Cara Merawat Burung Kemade

Diposting pada

pada kesempatan kali ini situs resmi pleci.id akan memberikan informasi dan tips seputar cara merawat burung kemade biar cepat gacor, pada forum sosial media banyak para temen-temen yang bertanya dan membahas tentang burung kemade atau sering dikenal dengan cabe-cabean ini ya,

serta bagaimana sih pola rawatan hariannya yang baik dan benar, baik itu burung yang baru didapat dari hasil tangkapan / pikatan atau burung yang kita beli langsung dari si penjual di ombyokan kios burung, tentu akan kita bahas di artikel ini secara lengkapnya.

Untuk pasaran harga burung kemade saat ini masih stabil ya tidak terlalu mahal dan juga tidak turun drastis juga, dan yang pastinya sesuailah dengan kantong para kicau mania yang ingin membeli dan memeliharanya untuk dapat dijadikan sebagai burung masteran yang murah dan berkualitas ya.

Oke langsung aja kita kepada pembahasannya ya cara merawat burung kemade cepat gacor dan ngalas :

cara-merawat-burung-kemade-pikatan

Cara Merawat Burung Kemade Hasil Pikatan


Pengkondisian Di Awal Pemeliharaan

Saat baru pertama kali kita mendapatkan burung kemade ini baik dari hasil tangkapan pikatan di alam liar ataupun yang baru saja kita membeli di kios secara ombyokan tentu harus membutuhkan penangan ekstra dan inten ya saat burung baru datang di awal kali ke tempat atau rumah temen-temen, yang pastinya semua burung kicau yang baru saja kita pinang tentu dan pasti yang namanya butuh waktu pengadaptasian, pengkondisian si burung agar bisa dengan cepat mengenal situasi di lingkungan sekitar dan habitat barunya.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Mahal Yang Bisa Buat Kantong Jebol

Nah caranya cukup mudah ya temen-temen, kalian bisa menyiapkan sangkar yang berukuran kotak yang paling kecil atau bisa dengan kandang yang no.3 yg terbuat dari kayu ataupun bambu ya, jika kalian tidak memilikinya boleh juga menempatkannya di kandang bulat besi yang biasa sering digunakan untuk burung lovebird juga bisa,

dan gunakan tangkringan burung yang nyaman ya, jangan terlalu besar diameter kayu untuk pijakan tenggerannya, buatlah yang pas dengan ukuran kakinya si burung tersebut agar ketika nangkring burung nyaman beraktifitas di dalam kandangnya.

Setelah itu burung jangan langsung dimandikan ya, biarkan saja dia mandi dengan sendirinya walaupun mandi di cepuk minumnya, dan jangan langsung di ablak cukup kalian kerodong saja selama 2 – 3 harian full pengkerodongan, namun pakan, minum dan kebersihan kandangnya harus kalian cek selalu setiap harinya.

Pakan Burung Kemade

Nah jika sudah melewati masa pengkondisian diatas, baru kalian memilih jenis makanan yang wajib diberikan setiap harinya yang banyak mengandung air, mineral, vitamin, protein dan nutrisi yang baik ya, dan yang pastinya makanan favorit yang disukai oleh si burung tersebut.

Untuk makanan burung cabe cabean atau kemade ini tentu sangatlah mudah untuk didapatkan ya, baik itu pakan alami ataupun buatan pabrikan, untuk jenis pakan alami bisa kalian berikan buah-buahan seperti pepaya, ataupun pisang ya.

Selain pakan jenis buah burung ini juga bisa kalian kasihkan serangga seperti keroto bersih dan segar ya, serta jangkrik yang berukuran kecil ataupun ulat kandang juga boleh, namun ingat pemberian jenis pakan serangga hanyalah pakan tambahan atau selingan saja ya, yang wajib kalian berikan setiap harinya adalah buah-buahan.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Burung Cucak Keling Agar Cepat Gacor

pakan-burung-kemade

Selain pakan alami bisa juga kalian memberikan jenis pakan buatan pabrik ya seperti voer, namun untuk jenis burung kecil seperti kemade atau cabe-cabean ini, temen-temen harus memberikan pakan voer yang bertekstur halus ya, contohnya menggunakan merk voer leopard ataupun skm juga bisa.

Namun jangan kaget jika di awal pertama kali burung kemade masih kaget dan belum mau ngepur, butuh pelatihan dan pengenalan rasa makanan terlebih dahulu ya, dengan cara melatih burung kemade makan voer,

caranya cukup mudah ya, bisa kalian campurkan dengan pisang yang di aduk dengan perbandingan 2 : 1 (voer dan pisang), lakukan selama 1 – 2 minggu, lama-kelaman pasti burung kemade kalian akan terbiasa dan mau ngepur total nantinya.

Vitamin Untuk Burung Kemade

Selain makanan yang wajib diberikan tentu yang tidak kalah pentingnya lagi adalah vitamin ya, namun jenis vitamin apa yang cocok untuk burung kicau kemade ini ?. Kalian bisa memberikan vitamin tetes yang banyak dijual di kios burung ya seperti ebod jos, ebod vit, bnr vit atau jenis merk yang lainnya yang sudah terpercaya dan bagus kualitasnya.

Berikan vitamin kepada burung kemade kalian minimal 1 minggu sekali atau kalian wajib mengikuti tata cara pemakaian atau aturan pakai yang sudah dijelaskan di kemasan vitamin tersebut, agar hasilnya bisa lebih maksimal ya.

Tujuan pemberian vitamin tambahan yang kita larutkan di air minumnya ini sangatlah bagus, tentu bisa membuat burung selalu sehat, dan tidak mudah terserang penyakit ataupun virus ya temen-temen, yg bisa mengakibatkan kematian pada burung kesayangan kita.

Tips Rawatan Harian Burung Kemade Supaya Rajin Bunyi

Setelah melewati fase diawal dan sudah menyiapkan pakan dan vitamin yang tepat namun kewajiban kalian atau tugas yang harus dilaksanakan dalam pemeliharaannya seperti pengembunan, penjemuran, kebersihan sangkar, pemasteran, juga harus kalian lakukan dengan konsisten ya temen-temen.

Baca Terus Guys ! . . .  8 Tips Harian Merawat Jalak Kebo Paling Mudah dan Lengkap

Jika kalian telaten dalam hal merawat burung kicau ini tentu akan mudah sekali membuat burung cepat beradaptasi jinak dan cepat gacor ya. Tapi ingat ya dalam hal perawatan hariannya butuh kesabaran, ke ikhlasan dan penuh rasa kasih sayang terhadap burung tersebut ya agar bisa membuat jalinan yang baik antara majikan dan rawatan atau si peliharaannya tersebut.

Demikanlah tips cara merawat burung kemade pikatan, yang bisa kalian coba terapkan kepada burung kemade kesayangannya, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ya, salam kicau mania.