Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

5/5 - (1 vote)

Halo teman-teman selamat pagi siang sore ataupun malam Nah sesuai request dari teman-teman penghobi burung ciblek, kemarin banyak yang tanya di kolom komen dan chat FP kami ya, Oh ya Om Bagaimana sih cara membedakan ciblek jantan dan betina

nah Kebetulan saya punya burung ciblek pari sepasang yang nanti kita jadikan sebagai sampling (contoh) untuk mengetahui ciri-ciri perbedaan dari jantina burung ciblek tersebut ya.

Apakah sama cara membedakan ciblek gunung jantan dan betina dari anakan dengan yang sudah dewasa ?. Jawabannya tentu sama saja ya, setidaknya kita harus mengetahui parameter dari beberapa ciri yang bisa kita jadikan sebagai patokan ataupun acuan yang akurat ya.

Cara Membedakan Burung Ciblek Jantan Dan Betina


Dilihat Dari Warna Bulu Nya

Oke kita langsung lanjut saja ya topik pembahasan nya, yang pertama cara membedakan ciblek pari jantan dan betina itu kita lihat dulu warna bulunya teman-teman

Yang jantan ini lihat-lihat yang jantan ini warnanya lebih gelap temen-temen ciblek pari yang jantan lebih gelap dan nampak lebih cerah ataupun jelas ya, kalau kita perhatikan dengan teliti.

Nah kalau yang betina ini warnanya terlihat lebih kusam ya terus kita fokus lagi di bagian atas kepalanya bagian atas kepala ini bisa kalian lihat, nah yang jantan ini hitamnya lebih banyak dan lebih pekat ya temen-temen.

ciri-ciblek-jantan-trotol

gambar ciblek jantan dan betina

Baca Terus Guys ! . . .  Mengetahui Sejarah Arti Burung Garuda Bagi Negara Indonesia

Dilihat Dari Bagian Paruh

Terus lanjut lagi bagian paru menurut saya bagian paruh itu sama-sama hitam ya temen-temen tapi yang jantan hitamnya itu kalau kita lihat langsung jelas lebih menyala ya, dan agak sedikit gelap banget ya daripada yang betina yg terlihat agak keputihan muda ya,

Pada bagian bawah paruh nya ini juga ada warna hitamnya yang lebih mendominasi jelas ya, dan untuk yg betina ada hitamnya cuman agak kusam ya.

Dilihat Dari Bagian Ekor Dan Tubuhnya

Nah untuk ekor Coba kita lihat nih ekor untuk ekor ukurannya juga sama aja ya, cuman untuk yg jantan ini jika di lihat ekornya warna yang jantan dia lebih cerah daripada warna yang betina ya teman-teman berarti warna bulu ini sangat berpengaruh banget untuk membedakan ciblek pari jantan dan betina

dan untuk ukuran postur tubuhnya nih dengan usia yang sama, tentu ukuran tubuh burung ciblek pari jantan dia lebih besar ya lebih bongsor temen-temen daripada ciblek pari yang betina.

Untuk warna pada bagian dada di bagian bawah nya itu sama saja ya tidak ada perbedaan, oke mungkin itu saja ya ciri-ciri yang bisa kalian jadikan parameter untuk memprediksi jenis jantina (jantan dan betina) burung ciblek.

ciri-ciri-ciblek-sawah-jantan-dan-betina

Jadi itu saja tips cara membedakan ciblek jantan dan betina yg bisa kami bagikan, semoga dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi temen-temen kicau mania semua.

baca juga : cara menjinakkan burung ciblek sawah

Baca Terus Guys ! . . .  Fakta Burung Merpati Beserta Mitos dan Harganya