Cara Merawat Burung Cililin

Diposting pada

cara merawat burung cililin, Selamat pagi, siang, sore ataupun malam. Kembali lagi masih bersama situs resmi pleci.id yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips dan rahasia perawatan burung cililin dengan mudah dan tidak gampang mati ya temen-temen.

Sama-sama kita ketahui ya burung cililin ini adalah kunci keberhasilan dalam hal pemasteran burung fighter seperti murai batu, kacer dan lainnya, namun kendala / masalah yang sering dihadapi oleh para kicau mania ini ketika dalam memberikan perawatan hariannya tidak tepat maka burung ini sangatlah rentan dan bisa mati ya !.

Untuk harga burung cililin tentu tidak murah ya, bajet minimum yang harus kalian keluarkan jika ingin membelinya berkisar antara 1,5 – 2,5 juta rupiah ya, dengan harga yang lumayan itu kalian jangan sembarangan memberikan pola rawatan hariannya ya, tentu harus pas agar burung bisa nyaman, serta gacor dan sehat ya.

Nah ada pertanyaan di kolom komentar fp kami, menurut orang-orang itu burung cililin jika dirawat maka akan rawan mati !.. Apakah benar ?.

Oke jadi saya akan membantu menjawab pertanyaan teman-teman berdasarkan pengalaman dan sudah diujikan pada temen-temen lain kayak gitu ya jadi kalian tidak perlu khawatir tentu metode pola perawatan ini sudah dicoba dan dibuktikan hasilnya. Yuk langsung aja cekidot informasi selengkapnya dibawah ini :

cara-merawat-burung-cililin-coklat

Rahasia Perawatan Harian Burung Cililin Biar Tidak Mudah Mati


Cara Merawat Burung Cililin Agar Gacor

Hal mendasar dalam hal pemeliharaan atau rawatan burung kicau temen-temen harus mengetahui terlebih dahulu ya, baik itu makanan utama, favorit, ef (tambahan) serta tipikal dan karakter burung itu sendiri, khususnya burung cililin ini,

Baca Terus Guys ! . . .  Ciri Ciri Cendet Madura Jantan Dan Betina Serta Harganya

memang ada tipe burung yang bandel dan juga ada yang tidak, namun jenis cililin ini tergolong jenis burung gagak-gagakan yang gampang stres, kaget atau bisa juga ingin memasuki masa mabung nya ya, namun biasanya jika burung cililin kalian yg tadi nya gacor kemudian macet bunyi bisa diyakini burung sedang mengalami stres berat bisa jadi kita salah merawatnya ya temen-temen.

Lalu bagaimana tips dan trik nya cara merawat burung cililin agar gacor, intinya kalian di tuntut konsisten baik dari pemberian pakan hariannya, serta mandi dan jemur bahkan pengkrodongan, pemasterannya juga harus tepat ya.

Pengembunan Dan Penjemuran

Dalam merawat burung cililin baik itu yang masih bahan ataupun yg sudah dewasa sekalipun pasti butuh yang namanya penjemuran dan terapi embun pagi ya temen-temen, pengembunan bagi setiap jenis burung kicau khususnya untuk cililin itu sendiri sangatlah bagus ya,

kalian bisa mengembunkannya sekitar pukul : 5.00 WIB setelah ba’ada subuh ya, kalian keluarkan kandang beserta burung cililinnya untuk di embunkan di tempat yang terbuka ya, dan pastikan tempanya aman dan tidak ada gangguan hewan predator ya temen-temen.

Hal penting yang harus diperhatikan disini adalah tahap penjemurannya ya, jika kalian menjemur burung cililin bahan tentu tidak boleh terlalu lama-lama ya, karena burung cililin ini tidak tahan lama oleh panasnya sinar matahari, cukup 10 – 15 menitan saja ya setiap harinya.

Pemandian Dan Kebersihan Kandang

Nah untuk cara memandikan burung cililin ini kalian bisa melatih dan membiasakannya mandi di keramba khusus ya, sama seperti memandikan burung murai ataupun kacer, jika burung sudah terbiasa mandi sendiri di keramba tentu lebih aman dan tidak gampang stres,

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Cililin, Harga dan Suara Tembakan Terbaik

berbeda dengan kalian langsung menyemprotnya dengan srapyer ya, yang dikhawatirkan jika kondisi burung kurang sehat, lalu kalian paksakan untuk mandi dengan cara di semprot itu kurang baik ya temen-temen.

Untuk mengetahui ciri ciri cililin stres tentu kalian bisa amati kesehariannya itu cenderung lebih banyak diamnya dan malas untuk berkicau ya, dan untuk durasi pemandian bisa setiap hari atau 2 hari sekali tergantung cuaca juga ya, kalau sedang musim hujan atau tidak ada sinar matahari sebaiknya burung cililin ini tidak usah dimandikan.

Untuk kebersihan kandang didasar sangkar kotorannya juga wajib setiap hari temen-temen harus membersihkannya baik itu pagi dan sore hari menjelang burung beristirahat ya.

ciri-ciri-cililin-stres

Pemberian Pakan Harian

Dalam cara merawat burung cililin bahan dan memberikan makanan burung cililin juga harus diperhatikan ya, agar birahi burung cililin tetap stabil karena jika burung cililin drop birahinya tentu akan malas berbunyi ya, namun ciri ciri burung cililin birahi nya sedang turun burung kurang nafsu makan, dan kurang aktif bergerak di kandangnya seperti burung yang sedang sakit ya.

Berikan pakan EF serangga seperti jangkrik setelah burung beres dimandikan ya, kasih sebanyak 5 ekor saja, dan sore harinya kembali dikasi 5 jangkrik lagi ya, untuk keroto segar boleh 2 hari sekali atau 3 kali dalam 1 minggu.

Ada yang bilang burung cililin di kasih cicak itu bagus ?. Dan manfaat cicak untuk burung cililin itu apa sih ?. Dan inilah salah presepsi dari temen-temen yang masih awam dalam memelihara burung ocehan, cicak banyak sekali mengandung racun di dalam tubuhnya, jadi kami tidak menyarankan kalian memberikan pakan cicak untuk burung cililin ya, jangan aneh-aneh dan bereksperimen sembarangan atau asal-asalan,

Baca Terus Guys ! . . .  Daftar Pasaran Harga Anis Merah Terupdate 2021

intinya jangan menyepelekan dalam hal pemberian pakan, jika diperhatikan burung cililin memang sangat senang menyantap pakan cicak ini, namun efek sampingnya menurut kami kurang bagus ya.

Pengkrodongan Dan Pemasteran

Untuk sore harinya sekitar pukul : 17.30 WIB menjelang masuk waktu maghrib burung sebaiknya harus di kerodong dan ditempatkan di tempat yang aman di dalam rumah ataupun diruangan ya, sambil dimasteri dengan suara audio mp3 burung cililin nembak panjang gacor.

Namun volume audio masterannya cukup volumenya jangan terlalu besar ya, karena jika suara masteran terlalu besar burung cililin ini bisa stres dan mudah kaget ya, cukup kalian setel senyap atau kecil saja suara masterannya.

Untuk cara merawat burung cililin coklat ataupun cara merawat burung cililin hitam itu sama saja ya temen-temen.

Lakukan tips pola rawatan yang sudah dijelaskan diatas secara rutin dan konsisten ya temen-temen, saya jamin burung cililin kesayangan kalian akan selalu sehat dan cepat gacor dor, nembak panjang dan berdurasi.

Oke jadi itu saja ya tips cara merawat burung cililin berdasarkan pengalaman kami, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ya.

baca juga : download suara cililin panjang tanpa jeda