Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Macet Bunyi

Diposting pada

Halo sobat kicau, berjumpa lagi bersama kami situs resmi Pleci.ID yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips cara mengatasi kacer stres macet bunyi, banyak sekali para penghobi kacer mania ini yang mengalami permasalahan seperti ini ya, baik itu yg masih pemula ataupun yang sudah senior sekalipun.

Jika sedekar memberikan rawatan harian yang dirasa kalian itu sudah benar, namun belum tentu bagi si burung kacer kalian ya, karena tipikal kacer ini adalah jenis burung yang memiliki mental petarung yg sangat tinggi, dan sangatlah sensifit sekali jika pola rawatan yg diberikan tidak sesuai dengan krakter burung kacer kalian masing-masing.

Burung kacer dirumah tidak mau bunyi-bunyi ?. sebaiknya kalian harus mengetahui terlebih dahulu karakter burung kacer kalian ya, apakah memang tipikalnya seperti itu ataukah memang sedang bermasalah !. Oke tanpa banyak basa-basi lagi yuk kita simak penjelasan selengkapnya dibawah ini :

Pencegahan Dan Penyebab Kacer Stres Yang Tidak Kunjung Gacor


Cara Mencegah Agar Kacer Tidak Mudah Stres

Yang ang perlu Anda lakukan untuk mencegah kacer stress adalah dengan memahami sifat karakter kacer yang teritorial, maka mengisolasikan burung dari jenis burung-burung fighter lainnya seperti murai batu anis merah dan lain sebagainya.

Nah karena anda ingin melakukan pencegahan maka hal yang perlu Anda pahami adalah beberapa hal penyebab kacer stress agar Anda bisa menjaga dan meminimalkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Terus Guys ! . . .  Obat Untuk Burung Kenari Serak

menghilangkan-stress-pada-kacer

Penyebab Kenapa Burung Kacer Bisu ?

Nah berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat kacer stress : nah ketika Anda baru saja sampai rumah setelah mendapatkan si burung kacer baru ini entah itu yang tadi nya sudah gacor, namun ada langsung asal gantung aja di tempat-tempat yang ramai ya,

oleh sebab itu berikanlah waktu pada burung untuk beradaptasi dan mengenali tempat barunya atau bisa juga karena kondisi kandang yg masih baru yang masih bau pernis cat yang sangat bahaya untuk kacer, bisa juga dari tangkringan kurang tepat, serta tidak nyaman dan mudah goyang dan lain-lain misalkan adanya hewan pengganggu seperti kucing, tikus dan lain sebagainya.

penyebab lainnya bisa karena si kacer ini kaget karena mendengar seperti suara petasan atau mercon terlalu dekat penempatan kandangnya dengan burung murai, cucak ijo, atau yg lainnya, bisa juga gara-gara terkena polusi seperti asap knalpot, pembakaran sampah dan juga mungkin terlalu sering pemasteran dengan suara burung kacer bervolume tinggi.

Burung jarang dimandikan namun dijemur dengan waktu yang sangat lama dan melakukan perubahan jenis atau merk pakan yg ternyata jenis pakan baru yg temen-temen berikan itu tidak cocok ya,

bisa juga terinfeksi dari bakteri akibat makan dan minum yang tercemar karena jarang membersihkan sangkar sehingga menyebabkan burung sakit atau terkena kutu ya.

Akibat dari proses masa mabung yang gagal atau mabungnya tidak tuntas ya, serta bisa juga karena sangkar pernah terjatuh dari tempat yang tinggi sehingga menimbulkan trauma atau ada luka luar ataupun dalam yang dideritanya.

Nah itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan burung kacer kita ini bisa mengalami stres ya temen-temen.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Kesukaan Burung Jalak Suren

cara-mengatasi-kacer-stres-dan-giras

Solusi Mengatasi Burung Kacer Yang Malas Berkicau

Namun jika hal yang tidak diinginkan tersebut tidak terjadi pada burung kacer kesayangan anda maka langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara mengatasi atau mengobati burung kacer stress Nah berikut cara mengatasi kacer yang stress :

Nah pada tahap ini berarti anda sudah terlanjur basah mengalami stres nah lakukan langkah-langkah ini dengan telaten ya :

Pengisolasian Dan Terapi Embun

Hal yang pertama tempatkan kandang / sangkar burung di tempat yang tenang dan jauh dari jenis burung maupun jenis lainnya yang sama-sama memiliki karakter petarung teritorial dan agresif.

Dan gunakan 1 tangkringan saja pada sangkar selama masa terapi ini, yg bertujuan agar burung lebih merasa tenang dan burung wajib di embunkan setiap harinya, karena bisa membuat aktifitasnya kembali lebih Intens atau teratur, waktu yg tepat menjalani terapi embun ini kira-kira pukul 4 sampai 6 pagi ya.

Terapi Penjemuran Dan Pemberian EF

Dengan mengurangi terapi penjemuran namun tempatkan kandang kacer pada tempat yang teduh dan sejuk,

Catatan : penjemuran tidak boleh secara langsung ya, melainkan hanya di anging-anginkan saja, karena jika kacer yg sedang mengalami stres ini kejemur panasnya matahari, nanti yang ada burung bisa tambah stres ya.

serta untuk pemberian pakan ekstra fooding sangat perlu ya, karena untuk memenuhi kandungan nutrisi yang baik memberikan makanan tambahan terutama jenis serangga seperti kroto dan jangkrik dengan porsi bisa dua kali lipat dari rawatan harian sebelumnya.

Dan kalian juga boleh memberikan pada minum nya, untuk menambahkan sedikit garam untuk menambah asupan mineral agar proses pemulihan berjalan lebih optimal ya temen-temen.

Nah itulah beberapa tips cara mengatasi kacer stres macet bunyi, untuk temen-temen jika ingin mencoba untuk mengaplikasikannya, silahkan ya. Semoga sukses dan bermanfaat bagi temen-temen kacer mania semua.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Siri Siri Agar Lebih Gacor

Baca juga : ciri kotoran burung kacer yang sehat