Cara Jitu Mengatasi Kacer Mbagong Di Rumah Dan Saat Lomba

Diposting pada
Rate this post

Hai kicau lovers kembali lagi kami akan memberikan informasi tentang Cara Mengatasi Kacer Mbagong. Mbagong merupakan salah satu prilaku unik dari burung dimana dia menggembungkan tubuhnya hampir menyerupai kuda laut.

Sebenarnya istilah kacer mbagong sudah umum di kalangan pecinta burung kica, karena ini menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di burung kicau salah satunya burung kacer ini.

Di beberapa daerah lain sifat mbagong ini mendapati sebutan lain seperti mbalon, mbedesi dan lain sebagainya tergantung masing-masing daerah kalian. Sebenarnya ini merupakan sifat alamiah burung

Bukan gangguan penyakit tertentu, jadi kalian tidak perlu khawatir karena bisa dihilangkan dengan beberapa trapi yang dilakukan kebiasaan ini dapat disembuhkan dengan baik.

Yang sangat mengkhawatirkan apabila terjadi pada burung kacer lomba, pasalnya apabila saat arena gantangan kacer jagoan kalian terlihat oleh juri mbagong bukan lagi mengurangi poinnya

melainkan akan langsung di diskualifikasi oleh juri, nah kalau sudah begini inilah beberapa cara jitu yang bisa kalian lakukan supaya kacer jagoan kalian tidak mbagong lagi.

kacer-mbagong-ngunci

Penyebab Kacer Mbagong dan Cara Mengatasinya

Seperti yang saya terangkan diatas kacer mbagong akan membentuk dirinya seperti kuda laut karena tubuhnya akan menggembung seperti balon, kalau sudah begini dia akan melompat-lompat kecil

dan suaranya pun akan menjadi aneh sehingga inilah yang menyebabkan dia kalah diarena perlombaan ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

Daftar Isi

Faktor Penyebab Kacer Mbagong

1. Pemberian EF Yang Berlebihan

Cara mengetahuinya dengan menurunkan porsi pemberian EF hariannya selama beberapa hari misalnya apabila kacer mu biasa diberikan 6 ekor jangkrik perhari misal pagi 3 sore 3 ekor

maka kamu harus mengurangi nya menjadi 4 ekor 2 pagi dan 2 sore lakukan ini sampai kurang lebih 10 hari kemudian kamu bisa membawanya kearena perlombaan untuk mengetahui hasilnya.

Atau kalau tidak sempat ke gantangan kalian bisa mencobanya dengan burung teman kalian atau tetangga kalian, biasanya sih terapi ini ampuh tetapi kalau belum ada perubahan

Pemberian EF tidak mempengaruhinya kemungkinan ada faktor penyebab lain.

2. Kacer Sedan Dalam Keadaan Tidak Fit

Ketika kamu mendapati burung kacer kesangan mu mbagong, lihatlah bentuk kotorannya apabila bentuknya cair atau mencret dapat dipastikan penyebab dia mbagong ialah kondisi kesehatannya.

Hal yang harus kalian lakukan ialah mengobatinya dengan memberikan obat gangguan pencernaan yang banyak dijual di kios burung atau di tokoonline seperti Obat Ascari Stop.

Selain itu bersihkan kandangnya dengan desinfektan atau sabun supaya kuman-kuman penyakitnya hilang sehingga kacer akan nyaman di kandang yang bersih dan steril setelah beberapa saat insya allah performa burung akan kembali.

3. Burung Kacer Jarang mandi

Bagi burug kacer mandi merupakan salah satu aktifitas yang harus dilakukan setiap hari, hal ini bermanfaat supaya tubuh si burung menjadi lebih segar dan lebih fit, tetapi terkadang si pemilik

tidak memiliki banyak waktu dalam merawatnya sehingga perawatan hariannya tidak sempurna. Hal yang harus kalian lakukan dengan mulai memandikannya secara rutin setiap hari

Misalnya di pagi hari kalian harus rutin memasukan ke keramba mandi pada siang dan sore hari. Tujuannya untuk mengatahui waktu mana yang pas dan menjadi kesukaannya untuk dimandikan.

Baca Terus Guys ! . . .  5 Jenis Makanan Burung Tengkek Udang Supaya Gacor

vitamin-buat-kacer-mbagong

4. Kacer Belum Siap Lomba

Penyebab lain dari kacer mbagong ini ialah ketika si pemilik terburu-buru menurunkan burungnya ke arena perlombaan tetapi si kacer belum siap perlombaan sehingga dia akan menggembungkan tubuhnya.

Kalau sudah begini pastikan sebelum kalian menurunkannya ke gantangan lomba kalian sudah melakukan persiapan satu minggu sebelum hari H pastikan juga kalian sudah melakukan settingan lomba ya gais.

5. Kacer Bedara Dalam Kondisi Tidak Nyaman

Kalian harus mengetahui dulu apa penyebab si kacer tidak nyaman bisa jadi karena dia dalam keadaan kurang sehat, atau lingkungan sekitar dan kandangnya kotor.

sehingga kalian harus melakukan perawatan harian dan jangan lupa untuk membersihkan kandang burung dan lingkungan sekitarnya supaya si burung tetap nyaman berada di kandangnya.

Cara Mengatasinya

1. Pengaturan EF yang Pas

Apabila penyebab kacer mbagong mu kalian kelebihan ekstra fooding maka kalian harus menemukan terlebih dahulu setingan yang pas setelah itu berikan sesuai porsi secara teratur.

Misalnya 3 sampai 4 ekor jangkrik perhari cukup tanpa pemberian kroto, maka pemberian kroto bisa dilakukan ketika setingan lomba beberapa hari sebelum diturunkan ke arena gantangan.

2. Perawatan Secara Konsisten

Lakukan perawatan rutin yang baik dan benar secara teratur karena burung yang memiliki sifat fighter sangatlah sensitif apabila perawatannya tidak rutin atau 1 step saja tidak dilakukan

maka si burung akan merasa stres dan akan terganggu kesehatannya ini lah yang akan menyebabkan si burung menjadi mbagong tentunya kalian tidak mau hal ini terjadi pada burung kesayangan kalian kan.

3. Terapi Mandi Malam

Untuk menurunkan emosinya kalian harus melakukan terapi mandi malam, ini juga akan menseting ulang kebiasaan si burung sehingga lakukan terapi mandi malam 1 kali seminggu.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Kenari F1 Dan Harganya

Karena sebenarnya kalau terlalu sering mandi malam ini tidak baik untuk tubuh burung, terlebih apa bila cuaca sedang dingin. Bukannya akan sembuh dari mbagong malahan dia akan sakit.

terapi-kacer-mbagong

4. Terapi Mandi Pasir

Yang harus kalian lakukan bukan memandikannya dengan pasir ya gais tetapi membiarkannya berinteraksi langsung dengan pasir dengan cara menyiapkan pasir halus di dalam kerambanya

sehingga dia akan berinteraksi langsung, proses ini dipercayai oleh para pecinta burung kicau yang memang sudah berpengalaman untuk menghilangkan kebiasaan kacer mbagong.

5. Terapi Kandang Umbaran

Kalian bisa melepaskan burung di kandang umbaran seharian penuh untuk mengembalikan kondisi burung ke performa semulanya, tetapi jangan lupa untuk memberikan makanan dan minuman di dalamnya.

Lakukan selama beberapa hari sampai burung menghilangkan kebiasaan mbagongnya itu.

Nah itulah tadi beberapa ciri dan cara mengatasi kacer mbagong yang bisa kalian praktekan, semoga informasi ini dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat buat kicau lovers semua kami ucapkan terimakasih.