Inilah Mitos Burung Srigunting, Makanan, Harga Dan Jenisnya

Diposting pada

Burung Srigunting merupakan salah satu jenis burung pemakan serangga. Burung ini dikenal karena kemampuannya yang dapat menirukan suara jenis burung lain. Srigunting termasuk dalam spesies atau keluarga dari Dicrurida. Spesies ini biasanya menyebar hampir pada setiap benua Asia, Afrika, dan juga Benua Australia.


Berikut Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Srigunting

1. Mitos

Masyarakat Indonesia tentunya memiliki banyak mitos-mitos atau legenda mengenai sesuatu. Termasuk dengan beredarnya mitos Srigunting ini. Hal tersebut sudah banyak ditemui di orang-orang yang memelihara burung. Apapun jenis dari burung tersebut pasti memiliki mitosnya tersendiri.

Beberapa orang memilki mitos tentang burung ini, bahwasanya jika burung ini berkicau secara terus menerus menandakan bahwa pemilik dari burung tersebut akan meninggal. Tentu saja, hal ini hanya mitos yang berkembang di masyarakat dan bukan sebuah fakta yang harus anda percayai.

mitos-srigunting

2. Habitat Dan Makanan

Jenis burung Srigunting biasnya hidup di daerah sekitar hutan bakau atau mangrove. Pada umumnya burung ini juga hidup di wilayah rawa-rawa, hutan dan perkebunan. Sehingga jika anda berada di hutan pasti akan sering menemui jenis burung ini secara langsung, tidak hanya satu atau dua ekor namun lebih dari itu.

Selanjutnya karena Srigunting termasuk dalam spesies burung pemakan serangga, maka tentu saja makanan utamanya adalah serangga. Adapun jenis-jenis serangga yang dimakannya adalah serangga kecil yang terdapat di pepohonan. Sebut saja capung, belalang, rayap, kupu-kupu ataupun kumbang.

habitat-srigunting

3. Harga

Harga untuk burung ini biasanya dilihat dari jenis burung tersebut. Jika jenisnya berbeda otomatis harga dari burung juga berbeda. Dari forum jual beli burung online harga burung srigunting ditawar mulai dari harga Rp.110.000 sampai dengan Rp.550.000 per ekor. Dan harganya tersebut tidak terikat dan berbeda-beda tiap wilayah.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Cililin, Harga dan Suara Tembakan Terbaik

Biasanya di wilayah-wilayah tertentu burung ini dihargai dengan harga yang lebih mahal juga. Tak lain harga yang ditawarkan dilihat dari postur tubuh, warna yang dimiliki maupun jambul yang menjadi ciri khasnya tersebut. Bagi kalangan pencinta burung harga tersebut sangatlah lumrah.

5. Jenis-jenis

Ada banyak sekali jenis dari srigunting ini, yang mana dapat dibedakan dari postur tubuh ataupun warna yang ia miliki. Misalnya jenis Srigunting Kelabu, memiliki ukuran tubuh yang besar dan mempunyai panjang lebih dari 29 cm. Lalu sebagian ekor yang panjang juga cenderung bercabang.

Selanjutnya jenis Srigunting bukit, jenis ini bisanya disebut sebagai burung gunung yang memiliki karakteristik panjang tubuh sekitar 26 cm. Tubuhnya hitam mengkilap, dengan bagian ekor yang panjang dan dilengkapi dengan dua buah antena yang ada pada ujungnya, serta bagian iris mata yang ada di bawahnya.

jenis-burung-srigunting

Jenis Burung Srigunting hitam sangat pintar meniru berbagai jenis burung lainnya. Misalnya suara elang, hal ini bertujuan untuk menakut-nakuti burung yang sedang membawa makan dan melepas makan tersebut diambil oleh Srigunting hitam ini. Hal ini juga menjadi penyebab mengapa Srigunting hitam dikatakan burung yang licik.

Jenis berikutnya adalah Srigunting berjambul, yang mana memiliki ukuran yang cukup besar, panjangnya kira-kiara 32 cm. Jenis Srigunting jambul ini biasanya memiliki warna hitam yang mengkilap dengan bagian ekor yang panjang terbelah, serta ujung bulu yang menekuk keluar. Kemudian sebagian jenis ini memiliki jambul yaitu bulu-bulu yang ada pada mahkotanya.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis burung-burung di luar sana dan memiliki kelebihan tersendiri. Seperti Srigunting yang mana memiliki keunikan yang dapat meniru suara burung lain. Dan sering sekali suara burung lain tersebut digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan makan yang diinginkan.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Beberapa Jenis Burung Langka yang Ada di Dunia