Cara Memilih Murai Batu Trotol Jantan Yang Bagus

Diposting pada

Cara Memilih Murai Batu Yang Bagus – Burung murai yang bagus dan memiliki potensi juara dalam kontes burung kicau, haruslah dipilih yang berkualitas

baik tidak sembarangan. Cara memilihnya pun harus dengan kemampuan serta pengalaman yang mumpuni.

Saat hendak membelinya usia ideal nya mulai dari 2 bulan karena dia sudah bisa makan sendiri tetapi penting juga untuk melihat kondisi burung juga ya apakah dia mudah beradaptasi atau tidak.

Keuntungan memelihara murai trotol kamu bisa melatihnya dan mudah menjalani proses perawatan serta pelajaran materi kicau. Jika kamu pemula tidak disarankan memilih trotol.

Untuk memelihara burung bahan menjadi siap naik gantangan memerlukan rentang waktu 2 sampai 5 bulan.

sampai kita lihat hasilnya dari perawatan rutin kita jika kurang memuaskan bisa kita ganti metode perawatannya.

berikut kami berikan beberapa tips memilih murai trotol jantan :

ciri-ciri-trotolan-murai-batu-yang-bagus

Tips Memilih Murai Batu Yang Bagus

1. Ciri Murai trotol jantan

Membedakan murai jantan dan betina untuk yang dewasa mungkin mudah terlihat baik dari warna bulu – bulunya juga ukuran tubuh serta panjang ekornya ini sudah jelas terbentuk seiring usianya yang bertumbuh.

Namun saat masih anakan cukup sulit membedakan jenis kelaminnya juga harus teliti salah memilih kamu mendapatkan yang betina.

Cara memilihnya bisa dengan bertanya langsung pada penjual atau pada peternak pastinya mereka sudah ahli untuk membedakannya namun berikut ini beberapa ciri fisik murai jantan trotol yang harus kamu ketahui.

Pada bagian dadanya yang kelak berwarna hitam akan ditumbuhi bulu berwarna coklat dengan bintik hitam yang membentuk garis pada kedua belas sisi kanan dan kirinya.

Baca Terus Guys ! . . .  8 Tips Harian Merawat Jalak Kebo Paling Mudah dan Lengkap

sedangkan yang betina yang kelak berwarna hitam kusam yang masih anakan akan berwarna keabu-abuan. ekor trotol jantan juga lebih panjang dari yang betina.

ukuran tubuhnya juga proporsional tidak gemuk.

cara-memilih-murai-batu-jawara

2. Membeli burung dari penangkaran

Memilih burung trotol yang bakal menjadi juara tidak di sarankan membeli dipasar atau kios burung,

karena tidak jelas trah keturunannya. Carilah di penangkaran meskipun harganya lebih mahal para penangkar biasanya memisahkan hasil indukan yang juara juga .

Terlebih untuk yang pemula yang belum mengerti dan belum berpengalaman memilih murai. Beli yang berusia 2 bulan keatas jangan yang anakan sebab rawan mati jika kita rawat sendiri dia masih butuh induknya.

ciri-ciri-murai-petarung

3. Pilih burung yang sudah terlihat mental fighternya

Jika sudan dipisah kandang dengan induknya akan terlihat sifat fighternya tetapi dia tidak giras dan tidak takut keramaian.

Bagi kalian pemula ada juga tips memilih burung murai juara kontes yang sudah pernah juara tinggal kita olah lagi dalam perawatan hariannya pilih burung yang tidak cacar baik itu fisik maupun mentalnya.

Nah itulah tadi beberapa tips dan cara memilih murai batu yang bagus dan usianya masih bakalan atau trotolan semoga memberikan tambahan pengetahuan bagi kita semua.

Saya ucapkan terimakasih, untuk cara merawatnya kalian bisa membaca artikel lain yang sudah kami sajikan di halaman web ini. Jaga selalu kesehatan dimanapun kalian berada.

Terapkan protokol kesehatan supaya kita terhindar dari wabah covid 19 yang sedang mewabah di hampir seluruh negara di dunia ini.