Mengenal Jenis Burung Robin, Makanan, Harga dan Suara

Diposting pada

Burung Robin – Meskipun menjadi salah satu burung kicau yang populer di tahun 90 an, namun Robin tetaplah primadona di kalangan kicau mania. Hal ini tidak lain karena suara kicau burung robin panca warna tersohor sangat khas dan warnanya nan cantik. Layaknya burung pada umumnya, aves dengan nama lain Leiothrix Lutea ini pula terdapat berbagai macam. Ingin tahu apa saja jenisnya? Berikut ulasannya.


Jenis dari Burung Leiothrix Lutea

Sebenarnya, Robin merupakan burung yang bukan berasal dari dataran nusantara lebih tepatnya berasal dari China. Namun terkadang, burung satu ini menampakkan dirinya di beberapa negara misalnya saja di Amerika Utara. Tak ayal bila banyak pecinta burung disana yang kerap mengembangbiakkan aves mungil nan menggemaskan satu ini.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, burung satu ini memang memiliki beberapa jenis burung robin yang sudah populer di kalangan kicau mania. Salah satu jenis yang paling tenar yakni Robin Jawa. Meski namanya Robin Jawa, namun sebetulnya aves ini bukanlah jenis satwa asli dari Pulau Jawa. Tapi burung Robin Jawa menjadi jenis Robin kerap dijumpai di Jawa lantaran banyak yang membudidayakannya.

Sementara cirinya sendiri, hampir sama dengan Robin pada umumnya yakni memiliki bulu yang berwarna abu abu di keseluruhan tubuhnya dan warna kehijauan di bagian atas kepalanya. Bagian dagu dan lehernya berwarna kuning cerah yang dipadukan dengan warna oranye di daerah sekitar dadanya. Karena ukuran tubuhnya sangat kecil, sehingga terlihat sangat menggemaskan.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Fakta Menarik Burung Merak, Beserta Makanan, Harga

Jenis lainnya yakni Robin Bali, yang mana kerap kali dijumpai di Pulau Dewata. Bila dibandingkan dengan Robin Jawa, harga burung satu ini terbilang cukup terjangkau. Hal ini karena kemampuannya yang masih dibawah Robin Jawa. Namun jika dilatih secara terus menerus, maka kemampuan berkicaunya akan semakin handal dan mampu mengalahkan burung lainnya.

burung-robin-jawa

Harga yang Dibanderol untuk Burung Leiothrix Lutea

Sebetulnya, kini keberadaan Robin sudah mulai sulit untuk dijumpai. Pasalnya, adanya kebijakan pemerintah yang semakin ketat mengenai impor burung. Meskipun begitu, kini masih banyak para pecinta burung yang mengembangbiakkan aves satu ini sejak tahun 90 an silam, burung robin dijual dengan harga dibanderol untuk satu ekornya terbilang cukup tinggi.

Meskipun begitu, harga tersebut sepadan dengan performa yang dihadirkan. Dimana dikala burung Robin dalam keadaan fit, ia akan menampilkan kepiawaiannya mulai dari kicauan yang indah serta perilaku yang gesit dan lincah. Untuk harga burung robin 2020 tahun lalu masih berkisar Rp. 750 ribu, Robin Gacor berkisar Rp. 1 juta, dan Robin Betina berkisar Rp. 800 ribu.

Makanan dari Burung Leiothrix Lutea

Layaknya aves kicau pada umumnya, Robin pula mengonsumsi makanan burung robin berupa buah buahan segar serta beberapa serangga. Dimana buah buahan segar tersebut meliputi apel, pisang, dan pepaya. Sementara serangganya yakni berupa jangkrik, belalang, ulat hongkong, dan kroto. Biasanya pemberian serangga ini digunakan untuk melengkapi protein serta nutrisi di dalam tubuhnya.

makanan-burung-robin

Suara yang Dimiliki Burung Leiothrix Lutea

Bukan hanya perkara penampilan yang unik semata, suara burung robin pula memiliki kemampuan berkicau yang sangat unik dan khas dibandingkan dengan yang lainnya. Suara yang dihasilkan sangatlah nyaring, melengking, dan bervariasi. Bila diasah terus menerus kemampuannya ini akan menjadi kicauan paling terhandal, serta mampu mengalahkan burung kicau populer lainnya.

Baca Terus Guys ! . . .  Daftar Harga Pasaran Burung Robin Terbaru 2021

link unduh nya | disini

Berbincang mengenai burung kicau memang tak pernah ada habisnya. Pasalnya, keberadaannya sangatlah beragam. Bukan hanya berasal dari tanah air semata, ada pula burung kicau yang berasal dari luar negeri misalnya saja Robin. Karena kini keberadaan burung robin di nusantara sangatlah dilindungi, jadi alangkah baiknya bila anda mengembangbiakkan burung satu ini dengan baik.