Cara Merawat Burung Branjangan Supaya Cepat Gacor

Diposting pada

Halo kicau lovers kembali kami akan memberikan info Cara Merawat Burung Branjangan supaya dia lebih aktif berkicau. Memang tidak mudah untuk merawatnya diperlukan proses dan kesabaran.

Apalagi untuk para pemula, kalian harus tahu cara dan tahapan yang benar, alih-alih membuatnya semakin gacor jika caranya salah dia akan macet bunyi tentu para kicau mania tidak mau mengalami hal ini kan ???

Branjangan merupakan anggota dari familia Alaudidae yang memiliki ukuran tubuh mungil sekitar 11 sampai 15 cm panjang dari pala ke ekor. meskipundemikian dia termasuk burung yang lincah bergerak dan memiliki volume suara yang nyaring.

cara-memandikan-burung-branjangan

Berikut kami sajikan cara merawat yang benar supaya kamu berhasil membuatnya lebih rajin bunyi lagi guys cek this out :

Tahapan Merawat Burung Branjangan

1. Pastikan Burung Sehat

Sebelum kamu merawat nya kamu harus memastikan kondisi kesehatannya, karena jika kamu memelihara burung yang tidak sehat pastinya perawatan tidak akan maksimal untuk membuatnya semakin gacor.

Saat membeli pastikan tubuhnya normal atau tidak cacat fisik. Pilih yang lincah dan sorot matanya berbinar ini menandakan dia dalam kondisi yang baik.

cara-menjinakan-burung-branjangan

2. Proses Penjinakan

Jika kamu mendapatkan hasil memikat atau membelinya langsung dari peternakan, dia perlu beradaptasi dengan lingkungan baru dan berkenalan dengan pemilik barunya, terlebih yang stres dia akan gerabakan atau bergerak tidak karuan di dalam sangkar sehingga harus dijinakan terlebih dahulu, dengan proses menadikannya lebih sering dan meletakkannya di tempat yang banyak dilewati anggota rumah anda agar terbiasa.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Mewawat Kenari Agar Gacor Serta Ngerol Panjang

3. Pengembunan dan Penjemuran

Hampir setiap burung kicau suka sekali saat di embun, dengan menggantungnya para waktu menjelang subuh atau fajar sekitar pukul 04.00 kalau bisa gantung dibawah pohon tapi jika tidak ada di teras rumah juga bisa.

Manfaat dari pengembunan adalah dia bisa menghirup udara segar serta berinteraksi langsung dengan burung dengan burung liar jadi dia terpancing untuk mengeluarkan suaranya. Catatan, jangan lakukan pengembunan ketika hujan atau cuaca sedang dingin dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan burung kalian.

4. Mandikan dan Jemur Secara Rutin

Setelah di embun, beri makanan tambahan berupa jangkirik 2 ekor sebelum mandi. Setelah itu mandikan dengan menyemprotnya menggunakan sprayer settingan halus sampai dia basah kuyup. Jangan terlalu lama sekitar 15 menit sudah cukup untuk burung bertubuh mungil ini.

Setelah mandi jemur burung dibawah sinar matahari agar bulunya cepat kering dan badannya kembali hangat. Sebelumnya kamu juga harus membersihkan dahulu kandangnya dari kotoran.

Dan Secara berkala seminggu sekali bersihkan kandang secara keseluruhan dengan menyemprotkan desinfektan supaya lebih steril, pindahkan dulu burung ke kandang lain ya sebelum menyemprotkan desinfektan.

5. Pilih Makanan yang Berkualitas

Branjangan merupakan burung pemakan serangga di alam bebas dia akan memakan serangga yang berukuran kecil di sekitarnya. Tetapi saat kamu merawatnya kamu boleh menggantinya dengan voer yang racikannya sudah sesuai dengan kebutuhan tubuh nya sudah banyak di jual di kios burung dan di parketplace online.

Selain itu tambahkan juga ekstra fooding seperti jangkrik serta kroto secara rutin dengan takaran jumlah yang pas tidak berlebihna, jika berlibihan akan berakibat burung over birahi.

6. Pengkrodongan

Tutub kandang burung dengan krorong pada malam hari agar dia beristirahat sehingga esok harinya dia akan menemukan performa terbaiknya . karena jika tidak di tutup, branjangan tidak akan mengenal waktu berkicau terus sehingga akan mengalami kelelahan.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Sogok Ontong Sampai Gacor

7. Pemasteran

Masteri burung dengan suara burung lain agar dia bisa merekam dan menirunya. Bisa dengan di dekatkan burung lain yang sudah lebih gacor atau di dengarkan rekaman suara burung yang sudah bisa kamu unduh secara gratis di web kami. Itulah tadi guys tips merawatan harian dan cara merawat burung branjangan yang baik, benar dan simple semoga dapat menambah wawasan kita di bidang hobi burung kicau ini.

Terimakasih tetap setiap berama kami semoga kita semua berada didalam lindungan Allah SWT dan selalu diberi kesehatan. Tetap jaga protokol kesehatan yang sudah di tetapkan pemerintah. Supaya kita senantiasa terhidar dari virus covid 19 yang sedang mewabah dan menjadi pandemi di dunia ini.