Cara Merawat Burung Tledekan Gunung Agar Gacor

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Halo sobat kicau, kemabli lagi masih bersama kami situs pleci.id yang selalu update info-info terbaru seputar dunia burung kicauan di indonesia, nah dikesempatan kali ini kami akan mengulas dan memberikan tips bagaimana sih cara merawat burung tledekan gunung yang masih bahan atau baru saja kalian beli dari ombyokan ya temen-temen agar bisa cepat kondisi, sehat dan rajin bunyi setiap harinya.

Dalam perawatan burung tledekan ini sebenarnya gampang-gampang susah ya, banyak para pemula ataupun yang sudah senior dalam merawat burung ocehan ketika mencoba memelihara burung tledekan gunung ini kurang dari 2 bulan langsung mati ya ?. Kok bisa ya, ada apa !. Apa salah rawatan apa gimana ?.

Oke bagi kalian yang pernah mengalami hal seperti ini, tentu wajib kalian ketahui ya tips dan triknya dalam memberikan perawatan burung tledekan gunung yang baik dan benar agar hasilnya sesuai dengan apa yang kalian harapkan, yuk simak pembahasan lengkapnya dibawah ini :

pantangan-burung-tledekan

Cara Merawat Burung Tledekan Gunung Bahan


Pengkondisian Awal

Ketika burung tledekan bahan ini sampai rumah kalian tentu harus kalian tempatkan di tempat yang layak ya, baik dari kandang, kebersihan dan kenyamanan si burung, dan jangan lupa kalian wajib mengkrodongnya terlebih dahulu ya, jangan langsung di ablak.

Istirahatkan burung untuk 2 – 3 hari lah dengan kondisi FULL Kerodong, namun untuk pakan dan minumnya harus selalu kalian cek juga pagi dan sore harinya, agar si burung tidak kelaparan dan tidak terpantau karena di dalam kerodong ya, untuk bahan kerodongnya bisa kalian menggunakan yang tipis saja ya,

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mudah Perawatan Poksay Mandarin Dijamin Gacor

tujuan dari pengkondisian ini tentu memberikan si burung waktu untuk beradaptasi terlebih dahulu dengan kandangnya, serta tempat baru lingkungan dirumah kalian pastinya.

cara merawat burung tledekan gunung liar atau yang baru saja di tangkap di hutan hasil pikatan tentu kalian harus lebih ekstra hati-hati ya, burung jenis ini memang sangat rentan ya temen-temen jika salah dalam memberikan perawatan hariannya maka umurnya tidak akan lama !. Nah kira-kira apa saja sih pantangan burung tledekan yang tidak boleh kita lakoni ?. saat si burung tledekan kalian yang baru saja dibeli tentu belum adaptasi dengan baik ya, jadi kalian tidak usah memandikannya ya, terlebih dengan cara di semprot itu sangat tidak di perbolehkan, karena bisa membuat si tledekan gunung kalian itu malahan bertambah stress, dan bisa mati nantinya.

voer-untuk-tledekan

Pakan Harian, Pemandian Serta Penjemuran

Makanan EF yang menjadi favorit burung tledekan gunung ini adalah ulat kandang dan jangkrik kecil ya temen-temen, walaupun terkenal sebagai pakan tambahan namun lebih baik kita kasihkan setiap hari harus tersedia ya seperti jangkrik dan ulat kandang ini.

Jika burung belum mau ngepur dikarenakan belum terbiasa kalian pelan-pelan bisa mengajari dan melatihnya ya, dengan cara mencampurkan keroto dan voer halus lalu di aduk rata dan dikasihkan berturut-turut selama 1 minggu, dengan cara ini burung tledekan kalian pasti akan cepat mau ngepur total ya.

voer untuk tledekan bahan kalian bisa memberikannya voer yg halus sperti leopard atuapun SKM dan jenis voer lainnya yg kiranya banyak mengandung asupak protein, nutrisi yang seimbang dan aman di konsumsi ya.

Terkadang ada dari temen-temen kicau yang memberikan pakan tambahan seperti buah untuk tledekannya, lalu apakah bagus buah buahan untuk burung tledekan ?. Sebenarnya tidak masalah ya jika kita berikan buah-buahan akan tetapi tidak semua karakter untuk tledekan gunung ini menyukai buah.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Rambatan

Untuk pemandian dan penjemuran ini bisa kalian lakukan minimal seminggu 2 kali ya, kalau bisa dan sempat tiap hari itu bahkan lebih bagus ya untuk menstabilkan birahi si tledekan gunung kalian,

hal yang harus kalian perhatikan dalah hal mandi dan jemur ini, tidak di anjurkan kalian menjemur burung tledekan gunung ini terlalu lama ya, untuk waktu jemur maksimal 25 – 40 menitan saja ya temen-temen.

Jangan memandikan burung di siang hari, lebih disarankan waktu yg tepat pada sore atau malam hari ya, kerana sifat burung ini bertipe dingin, karena di habitat aslinya sering tinggal di cuaca daerah pegunungan yang suhu derajatnya minus rendah ya.

Ada yang pertanyaan juga dari sobat kicau mania yang menanyakan apakah pola perawatan jenis tledekan jantan ataupun betina itu sama ?. Nah untuk cara merawat burung tledekan gunung betina tentu pola rawatannya sama saja seperti yg jantan ya temen-temen.

Demikianlah tips yang bisa kami share seputar tips cara merawat burung tledekan gunung agar kondisnya selalu sehat dan cepat gacor ya. Semoga dapat bermanfaat – salam kicau mania nusantara.

baca juga : jenis burung tledekan