begini ya berdasarkan pengalaman dan yang sudah saya terapkan di murai batu tipe dingin ini perawatannya emang rada sedikit susah atau membingungkan ya,

karena kita tidak tahu burung ini kesiapannya sampai mana atau tingkat keagresifan nya ya karena cenderung di rumah biasanya hanya menunjukan sikap dan perilaku yang selow-selow atau biasa-biasa saja ya,

atau bisa dibilang santai lah gitu ya ketika mendapat tekanan dari burung-burung baru ataupun burung-burung yang dalam ruang lingkup satu rumah namun masih tidak terlalu ambisi dan ngotot

untuk penanganan atau perawatannya biasa yang saya terapkan simpel, dan penjelasan ini kami terangkan ini versi dari kami ya, berdasarkan pengalaman,

jadi boleh diikuti atau tidaknya itu tergantung kalian semua ya para sahabat kicau mania khususnya untuk para pemula murai batu mania, disini maksudnya kami bukan menggurui ya, tapi hanya ingin berbagi kepada temen-temen semua ya. Oke kita lanjut ke topik bahasannya.

Tips Perawatan Harian Dan Lomba Murai Batu Tipe Dingin


Ciri Ciri Murai Batu Tipe Dingin

Jika kiranya burung murai batu temen-temen itu ber tipe dingin, upayakan bagaimana caranya suhu tubuhnya itu kalian jaga terus supaya panas ya, karena burung ini sudah pastinya burung yang tipikal itu dikatakan sifat fighter nya itu standar ya,

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Kesukaan Burung Jalak Suren

Bermental standar bukan yang di atas rata-rata seperti contoh yang kita misal kita Gantang burung ini di awal nggak jalan atau kurang ngotot atau kurang aktif, ketika akhir baru mulai jalan dan ngotot.

Berbeda dengan tipe yang panas itu malahan sebaliknya ya temen-temen, jadi jangan sampai salah setingan harian ataupun sebelum di trek di lapangan ya, kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri murai batu kita itu bertipe apa, panas ataukah dingin ?.

ciri-ciri-murai-batu-tipe-dingin

Setingan Murai Batu Lomba Tipe Dingin

nah untuk Penanganannya biasanya saya seperti ini, untuk durasi penjemurannya saya tingkatkan ya dibuat suhu tubuhnya ini selalu panas mungkin ya untuk menaikkan emosi burung itu sendiri, minimal asupan panas tubuhnya setiap hari harus selalu terjaga dengan baik dan di dapat ya.

Terus untuk hariannya bisa ditambahkan UH (Ulat Hongkong) sebanyak 3 ekor ataupun 5 ekor ya di pagi dan sore hari kalau untuk takarannya saya pribadi yaitu ekstrem ya temen-temen.

Setingan H-3 dan H-2

EF hariannya kadang ada yang pagi 10 sore 10 ada yang 15 sorenya pun 15 dengan ulat Hongkong, dan untuk ke persiapan lomba biasanya pada saat H – min 3 sudah full kerodong total di istirahatkan dan untuk menyimpan energi dan stamina nya terlebih dahulu sebelum saat di gantangkan nanti.

untuk EF nya kita tambah atau naikan lagi sedikit demi sedikit untuk di H min 2 baru saya kasih lagi pagi 10 dan sorenya 10 ekor jangkrik, serta burung tidak banyak mandi ya, atau durasi pemandiannya bisa kalian kurangi ya, karena pemandian ini sifatnya dingin ya yang kita perlukan ini kan membuat suhu tubuhnya selalu panas ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah

Setingan H-1

dan saat menjelang hari H min 1 saya selalu memberikan kelabang sebanyak 1 ekor yang dibuang kepala dan ekornya biar aman dan tujuannya agar meningkatkan emosi murai batu dan birahi serta emosi si burung murai tipe dingin bisa bongkar dan terdorong stabil ya saat dilapangan.

cara-mengetahui-murai-tipe-panas-dan-dingin

Setingan Hari H dan pengkondisian dilapangan

Untuk di hari H nya ini biasa mengasih pagi 10-10 siang nya, kasih lagi sekitar jam 11 atau 1 jam sebelum berangkat lomba jangkrik 5 ekor dan 10 ekor ulat hongkong ya,

serta untuk pengkondisian di lapangannya kita jangan menghindar atau menjauh dari burung-burug fighter atau mengasingkan ya, akan tetapi kita dekatkan dengan burung-burung yang gacor tekanan terus naik tingkat emosinya mulai naik dari situ ya, namun kondisi harus tetap di kerodong terlebih dahulu ya temen-temen.

Dan ketika lomba dimulai untuk menggantang nya itu kita duluan ya agar burung ini tidak terlalu ketinggalan jauh saat on nya ya, Nah untuk penanganan seperti itu yang untuk murai batu tipe dingin kalau versi kami ini tidak diberikan voer ya temen-temen karena pakan voer itu sifatnya juga mendinginkan suhu tubuh ya, jadi hariannya full EF saja.

Oke jadi itu saja ya tips seputar cara merawat murai batu tipe dingin yg bisa kami share kepada temen-temen murai batu mania, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ya.

baca juga : cara mencari setingan murai batu untuk lomba