Mengenal Jenis Burung Tengkek, Makanan, Harga, Suara

Diposting pada

Terdapat berbagai macam jenis burung yang cantik dan memesona di Indonesia. Salah satu burung yang memiliki pesona menawan yaitu burung Tengkek. Keberadaan burung tersebut sebenarnya sudah cukup langka dan jarang dijumpai di alam liar. Hal tersebut membuat banyak orang semakin tertarik dengan burung ini. Lalu seperti apa karakteristiknya? Simak ulasan berikut!


Mengenal Karakteristik Tengkek yang Harus Anda Tahu

Jenis burung yang satu ini menjadi sangat populer di kalangan pecinta burung. Pasalnya hewan tersebut memiliki daya tarik mempesona dengan warna bulu yang menawan. Salah satu jenis Tengkek yang paling disukai yaitu jenis Tengkek Udang. Jenis ini mempunyai warna bulu yang indah dan jarang ditemui pada hewan lainnya. Bulu yang dimiliki oleh burung ini yaitu warna biru agak kehijauan.

Perlu juga anda ketahui juga, burung ini juga dikenal sebagai pemburu yang sangat cerdik. Hal ini dikarenakan ketika akan menangkap mangsa, mereka akan bertengger di sebuah ranting dengan sangat sabar. Kemudian ketika mangsa telah terlihat, maka burung Tengkek akan segera menghampirinya dengan lincah dan cepat.

Dengan kecepatan dan kelincahan yang dimilikinya, banyak juga orang yang mengibaratkan burung ini seperti anak panah. Sebab, gerak geriknya begitu mirip dengan anak panah ketika melesat dengan cepat. Selain mempunyai kemampuan tersebut, burung jenis ini juga dapat menangkap ikan di sungai hanya dengan sekali tangkapan.

tengkek-udang

Makanan Yang Dibutuhkan Burung Ini

Jika anda sudah mengenal karakteristik burung tersebut dan memiliki niatan untuk memeliharanya, ada baiknya anda mengetahui cara perawatannya. Hal ini juga termasuk dengan pemilihan makanan apa saja yang dibutuhkan oleh burung tersebut. Sebenarnya, ketika berada di alam liar, burung ini akan memakan ikan-ikan kecil yang terdapat di sungai.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Kelebihan Burung Konin, Makanan, Harga dan Suara

Tetapi jika anda ingin memelihara burung ini, pastikan untuk memberikan pangan hewan air. Misalnya saja anda bisa memberikan makanan seperti, ikan, kepiting, udang, katak dan hewan air lainnya. Selain itu, anda juga bisa meracik makanan sendiri untuk burung Tengkek dengan berbagai macam jenis bahan lainnya.

Anda bisa mencampurkan bahan voer burung dengan tiga butir kuning telur puyuh, serta dua sendok teh kroto segar. Setelah itu, blender semua bahan sampai menjadi lembut dan tambahkan juga bisa potongan daging dari ikan. Lalu, tambahkan minyak ikan serta air panas dan kemudian aduk-aduk lagi hingga menjadi bubur yang kental.

Jika telah memahami betul makanan yang dibutuhkan oleh burung ini, anda bisa membeli burung tersebut dan memeliharanya. Dikarenakan Tengkek Udang termasuk ke dalam jenis burung yang langka dan juga memiliki warna bulu yang indah, maka harga yang dimiliki burung ini pun cenderung mahal, yaitu sekitar satu juta rupiah ke atas.

makanan-tengkek

Suara Khas yang Dimilikinya

Selain memiliki bulu yang indah dan langka, suara juga menjadi faktor utama mengapa burung ini memiliki harga yang begitu mahal. Burung ini memiliki suara yang merdu dan sering kali menjadi master suara bagi burung-burung yang lainnya. Hal inilah yang menjadikan burung Tengkek Udang banyak dicari dan dipelihara oleh banyak orang meskipun harga yang dimiliki burung ini mahal.

Itulah informasi yang bisa anda dapatkan ketika ingin memelihara burung tersebut, mulai dari jenis, makanan, harga, hingga suaranya. Tak heran jika burung ini memiliki harga yang mahal, dikarenakan memiliki keistimewaan pada warna bulu dan suara yang dimilikinya. Maka dari itu, pentingnya bagi anda untuk mengenal jenisnya agar burung tersebut bisa terawat dengan baik.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Cucak Ijo Beserta Harganya

Berikut suara burung tengkek audio mp3 asli :

Suara Burung Tengkek Buto Ngekek Panjang Mp3 Gacor

Link | Download

Suara Burung Tengkek Udang

Link | Download