Inilah Keistimewaan Burung Sniper, Harga Dan Suara

Diposting pada

Seperti yang kita ketahui di Indonesia banyak sekali memiliki beragam jenis burung kicau, salah satunya yaitu burung sniper atau yang lebih dikenal dengan burung tepus leher putih. Meskipun tidak se familiar burung kicau lainnya, aves yang banyak tersebar di pulau jawa ini memiliki suara khas yang pada umumnya di jadikan sebagai masteran untuk isian burung kicau kontes lain seperti Murai Batu, Kacer , cucak hijau dan lain-lain. Mari kita mengenal lebih jauh si Sniper ini murai dari Keistimewaan, harga dan suara nya, berikut ulasannya.


Keistimewaan yang Dimiliki Burung Sniper

Orang Banyumas menyebut burung sniper ini dengan sebutan kopi-kopi mini, merupakan salah satu jenis aves pemakan serangga dialam bebas seperti jangkrik, ulat dan serangga kecil yang lainnya. Burung sniper ini berhabitat di daerah di hutan hingga perbukitan, banyak di temukan hampir di seluruh pulau jawa.

Burung yang juga memiliki nama lain burung tepus leher putih ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut : memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar kurang lebih 14 hingga 16 cm saja. Gerakannya yang lincah dan gesit membuat burung ini sulit untuk dijadikan sasaran perburuan, sehingga bagi yang tepat sasaran menembaknya di sebut sniper. pantas saja jika penembak jitu kita sebut sebagai seorang sniper ya guys.

Pada bagian tubuhnya, warna coklat mendominasi sebagian warna bulunya, mulai dari sayap hingga ke ekor. dan berwarna putih terdapat pada bagian leher, dada sampai ke perut bagian tengahnya.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Cucak Ijo Beserta Harganya

Pada bagian mata, irisnya berwarna merah , dengan paruh dan kaki berwarna hitam pekat. Kadang dari paruh hingga ke lingkaran mata ada yang berwarna biru muda.

Kopi-kopi mini ini umumnya hidup jauh dari pemukiman warga, dan banyak hidup di dalam hutan. jarang sekali dijadikan burung peliharaan. Di alam bebas si sniper ini membuat koloni kecil untuk hidup dan mencari makan bersama.

Sekitar bulan Februari hingga ke Oktober, adalah waktu yang tepat bagi burung tepus ini untuk berkembangbiak dengan jumlah telur murang lebih 3 bagi masing-masing indukan.

Biasanya mereka membuat sarangnya dari pelepah pohon, daun dan akar pohon yang ada di sekitarnya. sarangnya berbentuk seperti cangkir yang agak lebar sehingga induk bisa mengerami telurnya dengan nyaman.

kopikopi-mini

Kisaran Harga Pasaran Burung Sniper

Burung Sniper memiliki harga yang beragam tergantung dari kualitas masing-masing individu. Bagi burung tangkapan hutan atau ombyokan di hargai mulai dari 15.000 sampai 25.000 saja, harga yang cukup murah bukan ? tetapi kekurangannya di kondisi ini burung belum biasa mengkonsumsi voer karna langsung dari tangkapan alam liar.

Bagi burung yang mulai dirawat dan dilatih makan voer, harganya mulai naik berkisar antara 50.000 sampai 75.000. Akan tetapi jika kicauannya gacor harga meningkat hingga 150.000 rupiah per ekor. Biasanya dirawat untuk isian burung kicau kelas lomba seperti Murai batu, cucak ijo, kacer dan yang lainnya.

Suara Khas Burung Sniper

Sebenarnya burung ini tidak memiliki banyak variasi dalam kicauan lebih cenderung monoton saja, tetapi besetannya yang nyaring akan memancing para burung fighter untuk berkicau. sehingga mulai diminati para kicau mania sebagai isian burung kicau.

Nah itulah penjelasan dari kami seputar burung hutan endemik khas Indonesia yang memiliki banyak namalain, semoga bermanfaat bagi kalian para pecinta burung dimanapun kalian berada.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Rajawali, Makanan Beserta Gambarnya

suara burung sniper mp3 – link | download