Mengenal Jenis Burung Wambi, Makanan, Harga, dan Suara

Diposting pada

Berbincang mengenai keunikan burung kicau memang tidak pernah ada habisnya, salah satunya pada burung Wambi atau Hwamei. Tersohor lantaran memiliki suara kicauan yang amat merdu nan lantang, burung satu ini memang kerap diincar oleh para kicau mania. Jadi tidak heran bila burung bertubuh mungil ini sering dilombakan. Tertarik membahas burung Hwamei lebih lanjut? Berikut ulasannya.


Jenis Burung Hwamei

Perlu anda ketahui, bila burung Hwamei ini bukan merupakan aves endemik nusantara melainkan dari China ataupun Taiwan. Meskipun begitu, keberadaannya di tanah air bisa dijumpai sangat mudah karena banyaknya kicau mania yang mengembangbiakkan burung satu ini. Sesuai dengan tempat asalnya, Wambi dibagi menjadi dua jenis yakni Hwamei China dan Taiwan.

Bila dilihat secara sekilas, penampilan antara Hwamei China dan Taiwan tampak mirip satu sama lain. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang menjadi pembeda diantara keduanya. Dimana pada area matanya, burung Wambi China atau Garullax Cannorus ini terdapat strip berwarna putih dengan posisi melingkar dan memanjang ke belakang yang menyerupai alis.

burung-hwamei-china

Sementara pada burung Hwamei Taiwan atau Garullac Taewanus tidak ditemukan strip berwarna putih layaknya alis di bagian matanya. Bukan hanya perkata strip semata, kedua jenis Wambi ini pula bisa ditengok dari warna bulunya. Hwamei Taiwan memiliki bulu berwarna abu abu kecoklatan yang mendominasi, serta terdapat garis gelap di bagian tengkuk dan mahkotanya.

Berbeda halnya dengan Hwamei China yang tampak memiliki bulu dengan warna coklat kemerahan, yang mana jauh lebih terang dibandingkan dengan Hwamei Taiwan. Meski antara kedua jenis ini memiliki ukuran tubuh yang berkisar 20 hingga 25 sentimeter, namun untuk Hwamei China biasanya tampak lebih gempal dan berisi ketimbang burung Wambi Taiwan.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Robin, Makanan, Harga dan Suara

burung-hwamei-taiwan

Makanan Burung Hwamei

Sebagian besar kicau mania, pastinya telah mengenal burung Hwamei sebagai aves dengan suara kicauan yang sangat lantang dan bervariasi. Untuk bisa mempertahankan kemampuannya tersebut, dibutuhkan perawatan yang optimal dan sesuai. Dalam hal perawatan ini yang perlu diperhatikan yakni kebersihan burung setiap hari, kebersihan kandang, dan lainnya.

Salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap kualitas kicauan burung Hwamei yaitu nutrisinya. Wambi menjadi salah satu burung yang sangat menyukai serangga meliputi jangkrik, larva hongkong, belalang, kroto, dan cacing. Bukan hanya itu saja, Hwamei pula menyukai buah buahan seperti pepaya dan pisang. Anda pun bisa memberikannya voer sebagai nutrisi tambahannya.

Harga dari Burung Hwamei

Meski termasuk ke dalam burung domestik, Wambi tetap menjadi burung paling populer di kalangan kicau mania nusantara. Hal ini tak lain karena burung Hwamei memiliki keunikan serta keindahan pada bulunya yang menjadi daya tarik tersendiri. Jadi jangan heran bila harga yang dipatok untuk satu ekornya mencapai angka fantastis yakni berkisar Rp. 1 juta hingga 6 jutaan.

Suara yang Dimiliki Burung Hwamei

Burung Hwamei memiliki karakter vokal yang sangat unik, dimana ia mampu mengeluarkan suara kencang dan mengkristal. Hebatnya lagi, burung Wambi pula memiliki variasi kicauan sangat menarik. Tak ayal bila aves mungil satu ini digemari oleh para kicau mania serta kerap kali digunakan sebagai masteran bagi burung ocehan lainnya dan gacoan di perlombaan.

Dalam dunia perkicauan selalu ada saja hal yang unik untuk dibahas, terutama tentang burung Hwamei atau Wambi ini. Terkenal lantaran keahliannya dalam berkicau, sehingga harga yang dipatok untuk satu ekornya pun lumayan tinggi dibandingkan burung kicau pada umumnya. Dalam perawatannya pula, dibutuhkan kemampuan khusus agar aves ini bisa berkicau dengan apik.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Ciri Ciri Burung Kacer Tretes Jantan Dan Betina

Suara Burung Wambi Asli Jernih

Link | Download

Suara Burung Wambi Jantan Dewasa Gacor Mp3

Link | Download