Cara Merawat Burung Cucak Ranting Biar Cepat Gacor

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

5/5 - (1 vote)

Berjumpa lagi bersama situs resmi pleci.id oke sobat kicau mania semua di manapun kalian berada, semoga di tahun baru ini kalian diberikan kesehatan semuanya ya temen-temen Ammin, oke Hari ini kami akan membahas Bagaimana cara merawat burung cucak ranting agar selalu sehat, dan rajin bunyi pastinya ya.

Sama-sama kita kitahui ya kelebihan cucak ranting saat membawakan lagu / irama kicauannya tentu sangatlah indah, syahdu dan merdu ya, karakter suaranya mirip-mirip jenis cucak ijo ya temen-temen, wajar saja karena masih dalam ruang lingkup family yaitu

Burung cucak ranting ini merupakan burung tinggi ya, maksud tinggi disini pada habitat asli di alam liarnya sangat senang sekali berada di ketinggian atau sering menclok di pohon-pohon besar dan tinggi ya, karena sering mengintai pakan buah-buahan sekaligus serangga kecil di alam ya. Oke yuk kita lanjut ke pembahasan secara detailnya bisa kalian cek dibawah ini :

kelebihan-cucak-ranting

Cara Merawat Burung Cucak Ranting Biar Gacor


Pengkondisian Dan Penjinakkan

Jika kalian baru saja membeli dari ombyokan / burung yang masih bahan ataupun yg sudah dewasa, dari kios atau pasar burung, tentu kalian tidak diperkenankan untuk langsung memberikan pola rawatan harian seperti burung biasa pada umumnya ya, kenapa !.

Karena burung ini memiliki tingkat stres yang cukup tinggi, jadi jika burung baru tiba dirumah kalian, usahakan untuk kalian memberikan waktu beradaptasi di dalam sangkar dan lingkungan barunya ya, cukup kalian kerodong tipis boleh di full ataupun hanya setengah saja ya, asalkan tempatkan burung di tempat yang sepi aman dan nyaman sekitar 2 – 3 hari,

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Robin

namun walaupun kondisinya di full kerodong kalian juga harus memantau dan wajib memberiakn pakan voer, buah dan serangga di dalam kandangnya ya temen-temen, biarkan burung kenyang dan sehat dulu serta mengenali tempat baru nya ya.

Jika kondisi burung sudah terlihat sehat, baru boleh kalian terapkan teknik penjinakkannya ya, nah cara menjinakkan burung cucak rante tentu sangatlah mudah, kalian bisa memberikan terapi lapar ya misalkan dari malam hari pakan kita cabut sampai ke esokan harinya dan kalian harus memberikan pakan buah – buahan atau jangkrik langsung menggunakan tangan kalian agar bertujuan burung terbiasa dan tidak takut oleh si pemilik / perawatnya.

Berikut gambar burung cucak ranting :

makanan-cucak-ranting

Tips Rawatan Harian

Nah setelah pengkondisian dan melakukan treatment penjinakan, burung sudah semakin kondusif baru silahkan kalian memberikan pola perawatan harian pada umumnya untuk jenis burung cucak ranting kesayangan kalian ya.

Yang pertama teman-teman harus melakukan pengembunan dengan mungkin harus memperhatikan kondisi cuaca juga ya teman-teman, jika cuaca cerah kalian wajib untuk mengeluarkan burung dari rumah sekitar pukul 5 pagi untuk di embunkan ya

sampai sekitar jam 8 nan lah, baru kemudian kalian boleh memandikan burung dengan menggunakan cara dimasukan di dalam bak mandi khusus / keramba ya atau menyemprot nya

akan tetapi kalau burung yang sudah mau mandi sendiri tentu disarankan lebih baik pakai keramba saja karena kenapa ?, kalau kalian sering memaksakan mandinya dengan cara di semprot maka lama-kelamaan burung ini malah menjadi giras nantinya ya.

Nah untuk pemberian makanan cucak ranting setiap hari kalian bisa memberikannya jangkrik 2 – 3 ekor diwaktu pagi setelah burung dimandikan ya, sebelum di jemur ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Mewawat Kenari Agar Gacor Serta Ngerol Panjang

Dan sore harinya kalian kasih kembali jangkrik sebaanya 1 ekor saja ya, untuk jangkrik jangan terlalu kebanyakan ya, karena tipe burung cucak ranting ini sangat cepat sekali naik birahinya. Jadi untuk porsi jangkrik maksimal 3 – 4 ekor saja.

Dan berikan juga pakan voer ya setiap hari, voer yang cocok untuk cucak ranting kalian bisa menggunakan fancy gold yang warna hijau ya temen-temen. Jenis pakan buah-buahannya bisa kalian variasikan ya, misalkan buah pepaya dan pisang kepok saja yang kalian aplikasikan.

Contoh : di hari senin dan rabu pepaya, dan pada hari kamis dan sabtunya bisa kalian kasih pisang ya temen-temen agar si burung cucak ranting tersebut tidak bosan ya.

Kesimpulan :

Rawatanlah burung cucak ranting ini penuh dengan perasaan ya, santai saja jangan terburu-buru untuk mencetak burung cucak ranting ini menjadi gacor dor, asalkan jika kalian terapkan pola rawatan hariannya secara konsisten maka hasilnya akan kalian nikmati dengan sendirinya.

oke jadi itu saja ya tips seputar cara merawat burung cucak ranting, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat bagi sobat kicau mania semua khususnya yang masih pemula ya. Terima kasih.