Mengenal Jenis Burung Siri Siri, Makanan dan Harganya

Diposting pada

Bila anda termasuk ke dalam pecinta burung, pastinya sudah tidak asing lagi mendengar nama burung Siri Siri. Menjadi salah satu jenis aves yang paling digemari, Siri Siri memang memiliki kemampuan berupa suara kicau nan lantang. Jadi tak perlu heran bila keberadaannya kerap digunakan sebagai masteran dengan burung lainnya. Ingin mengenalnya lebih dekat? Berikut ulasannya.


Mengenal Siri Siri Lebih Dekat

Apakah anda tahu, bila Siri Siri kerap kali disamakan dengan burung Cucak Rawis. Hal ini tak lain karena bentuknya yang sangat unik serta bulu warna kecoklatan yang dimilikinya. Meskipun begitu, burung kicau satu ini memiliki perbedaan yang sangat menonjol yakni pada suara kicauannya. Jadi tak ayal bila banyak para pecinta burung memanfaatkannya sebagai masteran di ajang perlombaan.

Aves yang disebut dengan Brinji bergaris ini juga memiliki dua spesies, yakni burung Siri Siri Kecil dan Siri Siri Besar. Untuk jenis Siri Siri Kecil berasal dari daerah Jawa yang memiliki nama latin yakni Ixos Virescens. Sesuai dengan namanya, burung satu ini memang memiliki ukurang yang lebih kecil ketimbang Siri Siri Besar. Habitatnya sendiri berada di hutan tropis sekitar Pulau Jawa dan Bali.

Siri Siri Kecil paling sering berada di daerah Gunung Slamet dan Merapi. Sementara Siri Siri Besar sendiri mendiami Pulau Sumatera, lebih tepatnya di sepanjang hutan yang berada di wilayah Bukit Barisan. Bila dilihat dari penampilannya, burung yang memiliki nama latin Ixos Virescens Sumatranus ini memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan Siri Siri Jawa.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Robin, Makanan, Harga dan Suara

Akan tetapi, pada Siri Siri Jawa atau Kecil memiliki warna yang lebih cerah dan hijau. Kemudian pada burung Siri Siri Sumatera mempunyai jambul kecil di atas kepalanya yang hampir tak terlihat. Untuk suara kicauannya sendiri, Siri Siri Besar cenderung lebih merdu dan memiliki variasi besetan. Tak ayal bila Siri Siri yang kerap kali dilombakan adalah jenis satu ini.

mengenal-burung-sirisiri

Makanan Kesukaan Siri Siri

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bila burung satu ini termasuk ke dalam aves yang paling banyak dipelihara oleh pecinta burung. Agar Siri Siri bisa berkembang dengan baik, hendaknya anda memberikannya makanan berupa buah buahan. Tidak hanya buah saja, ternyata Siri Siri pula kerap kali menyukai serangga seperti kupu kupu kecil yang berada di dalam hutan.

Ada kalanya burung kicau satu ini pula mengonsumsi jangkrik dan ulat kecil yang berada di dasar hutan. Bila anda merasa kesulitan mencari beberapa makanan tersebut, jangan khawatir Siri Siri pula bisa diberikan sajian berupa voer yang dicampur dengan pisang. Pastikan pula minuman yang diberikan berupa air bersih, agar mereka bisa berkembang dengan baik.

makanan-burung-sirisiri

Harga yang Dipatok Untuk Siri Siri

Karena Siri Siri menjadi salah satu aves paling populer di kalangan burung kicau lainnya, sehingga tidak mengherankan bila harga yang dibanderol pun lumayan tinggi. Lazimnya, satu ekor Siri Siri ditawarkan dengan harga mulai dari Rp. 150 ribuan untuk ukuran yang besar. Bila membeli sepasang dengan ukurannya besar, maka anda perlu merogoh kocek hingga Rp. 500 ribuan.

Berbeda lagi bila Siri Siri yang ditawarkan ternyata memiliki catatan berupa kemenangan beberapa kali di ajang perlombaan. Tentunya harga yang ditawarkan akan jauh melambung tinggi. Hal ini pun tak luput dari burung Siri Siri yang memiliki kemampuan gacor paling aktif, kemungkinan harga yang dibanderol mencapai Rp. 250 ribuan hingga Rp. 1 jutaan.

Baca Terus Guys ! . . .  Keistimewaan Burung Kapas Tembak, Harga, Suara, Besetan

Mengoleksi burung kicau memang sangat menyenangkan, apalagi jenis Siri Siri. Bahkan berkat kemampuan berkicaunya yang sangat merdu, selalu mendapatkan ruang hari tersendiri bagi para pecinta burung. Jadi jangan heran bila di pasaran harga yang dibanderol untuk satu ekor burung satu ini mencapai angka yang sangat fantastis.