Cara Merawat Burung Robin

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

5/5 - (1 vote)

Halo sobat kicau !. Kembali lagi masih bersama kami situs resmi pleci.id yang dimana di kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar bagaimana cara merawat burung robin yang tepat agar hariannya selalu rajin berkicau ya temen-temen.

Nah sama-sama kita ketahui ya burung robin adalah jenis burung kecil namun walaupun kecil-kecil gini memiliki suara yang istimewa ya, terlebih yang jantan tentu lebih bervariasi dan lebih lantang saat mengeluarkan suaranya ya.

Mengenal sekilas sejarahnya burung robin ya, burung yg satu ini merupakan salah satu spesies burung yang sangat populer di benua Amerika maupun Eropa terkenal dan energik / lincah nya ya, burung ini biasanya akan berkicau sepanjang tahun terlebih saat akhir tahun seperti perayaan hari natal tiba, dan tidak hanya itu burung robin bahkan telah dijadikan maskot atau burung nasional yang di lindungi oleh salah satu negara di kawasan Eropa.

Nama Robin sendiri menjadi lebih dikenal setelah dijadikan salah satu karakter superhero temen nya batman ya temen-temen hehehe, dan sangat terkenal di dunia. dan bukan Tanpa Alasan spesies burung yang satu ini memang memiliki keunikan yang tidak dimiliki spesies burung lainnya. Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi yuk simak langsung pola rawatan hariannya burung robin agar selalu sehat dan gacor :

makanan-burung-robin

Tips Perawatan Harian Burung Robin Agar Rajin Bunyi


Persiapan Dan Penempatan Kandang

Jika kalian ingin berniat memelihara jenis burung robin ini tentu hal yang harus kalian siapkan adalah kandang yang nyaman terlebih dahulu ya, untuk rekomendasi kandang yang cocok bagi burung robin ini !. Kalian bisa menyiapkan sangkar / kandang yang terbuat dari besi berbentuk bulat ya, seperti yg sering digunakan burung lovebird pada umumnya ya,

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Melatih Nafas Kenari Agar Ngerol Panjang

siapkan juga tangkringan yang pas untuk kakinya si burung ya, tentu jangan terlalu kebesaran diameter pijakannya, usahakan diseusikan dengan ukuran kakinya ya, biasanya seukuran tangkringan burung kolibri, ciblek ataupun pleci ya.

Bertujuan agar membuat burung merasa nyaman berada di dalam sangkarnya ketika nangkring di tenggerannya, usahakan buatlah 2 buah yang berbentuk sejajar ya temen-temen, dan siapkan juga wadah pakan dan minumnya, serta alas kotorannya ya, setelah itu baru silahkan kalian cari atau membeli burung robin di pasarannya ya.

Jika kalian sudah mendapatkan burung robin yang baru saja dibeli dari ombyokan atau pasar burung, tentu langsung saja kalian pindahkan ke sangkar yang sudah kalian siapkan sebelumnya, lalu di kerodong dan tempatkan di tempat yang sejuk dan nyaman ya temen-temen. Oh ya jangan lupa siapkan juga pakan dan minumnya ya.

Jaga Selalu Kebersihan Kandang

Nah untuk setiap harinya kalian dituntut wajib untuk selalu rajin membersihkan kotoran yg ada di kandang nya ya, agar si burung robin kesayangan kalian itu tetap sehat, jika kondisi burung sehat tentu akan mudah sekali untuk cepat gacor ya, karena merasa nyaman di kandang hariannya.

harga-burung-robin

Pengembunan, Pemandian Dan Penjemuran

Setiap pagi hari temen-temen juga wajib untuk mengembunkan nya ya, waktu yang tepat sekitar pukul : 05.00 WIB setelah sholat subuh lah, nah bagi temen-temen yang beragama islam tentu jangan lupa juga untuk sholat subuh terlebih dahulu ya, beres sholat jangan lupa berdo’a heheh, setelah itu baru deh embunkan si robin gacoan kalian ya.

Sehabis burung robin di embunkan, kalian bisa memandikannya sekitar pukul : 07.00 WIB karena diwaktu-waktu ini sangat tepat untuk jadwal burung membersihkan tubuh nya di alam liar ya, cara memandikannya kalian cukup menyemprot dengan spray halus-halus dengan semprotan lembut saja ya, agar bulu burung tersebut tidak rusak dan burung juga merasa nyaman ketika di semprot.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Burung Kacer

Beres dimandikan baru deh kalian jemur sekitar 30 – 45 menitan saja ya, jangan terlalu lama-lama dikarenakan burung jenis ini di habitat aslinya itu sangat menyukai tempat yang dingin, jadi penjemuran panas hanya sekedar saja untuk memberikan vitamin D agar baik untuk pertumbuhan tulang dan kesehatannya ya.

Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Burung robin ini sama halnya seperti burung ciblek pada umumnya ya, tentu untuk pakan hariannya bisa kalian kasihkan jangkrik yang berukuran kecil ya, sebelum dikasihkan ada baiknya kakinya dibuang terlebih dahulu ya biar aman,

untuk keroto bisa seminggu 2 – 3 kali saja dengan takaran 1 – 2 sendok makan, usahakan pemberian keroto yang masih kondisi fresh / baru ya, jangan memberikannya yang sudah bau atau mau basi, tentu tidak disarankan ya, karena bisa mengganggu pencernaan burung dan si robin kalian ini bisa sakit nantinya.

untuk pakan voer kalian bisa memberikannya voer halus yang banyak sekali dijual dipasaran dengan berbagai macam merk, pilihlah yang memiliki kandungan protein yang seimbang dan standar saja ya. Biasanya sih para kicau mania menggunakan produk voer halus merk leopard ya temen-temen.

Kesimpulannya :

Lakukanlah rawatan rutin harian selalu konsisten ya, baik dari pemandian, jemur, dan jam-jam / jadwal pemberian pakannya yang tepat agar si burung robin tersebut bisa cepat mapan dan gacor bocor nantinya.

Demikianlah tips seputar cara merawat burung robin, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat bagi temen-temen kicau mania semua, terima kasih.