Cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

Rate this post

Assalamualaikum wr wb, apa kabar sobat kicau mania semua !.. Semoga selalu sehat dan tetap semangat ya, masih bersama situs resmi  https://pleci.id yang dimana pada kesempatan kali ini, akan di ulas seputar burung perkutut  beserta jenis, karakter, harga dan keistimewaan suara yang dihasilkan sangat di cari oleh para kicau mania untuk dapat dijadikan sbeagai burung isian ataupun masteran terbaik. Penasaran Yuk simak info selengkapnya dibawah ini :

 

Tak Sulit, Ini Cara Merawat Burung Perkutut agar Rajin Bunyi

Cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi – Bagi pecinta burung, memelihara unggas tersebut adalah kesenangan yang tidak tergambarkan. Pecinta burung akan merawat dengan sepenuh hati, memberi asupan makanan yang terbaik. Bukan hanya untuk penampilan si burung yang menawan. Akan tetapi juga suara yang indah dan merdu. 

Bahkan ada yang rutin mengikuti lomba atau kontes burung. Semakin bagus suaranya, maka semakin berpeluang untuk memenangkan kontes. Salah satu burung yang dikenal memiliki suara merdu adalah perkutut. Bukan hanya bersuara merdu, burung ini juga dipercaya membawa keberuntungan untuk pemiliknya. 

Cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi tidaklah sulit. Pemilik hanya perlu rajin dan telaten, agar dia merasa nyaman. Nah, jika dia merasa nyaman maka akan mengeluarkan suara yang indah. Selain asupan makanan yang bergizi dan berkualitas. Kendati hewan, pemilik harus tetap memberi makanan yang berkualitas. Jangan asal memberi makan, apalagi hanya melihat harganya saja.

Ingin punya perkutut dengan suara istimewa? Berikut ini rahasianya, sila dicoba ya. 

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi 

  • Beri Pakan Berkualitas
Baca Terus Guys ! . . .  Cara Cepat Menurunkan Birahi Lovebird Dijamin Ampuh

Soal pakan burung jangan anggap remeh. Pilih pakan burung yang berkualitas agar nutrisinya terjaga. Perkutut adalah jenis burung pemakan biji-bijian. Anda bisa memberi pakan berupa kacang-kacangan, jagung, atau beras merah. Anda bisa memberi pakan tersebut secara terpisah atau mengombinasikannya setiap kali makan. Jangan lupa, beri perkutut peliharaan Anda tiga kali sehari. 

  • Latih Bersuara Merdu

Bagaimana caranya melatih burung perkutut? Gampang! Anda bisa memutar rekaman suaranya lokal secara rutin. Tujuannya untuk memancing perkutut peliharaanmu mengikuti dan bersuara yang sama. 

Jika Anda serius ingin melatih perkutut perhatikan juga tempatnya. Sebisa mungkin jauh dari tetangga atau pemukiman. Suara perkutut yang berisik bisa jadi membuat orang lain tidak nyaman. 

  • Beri Air Kencur

Air kencur rupanya bukan hanya mujarab untuk manusia Air kencur juga bisa untuk menghilangkan lendir yang ada dalam kerongkongan burung. Sehingga si burung bisa lebih lepas dan lega ketika berkicau. Beri air kencur secara rutin akan membuat perkutut bisa bersuara semakin keras dan nyaring. 

  • Sediakan Pasangan 

Wah apa hubungannya? Perlu Anda tahu perkutut akan mengeluarkan suara merdu jika ada lawan jenisnya. Anda bisa mendekatkan kandang perkutut jantan dan perkutut betina. Anda juga bisa memasukkan keduanya dalam satu kandang. Nah, jika keduanya sudah terlihat akrab Anda bisa memisahkan keduanya. Tak perlu khawatir perkutut sedih. Dia akan terus berkicau untuk memanggil pasangannya. 

  • Beri Suplemen dan Vitamin

Selain memberi makanan pokok berupa biji-bijian, jangan lupa berikan juga suplemen tambahan. Anda bisa memberikannya sekali dalam sepekan. Selain vitamin khusus burung berkicau, Anda juga bisa memberi makanan lain seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong, dan serangga lainnya. Makanan tambahan ini bisa diberikan seminggu sekali. 

Baca Terus Guys ! . . .  7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Anis Kembang

Nah, selain mengikuti langkah-langkah tersebut jangan lupa rutin membersihkan kandang perkutut. Kandang yang bersih akan membuat si perkutut lebih nyaman dan senang. Kandang yang kotor juga memicu bakteri dan virus. Jangan sampai bakteri ini berpengaruh pada suara si perkutut.

Check juga Mengenal Jenis Burung Perkutut, Makanan, Harga, Suara  https://pleci.id/burung-perkutut/

Selain itu, juga rutin mandikan dan menjemur perkutut kesayangan. Anda bisa melakukannya di pagi hari. Sinar matahari pagi juga membuat perkutut semakin sehat. Nah, demikian cara merawat perkutut agar rajin bunyi. Selamat mencoba!