Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Paud

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Nah pada kesempatan kali ini kami akan sharing dan berbagi tips bagaimana cara membedakan kenari paud jantan dan betina paling akurat ya temen-temen, karena berdasarkan fakta dilapangan dan banyak komentar masuk yg nge DM fp kami banyak sobat kicau khususnya kenari mania yg masih pemula ini belum mengetahui lebih jelas atau detailnya ya untuk ciri-ciri kenari anakan dan tentu masih bingung cara memahami perbedaannya,

Tentu lebih mudah ya melihat ciri-ciri dan membedakan kenari jantan yg sudah mapan / berumur ini ketimbang kita memilih untuk mengenali ciri kenari yang masih paud anakan ini ya. Nah untuk membedakan jenis burung kenari jantan yang sudah dewasa itu biasanya tentu banyak sudah menonjol dari segi suaranya yg kencang nyaring dan juga berirama tidak sama dengan betina betina cuma ngeriwik halus saja dan bahkan hanya cenderung lebih datar ya.

Memang benar ya, kalau membedakan kenari yang masih PAUD itu emang agak sulit ya dibandingkan yang sudah dewasa tapi sesulit apapun pasti ada cara tersendiri ya buat kita mengetahui dia jantan ataupun betina.

Lalu bagaimana mengetahui ciri kenari bahan jantan dan betinanya ?. Oke kita ulas saja langsung ke topik pembahasannya dibawah ini ya, cara membedakan kenari jantan dan betina yang masih paud :

Bagaimana cara membedakan kenari jantan dan betina usia paud ?


Dilihat Dari Garis Paruh

Saya ada tiga cara untuk membedakannya pertama-tama itu kita bisa lihat dari garis matanya ini ya, Kalau dia sejajar dia itu prediksi jantan ya sayang kanan ini dia tuh sejajar dan sedangkan yang kiri Ini dia betina dia agak di bawahnya ya temen-temen bisa lihat sendiri lagi pada gambar dibawah ini ya :

Baca Terus Guys ! . . .  Harga Pasaran Burung Kutilang

ciri-ciri-kenari-jantan-umur-3-bulan

Jadi yang kanan ini dia jantan dan yang kiri betina itu hanya sekedar prediksi saja ya temen-temen, dan untuk keakuratannya itu belum ya, kenapa Karena tidak semua burung juga karakteristiknya itu tidak sama dan ini hanya sebuah prediksi dan kita ambil sampel cara yang lainnya agar bisa lebih akurat pastinya, namun biasanya kalau yang jantan itu umumnya antara paruh dan mata itu sejajar taruh yang kiri ini tidak sejajar garis paruhnya ada di bawahnya dari matanya ini cara yang pertama.

Dilihat Dari Pen

Nah untuk cara yg kedua ini bisa kita amati dan analisa langsung dari pen atau kemaluannya langsung ya. Kalau jantan dia itu agak besar ya dan juga agak lebar walaupun tidak menonjol ketika dia sudah dewasa nanti ini semakin tambah nya usia dia juga akan semakin menonjol ya begitu kalau betina itu kebanyakan lancip dan juga kecil ya.

Nah disini saya ganti gambar burungnya dulu biar temen-temen juga lebih mudah memahaminya ya.

pen-kenari-jantan-paud

temen-temen bisa lihat sendiri ya, untuk pen yg jantan disini terlihat agak sedikit menonjol ya. Tentu berbanding terbalik dengan si kenari paud betinanya dong.

pen-kenari-betina-paud

Dilihat Dari Performa

Ciri-ciri yang ketiga teman-teman bisa lihat dari performa atau ciri fisik karakteristik burung nya ya, baik dia bertengger ataupun dari postur tubuhnya kalau dilihat dari performanya kalau yang jantan itu terlihat lebih tegak, gagah ya dia juga lebih panjang postur tubuh nya ya dan agak ramping juga sedangkan betinanya dia tuh nggak begitu ramping ya dan juga agak bulat.

Oke saya kasih temen-temen biar temen-temen itu lebih mudah dalam melihat performa dari burung kenari yang jantan ataupun betina yang kayak apa sudah saya siapkan gambar nya biar temen-temen itu lebih muda lagi tentunya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Pelatuk Bawang Untuk Masteran

perbedaan-kenari-paud-dari-segi-performa

Cara membedakannya seperti ini ya, bisa lihat gambar diatas kalau yang kanan itu yang jantan ya biar terlihat lebih ramping dan juga panjang ya berdirinya pun lebih tegap beda dengan yang kiri yang betinanya,

Oke itu Tapi ya sedikit performa dari burung kenari yang dapat membantu kita menentukan jenis kelamin jantan ataupun betinanya Kenapa saya sample kan ini burung yg masih bahan paud ya, karena kalau untuk pemula tentunya sangat sulit ya memeriksa dia jantan ataupun betina hanya dengan melihat saja tanpa memeriksa dari banyaknya ataupun garis paruh dari matanya.

Baca juga : ciri ciri kenari prospek lapangan

Tips Merawat Kenari Paud Bahan Agar Cepat Gacor

Ada pertanyaan juga dari temen-temen kenari pemula ini yang merawat kenari paud kesayangan tak mau kunjung gacor ?.

Mungkin ada beberapa hal atau mungkin langkah dan cara tentang pola rawatan hariannya yang salah ya, jadi dari mulai penjemuran atau mungkin asal-asalan juga dalam merawatnya jadi asal dikasih makan asal dijemur asal ditaruh penempatan kandang yang sembarangan, tentu akan menjadi masalah dan bisa menjadi gagal yang membuat kenari bahan ini nggak cepat gacor. Dan disni kita akan bahas beberapa tips yang harus kalian lakukan ya agar kenari paud kalian itu bisa cepat gacor ya temen-temen :

Cara Penjemuran Kenari Paud

Oke yang pertama yang paling penting adalah penjemuran untuk kenari PAUD ini langkah pertama yang paling penting adalah rutin jemur setiap pagi jadi untuk teman-teman yang mempunyai kenari PAUD pastikan setiap hari rutin dijemur,

akan tetapi untuk PAUD itu penjemuran juga dibatasi jadi tidak seperti kenari dewasa yang jadi untuk kenari PAUD terutama yang masih dibawah 2 bulan penjemuran cukup antara 10 sampai maksimal 30 menit dan itupun sekitar jam 6.30 sampai jam itu dibawa jam 7 pagi saja ya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mudah Ternak Burung Perkutut Agar Cepat Bertelur

Kenapa Karena untuk PAUD itu fisiknya masih cukup lemah ya Jadi daya tahan tubuhnya itu belum terlalu kuat, jadi dijemur sebentar saja cukup, nanti kalau dibiasakan tiap hari tentu nafasnya mudah ngos-ngosan karena kepanasan itu nanti juga bisa berdampak kepada kualitas kicauannya yang nanti tidak bisa ngerol panjang ya. Jadi ingat ya point pentingnya jangan jemur terlalu lama untuk kenari yang masih anakan ini.

Pemberian EF Yang Rutin Untuk Kenari Paud

Dan yang kedua adalah EF (ekstra fooding). Nah kalau ini untuk kenari PAUD sifatnya wajib ya jadi temen-temen wajib setiap hari untuk kenari PAUD dikasih F seperti sayuran kaya sawi pakcoy jagung manis gambas atau mungkin yang lain dan juga telur puyuh Nah kalau ini enggak usah tiap hari ya cukup sehari sekali aja nanti biar nggak cover protein fungsinya apa sih Dek sayuran-sayuran ini yaitu biar membentuk tubuhnya lebih cepet gede.

Nah untuk tips rawatan lebih jelasnya bisa kalian cek disini ya : cara perawatan kenari paud agar cepat gacor

Demikianlah info dan tips yang bisa kami bagikan untuk temen-temen kenari mania, ya seputar cara membedakan kenari jantan dan betina paud beserta tips rawatannya, semoga bisa menambah pengetahuan baru dan bisa bermanfaat. Salam kicau mania.