Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Beserta Gambar

Diposting pada
Rate this post

Hai kicau lovers popularitas burung Lovebird memang sudah tidak di ragukan lagi, tetapi ada saja pertanyaan seputar Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina terlebih untuk para pemula di hobi burung kicau ini.

Jangan khawatir karena diartikel ini kita akan membahas informasi lengkap tentang burung cinta ini mulai dari ciri-ciri, serta cara membedakan jenis kelamin keduanya.

Penting sekali kita bisa membedakan antara mana burung jantan dan mana yang betina, karena burung ini sangat suka sekali diletakkan di dalam satu kandang yang sama dengan pasangannya

sehingga kalau kita tidak tau mana yang jantan dan betina pastinya keduanya akan saling menyerang yang akan menyebabkan kematian dari salah satu burung. tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada burung kesayangan kalian bukan.

Apalagi diarena perlombaan lovebird betina lebih memiliki prospek yang baik dari pada burung jantan. untuk mengetahui mana lovebird yang berkualitas baik dan jenis kelaminnya berikut selengkapnya.

ciri-ciri-lovebird

Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina

Sebelum membedakan jenis kelamin burung, kalian harus tahu ciri-ciri dari burung lovebird yang sehiat itu sendiri seperti memiliki paruh bengkok, Memiliki kepala besar,

Postur Tubuh nya sedang tidak besar dan tidak kecil Sayapnya rapat dan terlihat sehat tidak rontok, gerakannya lincah dan memiliki nafsu makan yang besar sinar matanya terang tidak sayu.

Tidak cacak fisik maupun mental serta sudah bisa ngekek meskipun durasinya tidak panjang. dan untuk membedakan kelamin pada burung ini berikut cirinya.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Mitos Burung Bubut, Makanan, Harga dan Suara

1. Bentuk Paruh

Kalau dilihat dari bentuk paruhnya lovebird jantan memiliki paruh yang relatof kecil dan runcing sedangkan pada burung betina paruhnya besar, tumpul dan melebar.

ciri-ciri-burung-lovebird-betina

2. Ukuran Tubuhnya

Lovebird jantan memiliki postur tubuh yang lebih kecil bila dibandingkan dengan postur tubuh burung betinanya sehingga kalau memperhatikan keduanya kalian bisa membedakan dengan mudah.

Selain itu jika kalian memperhatikan bentuk kepalanya pada burung jantan kepalanya berbentuk gepak sedangkan si betinanya membulat.

3. Lubang Hidung

Cara lain yang bisa kalian perhatikan ialah bentuk lubang hidungnya untuk yang jantan dia memiliki lubang hidung lonjong sedangkan kalau berbentuk bulat lebar siburung berjenis kelamin betina.

Cara melihat bentuk lubang hidungnya cengan cara meniup bulu pada bagian paruhnya maka akan terlihat bagaimana bentuk dari lubang hidung si burung peliharaan kalian atau yang akan kalian beli.

4. Bentuk Sayap

Melihat bentuk sayapnya, untuk burung betina ujung sayap ketika dia menutuo sayapnya sejajar satu sama lain, tetapi untuk burung jantan ketika menutup sayapnya maka kedua ujungnya saling menyilang.

5. Bentuk Ekor dan Anus

Pada bagian ekornya burung jantan ujungnya membentuk runcing, sedangkan burung betina, ujung ekornya lebih rata dan lebar dan juga pada bagian anusnya si jantan memiliki anus yang lebih kecil dan menpnjol.

Sedangkan pada burung betina anisnya lebih lebar dan rata.

ciri-ciri-lovebird-jantan-dan-betina

6. Lingkar Matanya

Cara lainnya untuk membedakan jenis kelamin lovebird dengan melihat klep pada lingkar matanya dimana pada kelamin jantan lingkar matanya seperti ovel sedangkan yang betina lingkar matanya lebar dan bulat.

7. Supit Urang

Tulang pubis atau supit urang juga dapat membedakan kedua jenis kelamin burung dengan mudah, misal pada burung jantan supit urangnya lebih rapat dan juga keras tulangnya.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Mantenan, Makanan, Harga, Suara

Pada burung betina tulang pubisnya lebih elastis sehingga lebih jarang, ini merupakan sebagai tempat untuk meletakkan telurnya nanti ketina mengalami proses reproduksi.

Itulah tadi cara membedakan lovebird jantan dan betina dan kami sangat mengucapkan terimakasih banyak karena sudah setia membaca artikel kami semoga kalian diberikan kesehatan dan kesuksesan.