11 Burung Unik yang Ada di Indonesia

Diposting pada
Rate this post

burung unik – Indonesia memang terkenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Berkat melimpahnya sumber daya alam inilah, muncullah flora maupun fauna yang beragam nan memukau. Keragaman hayati yang luar biasa ini pun tidak luput dengan adanya jenis burung yang menakjubkan. Ingin tahu apa saja burung unik yang dimiliki oleh Indonesia? Simak ulasannya.

Keanekaragam Burung di Indonesia


1. Burung Maleo

Unggas pertama yang terkenal sangat unik di Indonesia yakni burung Maleo. Karena berasal dari Pulau Sulawesi, sehingga burung Maleo tidak bisa dijumpai di lain daerah ataupun di luar negeri. Menariknya lagi, burung satu ini lebih sering berjalan di darat daripada terbang selayaknya burung pada umumnya. Tak hanya itu saja, perilaku dari burung Maleo juga terbilang sangat unik.

burung-maleo

2. Burung Merpati Nicobar

Dijuluki sebagai junai emas, burung Merpati Nicobar memang memiliki tubuh yang dipenuhi dengan bulu berwarna warni bak pelangi. Sesuai dengan namanya, burung ini memang berasal dari Kepulauan Nicobar yang merupakan wilayah India. Meskipun begitu, burung Merpati Nicobar ini juga bisa dijumpai dengan mudah di berbagai wilayah nusantara.

Karena bentuknya yang sangat indah inilah, membuat burung Merpati Nicobar selalu menjadi sasaran guna hiasan rumah atau yang lainnya. Tak ayal jika keberadaan burung unik ini sangat dilindungi oleh pemerintahan setempat. Memiliki panjang yang mencapai 40 sentimeter dan berat hingga 600 gram, burung dengan nama lain Caloenas nicobarica menjadi spesies merpati terbesar di dunia.

burung-merpati-nicobar

3. Burung Paruh-Kodok

Memiliki wajah yang sangat menggemaskan, unggas bernama burung Paruh-Kodok menjadi salah satu spesies endemik yang dimiliki Indonesia. Berkat paruhnya yang lebar dan mata melototnya, membuat burung ini dijuluki sebagai Paruh-Kodok. Meski sekilas terlihat layaknya burung hantu, namun unggas ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Baca Terus Guys ! . . .  10 Jenis Burung Murah yang Terjangkau di Setiap Kalangan

Perlu anda ketahui, jika burung Paruh-Kodok kini memiliki kurang lebih dua belas spesies yang bisa dijumpai dengan mudah di wilayah Indonesia. Misalnya saja Paruh-Kodok Papua atau Podargus papuensis, Paruh-Kodok Jawa atau Batrachostomus javensis, dan Paruh-Kodok Sunda atau Batrachostomus cornutus. Hebatnya lagi, burung ini memiliki kemampuan kamuflase yang baik berkat warna bulunya.

burung-paruh-kodok

4. Burung Kasuari

Menjadi salah satu burung terbesar di dunia, burung Kasuari bisa dijumpai dengan mudah di Papua ataupun Kepulauan Maluku. Memiliki bentuk layaknya burung unta, unggas satu ini jauh terlihat sangat anggun. Dimana tubuh dari burung unik ini terbalut bulu hitam lebat layaknya rambut serta terdapat jambul yang menjulang tinggi di kepalanya.

Burung Kasuari yang terdapat di Indonesia kini terdapat tiga macam spesies, yakni kasuari selatan atau Casuarius casuarius, kasuari utara atau Casuarius unappendiculatus, dan kasuari kerdil atau Casuarius bennetti. Diantara ketiga spesies tersebut, kasuari yang memiliki bobot paling besar yakni kasuari selatan dengan tinggi mencapai dua meter dan berat hingga 76 kilogram.

burung-kasuari

5. Burung Cendrawasih

Tak kalah menariknya dengan burung Merpati Nicobar, unggas bernama burung Cenderawasih ini merupakan fauna asli berasal dari Indonesia. Seringkali muncul di tanah Papua, burung Cendrawasih memang memiliki bentuk tubuh nan unik serta dibalut dengan perpaduan bulu warna warninya yang cantik. Tak ayal jika banyak orang memburu burung ini untuk digunakan sebagai hiasan.

Salah satu spesiesnya yang memiliki penampilan unik yakni burung Cendrawasih botak atau Cicinnurus respublica. Spesies satu ini merupakan burung endemik Pulau Batanta dan Waigeo yang merupakan bagian dari Kepulauan Raja Ampat di Papua. Namun sayangnya, burung unik ini mulai terancam punah karena adanya kerusakan alam di habitatnya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Memilih Anis Merah Trotolan Yang Bagus

burung-cendrawasih

6. Burung Grebe Australasia

Bila anda melihat burung Grebe Australasia secara sekilas, penampilannya memang layaknya bebek. Namun sebenarnya, unggas ini merupakan spesies burung air yang sangat menawan. Sesuai dengan namanya, burung ini memang berasal dari negara Australia. Meski begitu, anda masih bisa menjumpainya dengan mudah di Indonesia.

Pasalnya, distribusi burung bernama lain Tachybaptus novaehollandiae ini tersebar mulai dari Australia, Selandia Baru, Papua, Maluku, hingga ke Jawa. Berkat ukurannya yang sangat kecil yakni hanya berkisar 25 hingga 27 sentimeter, tak heran jika burung ini dijuluki sebagai perenang dan penyelam paling handal dibandingkan burung lainnya.

burung-grebe-australasia

7. Burung Hantu

Meskipun burung Hantu tersebar di belahan dunia, namun anda bisa menjumpai spesies burung Hantu nan unik di Indonesia, misalnya saja burung Hantu Menggonggong. Memiliki nama yang cukup unik, hal ini tidak lain karena suaranya menyerupai suara anjing tatkala menggonggong. Tidak heran jika banyak yang menyebutnya dengan istilah ini.

Memiliki bentuk yang lebih sedang, burung dengan nama lain Ninox connivens ini bisa ditemukan di Indonesia tepatnya yakni di kawasan Kepulauan Maluku. Bila dilihat secara sekilas, unggas ini memang layaknya burung hantu pada umumnya. Namun ternyata ukuran kepalanya cukup kecil dengan matanya yang sangat tajam tatkala memandang.

burung-hantu

8. Burung Osprey

Tidak sedikit orang menyebut burung satu ini dengan istilah burung elang laut atau elang ikan. Pasalnya, burung pemangsa ini memang seringkali melakukan aksinya di atas perairan laut nan luas guna menangkap ikan sebagai makanannya. Meski terlihat seperti burung Elang, sebetulnya burung unik ini memiliki perbedaan yang sangatlah menonjol.

Dimana burung dengan nama lain Pandion haliaetus merupakan satu satunya spesies dalam famili Pandionidae, sementara elang tergabung pada famili Accipitridae. Sebenarnya burung Osprey telah tersebar di hampir seluruh benua di dunia termasuk Indonesia. Namun bila ingin menyaksikannya secara langsung, burung ini bisa dijumpai dengan mudah di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Murai Batu Aceh Yang Kini Laris Di Pasaran

burung-osprey

9. Burung Cica-Daun

Dikenal dengan istilah ‘cucak ijo’ di kalangan pecinta burung, unggas satu ini memang memiliki tampilan yang sangat unik dan menawan. Bulunya yang dipenuhi dengan warna hijau inilah, membuat banyak orang terkesima tatkala melihatnya. Burung Cica-Daun yang ada di Indonesia ini memiliki enam jenis, yang mana salah satunya telah terancam punah.

burung-cucak-daun

10. Burung Jacana

Burung Jacana memang telah terkenal hingga penjuru nusantara karena keunikan yang dimilikinya. Dimana burung ini memiliki bentuk kaki panjang dan sangat langsing. Berkat bentuk kaki seperti ini, membuat burung Jacana bisa berjalan di atas teratai ataupun tanaman air lain dengan lebih mudah. Salah satu spesies yang bernama burung Jacana Ekor Pegar bisa dijumpai di wilayah Indonesia.

burung-jacana

11. Burung Pelikan

Burung yang terkenal karena muncul di salah satu film anak ini, memiliki bentuk tubuh nan unik. Bisa dibilang, Pelikan tergolong burung air yang mempunyai paruh terpanjang di antara semua burung di dunia hingga mencapai 46 sentimeter. Burung unik ini juga merupakan salah satu burung penerbang terbesar dengan bentang sayang mencapai 2,5 meter dengan berat 6,8 kilogram.

burung-pelikan

Bila berbincang mengenai keanekaragaman hayati yang dimiliki negara Indonesia memang tidak pernah habisnya. Apalagi untuk jenis unggas berupa burung, nama yang disebutkan diatas merupakan bagian terkecil burung yang terdapat di Indonesia. Namun sayangnya, keberadaan burung yang memiliki bentuk unik kini terancam punah karena rusaknya alam akibat ulah manusia.

Demikianlah informasi seputar jenis burung unik yang bisa pleci.id share kepada temen-temen semua, semoga bisa menambah pengetahuan, wawasan tentang burung di indonesia, salam kicau mania.