Cara Membedakan Anakan Burung Cendet Jantan Dan Betina

Diposting pada
Rate this post

Assalamualaikum, wr, wb. Berjumpa lagi masih bersama blog pleci.id yang selalu konsisten memberikan info terupdate seputar permasalahan, tips seputar dunia burung kicauan ya, oke sobat kicau langsung saja pertemuan kali ini kami akan membahas ciri-ciri burung cendet jantan dan betina yang masih anakan ya temen-temen.

Kalau untuk cendet dewasa biasanya sudah banyak yg paham dan mudah ya, akan tetapi kalau yang masih anakan atau trotol itu biasanya masih sangat sulit untuk dibedakan dan untuk pertanyaan yang masuk di DM FP kami pun juga banyak sekali request tentang cara mengetahui jenis kelamin burung cendet yang masih anakan ini ya. Oke langsung aja kita simak pembahasan lengkapnya dibawah ini :

Tips Memahami Karakteristik Jantina Cendet Yang Masih Trotol


Amati Dari Cara Berdiri

Nah untuk Ciri-ciri yang pertama ini untuk mengetahui burung jantan dan betina untuk trotol, kalian harus amati dan melihat cara berdiri burung tersebut ya, jika burung betina dan jantan kita jajarkan atau sandingkan secara langsung ya, itu biasanya nampak jelas perbedaan dari cara berdirinya dan biasanya yang jantan itu lebih tegak berdirinya dan terlihat gagah gitu ya.

Dan jika untuk yang betina berdirinya lebih ke bawah dan terlihat seperti membungkuk ya, jika seperti itu bisa di prediksi betina ya, dan itu apabila kita lihat dari jenis berdirinya ya temen-temen.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Suara Masteran Burung Anis Merah Mp3 Juara

Amati Ciri Kaki Burung Cendet Anakan

Dan terus selanjutnya adalah ciri-ciri kaki dari pada burung jantan dan betina untuk burung cendet, jika kita amati dari kakinya jika burung jantan biasanya cenderung lebih besar dan panjang ya untuk kakinya dan untuk si betinanya ini biasanya cenderung lebih pendek dan lebih kecil.

Itu Perbedaannya sangat tipis sekali kalau kita tidak jeli maka kita akan mengabaikan ciri fisik yang sanagt penting ini ya dan Biasanya kita jadi bertanya-tanya dan timbul keraguan nantinya untuk memprediksi si jantan betina jantan, jadi butuh ketelitian yang tepat ya jika kalau kita akan membelinya di ombyokan maupun di penangkarannya.

gambar-anakan-cendet-jantan-betina

Amati Dari Bentuk Cakar / Kuku Kaki Nya

Untuk selanjutnya langkah selanjutnya yaitu setelah kita amati dari cara berdiri terus jenis kakinya, lalu kita amati juga dari jenis cakarnya biasanya cakar atau kuku burung cendet jantan memiliki ukuran yg lebih panjang dan runcing ya temen-temen.

Biasanya itu kalau masih anakan Setelah dia tumbh dewasa dia juga sama akan memiliki kuku / carak yang lebih panjang dan runcing itu biasanya kalau jenis cendet jantan sebaliknya untuk yg betina tentu lebih kecil dan pendek kuku kakinya ya.

baca juga : cara mengatasi cendet rusak

Amati Dari Warna Bulu Trotol Nya

Dan untuk selanjutnya yaitu kita melihat dari warna trotolnya ya temen-temen, untuk burung cendet jantan dan betina tentu ada perbedaan warna ya, biasanya warna trotol burung yang jantan ini cenderung lebih kecoklatan pekat dan terlihat jelas ya, dan sedangkan yang betina warna coklatnya itu lebih agak memudar.

Amati Juga Warna Pada Bulu Sayap, Ekor Dan Kaca Mata

Untuk selanjutnya yaitu warna hitamnya di sayap maupun di ekornya biasanya untuk yang jantan yang jantan itu lebih hitam pekat walaupun itu masih trotol, berbeda dengan si cendet betina tentu terlihat aga busam dan kurang jelas ya, warna hitamnya tidak terlalu pekat.

Baca Terus Guys ! . . .  Download Suara Burung Beo Berkicau

Terus di sini kalian juga amati pada warna kacamatanya ya, jika berwarna hitam pekat biasanya cenderung jenis cendet yang jantan ya, berbeda dibandingkan dengan betina yang agak hitam-hitam memudar seperti yang di sayapnya juga di ekornya sama ya.

Amati Juga Dari Bentuk Bulu Sayapnya

Selanjutnya disini juga kita lihat dari pola sayapnya kalau sayapnya biasanya setelah kita jereng itu kalau yang jantan sayapnya itu lebih teratur lebih pola bulatnya dibanding yang betina ya,

terus kita lihat dari warna di bagaian dalam sayapnya yang warna putihnya itu biasanya warna putih nya ini cenderung terang lebih terang dibanding yang betina juga sebaliknya.

Amati Dari Bentuk Kepala

Kemudian biasanya dilihat dari ciri bentuk kepalanya ya, jika kita amati dengan teliti dan dilihat kepalanya dari arah samping apabila matanya itu terlihat lebih besar dan melotot dengan sorot mata yg tajam seperti mau keluar itu bisa dikatakan jenis anakan cendet jantan ya,

Kalau yang betina biasanya lebih kecil dan tatapannya agak Sayu Sayu gitu ya, terus kalau kita lihat dari arah samping pada bagian jidat atau ubun-ubun nya itu terlihat lebih rata itu kalau yang jantan atau istilahnya itu papak ya temen-temen, berbeda dengan cendet anakan yang betina tentu terlihat berbentuk bulat melonjong ya.

Nah dari beberapa ciri-ciri yang sudah kami jelaskan secara narasi, mungkin temen-temen sudah bisa terbayang ya dan paham seperti apa, dan bagaimana menganalisa dan memprediksikan anakan burung cendet jantan dan betina, oke itu saja tips dan pengalaman yang bisa kami share kepada kalian semua, semoga kiranya bisa bermanfaat ya. Salam cendet mania indonesia.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Cendet Yang Macet Bunyi