Cara Merawat Burung Tengkek Udang

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

5/5 - (1 vote)

Oke sobat kicau, masih setia bersama kami situs resmi pleci.id yg dimana di kesempatan siang hari ini kami akan berbagi tips bagaimana sih cara merawat burung tengkek udang yang tepat khususnya hasil pikatan atau yang masih sangat liar dan giras agar bisa bertahan hidup dan gacor nantinya ya.

Dan jika temen-temen berniat untuk memikat di alam liar tentu juga harus bertanggung jawab ya untuk bisa dalam hal perawatan nya agar burung tersebut tidak mati dan bisa menyebabkan kepunahan nantinya

Burung-burung yang dijual di pedagang-pedagang atau kios burung itu semua masih hasil tangkapan / pikat hutan ya rata-rata, dan disinilah peran dan tanggung jawab kita setelah ngejebak nangkap burung di hutan terus kita dapat kita rawat Gimana caranya burung tetap hidup dan tetap nyaman barunya setelah kita pelihara oke.

makanan-burung-tengkek-udang-biru

Daftar Isi

Cara Merawat Burung Tengkek Udang Liar

Apa makanan burung tengkek udang ?. Untuk jenis-jenis burung pemakan buah-buahan contohnya seperti doyan pisang tentu lebih mudah untuk dipelihara nya dibandingkan jenis-jenis burung pemakan serangga ya, Saya juga nggak paham kenapa bisa begitu karena memang lebih gampang aja burung-burung memakan buah itu lebih cepat untuk adaptasinya.

Sama-sama kita ketahui ya, untuk tipe burung tengkek udang ini atau orang sudah bilang cangkakak ini burung yang cukup sulit untuk dipelihara karena kebanyakan orang gagal perawatan dan mati begitu aja

maka dari itu teknik pola rawatan yang kami terapkan saya tidak banyak berubah karakter pakan untuk terburu-burung langsung mengajarinya untuk makan voer ya, memang tipe karakter burung ini agak sulit karena ini burung pemakan ikan dan juga pemakan serangga jangkrik

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Anak Pentet Biar Rajin Bunyi

tapi dia lebih cenderung burung tengek udang ini lebih suka makan ikan pastinya, jadi kalian bisa membelikannya ikan segar dipasar yang kecil-kecil ya untuk asupan kebutuhan yang kita samakan seperti pada habitatnya di alam liar terlebih dahulu, biar nggak kaget ya.

Apakah sama cara merawat burung tengkek udang anakan dengan hasil pikat di alam liar ?. Tentu pada dasarnya sama ya, hanya saja lebih mudah untuk kita jinakkan jika kita memeliharanya dari kecil atau anakan ketimbang yang sudah dewasa atau muda hutan hasil pikat ya.

gambar-burung-tengkek -udang

Proses Penjinakkan Burung Tengkek Udang

Salah satu metode agar burung bisa lebih cepat untuk beradaptasi dengan baik tentu hal yg harus kita lakukan adalah tahapan untuk menjinakkannya ya, karena jika burung tengkek udang ini apabila belum jinak maka akan sulit sekali untuk berkicau, dan masih malu-malu ya.

Dikategorikan belum jinak ini bisa giras dan masih grabakan jika melihat orang lewat atau takut ketika kita berinteraksi dengan nya ya, contoh ketika kita memberikan pakan atau mengganti air minum dan membersihkan kotorannya burung masih terlihat ketakutan, nah itu masih tergolong kondisi yang giras atau belum jinak.

Untuk proses penjinakkannya kalian bisa memandikannya langsung dengan cara di pegang dengan tangan dan di elus-elus halus ya, basuh burung dengan air menggunakan tangan kita sampai bulunya basah merata, lakukan setiap pagi dan sore hari,

dan sesering mungkin biasakan burung di taruh di bawah lantai atau di tanah ya, jangan di gantung, jika kondisi burung ini masih giras sudah kalian gantung dan jarang diletakkan di bawah maka proses penjinakkannya bisa sangat lama bahkan bisa gagal jinak nantinya. Apabila burung sudah tidak giras lagi tentu akan lebih memudahkan temen-temen kan dalam segi rawatan hariannya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mudah Mengatasi Burung Cendet Yang Rusak

baca juga : daftar harga burung tengkek udang

Kesimpulan :

Jika temen-temen mampu merawat burung tengkek udang ini bisa bertahan hidup dalam jangka 1 – 2 tahun dengan teknik perawatan yang tepat, dan di sesuikan dengan kebiasaannya tentu akan bisa berumur panjang ya, dan burung akan cepat jinak dan paham dengan si majikan atau si pemiliknya, jika sudah seperti itu tentu kalian akan bangga dan bisa kalian gunakan juga sebagai burung masteran biasanya ya, untuk melatih suara isian murai batu ataupun jenis burung ocehan lainnya.

Oke itu saja tips yg bisa kami bagikan seputar cara merawat burung tengkek udang agar sehat dan cepat gacor ya temen-temen, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ya, salam kicau mania.