Cara Menjinakkan Burung Kutilang Hasil Tangkapan

Diposting pada

Kembali berjumpa lagi bersama blog pleci.id yang dimana pada kesempatan malam hari ini kami akan berbabgi tips seputar cara menjinakkan burung kutilang, membahas tentang jenis burung kicau kutilang ini memang sangat marak karena di berbagai daerah khususnya di pulau jawa banyak sekali penggemar / hobiis burung ini yang di turunkan sejak dahulu dari kakek moyang leluhur kita ya, jadi harus kita jaga adat dan tradisinya.

Sedikit bercerita pengalaman pribadi ya, saya beli burung kutilang ini di toko burung ini sangat murah ternyata temen-temen nggak sampai Rp30.000 itupun yang masih bahan atau masih giras dan liar ya, berbeda kalau yang udah gacor tentu lebih Mahal bisa mencapai Rp100.000 ke atas ya.

Ada banyak banget yang bertanya di kolom komentar sosmed kami, itu bagaimana sih cara menjinakkan burung kutilang yang masih giras ?. nah Kebetulan saya juga pernah memelihara burung kutilang,

dan saya pernah menjinakkannya Alhamdulillah berhasil makanya ini saya mau berbagi tentang pengalaman saya bagaimana cara menjinakkan burung kutilang dengan mudah !. Yuk cek informasi selengkapnya dibawah ini :

cara-menjinakkan-burung-kutilang-liar

Bagaimana Sih Cara Menjinakkan Burung Kutilang Liar


Suapi Pakan Burung Kutilang Dengan Pisang

Nah caranya itu sangat mudah ya, ada banyak cara untuk menjinakan kutilang ada juga yang dengan cara kaki nya di ikat dengan tali, namun saya enggak pakai cara itu ya, karena saya ingin menjadikan burung kutilang itu tidak hanya jinak tapi gacor juga, jadi tahap pertama itu harus berhati-hati dalam penjinakan burung kutilang agar tidak stres dan trauma dan dia mau rajin berbunyi kembali seperti di alam liarnya.

Baca Terus Guys ! . . .  Harga Burung Rambatan

Kita langsung saja yang pertama yang kita gunakan adalah buah pisang kepok matang sama semprotan, lalu kita tangkap burung serta kita loloh atau suapi ya secara langsung dengan buah pisang yang sudah kita siapkan sebelumnya, ini dilakukan setiap hari ya teman-teman biar hasilnya sempurna maksimal,

kita kasih makan 3 sampai 5 menit setelah itu kita diamkan sama kita namun burung masih dalam genggaman tangan kita ya, tapi harus berhati-hati ya jangan sampai terlepas agar lebih aman kalian memberi pakannya di dalam ruangan yang tertutup juga boleh.

Mandikan Burung Dengan Semprotan

Proses penjinakan ini harus ekstra sabar karena kita juga targetnya membuat burung kutilang ini jinak dan gacor ya teman-teman, terus ini gimana om setelah itu kalau udah sekitar 5 menitan si burung sudah kita pegang maka kita langsung mandikan saja dengan menggunakan semprotan ini lebih enak karena ketika burung di semprot burung juga masih di pegang kita ya, jangan di semprot burung dimasukan di kandang. Agar lebih baik dan terbiasa sebaiknya saat menyemprotnya kondisi burung masih kita genggam ya temen-temen.

Oke tinggal kalian pencet aja langsung semprotan pakumnya lalu diemin terus cara memandikannya di awali dari tubuh dulu ya sambil kita elus-elus atau usap menggunakan tangan kita, jangan langsung di kepalanya ya, manfaat memandikan burung ini agar birahinya stabil, lebih rileks dan dia mau tenang nanti di dalam sangkar nya.

Ada juga yang nanya, contoh kalau kalian yang nggak punya semprotan alternatif lainnya itu menggunakan air yang mengalir dari keran atau selang itu tidak masalah ya, asalkan arus airnya itu jangan kenceng-kenceng.

cara-cepat-menjinakkan-burung-kutilang

Lalu burung kita elus-elus kepalanya, dan kita taruh kembali ke dalam kandangnya, setelah itu jangan langsung kita berikan pakan ya temen-temen Jadi, itu biarkan kutilang merasa lapar dan nanti kita kasih pisang tapi dengan cara makan nya itu mengandalkan kita jadi burung, kita buat bergantung dengan si pemiliknya, seperti yang sudah dijelaskan diatas ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Lovebird Untuk Pemula Agar Rajin Ngekek

Lakukan cara ini dengan penuh rasa kasih sayang, kesabaran tinggi dan yang penting enjoy, maka hasilnya nanti tentu kalian akan nikmati, biasa proses penjinakan dengan metode seperti ini bisa memakan waktu 2 – 3 mingguan ya, baru keliatan hasilnya.

Demikianlah tips dari kami cara cepat menjinakkan burung kutilang agar jinak dan gacor dijamin ampuh, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat bagi temen-temen kicau mania indonesia.