11 Jenis Burung Populer yang Lagi Ngetren di Indonesia

Diposting pada

Berbincang keragaman sumber hayati yang dimiliki oleh negara Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi membahas tentang keberadaan burung yang melimpah dan tersebar ke seluruh penjuru nusantara.

Tidak sedikit orang dari luar negeri mengakui bahwa burung endemik memiliki keunikan tersendiri. Lalu apa saja burung populer di Indonesia saat ini? Berikut ulasannya.


Beberapa Burung yang Sedang Trend di Indonesia

1. Burung Murai Batu

Perlu anda ketahui, jika unggas bernama burung Murai Batu ini merupakan jenis burung kicau yang telah tersohor di negara Indonesia hingga mancanegara. Hal ini dikarenakan unggas jenis satu ini memiliki keunikan serta ciri khas suara yang tidak dimiliki oleh burung impor dari mancanegara. Jadi tak ayal jika burung Murai Batu seringkali diburu oleh turis yang datang ke Indonesia.

Burung Murai Batu yang terpopuler di Indonesia ini mayoritas berasal dari Sumatera, seperti burung Murai Batu Lampung, burung Murai Batu Medan, burung Murai Batu Lahat, burung Murai Batu Nias, burung Murai Batu Aceh, dan burung Murai Batu Jambi. Tak hanya itu saja, burung Murai Batu dari Kalimantan dan Jawa pun tak kalah tersohornya.

burung-murai-batu

2. Burung Kenari

Siapa yang tidak kenal dengan burung Kenari? Memiliki bulu yang teramat cantik, burung populer ini memang tergolong unggas tercantik di Indonesia. Bahkan burung dengan nama lain Serinus Canaria juga termasuk ke dalam salah satu jenis burung kicauan yang paling tersohor di Indonesia hingga mancanegara. Hal ini tidak lain karena kicauannya yang sangat merdu.

Uniknya lagi, burung kenari juga sangat mudah dalam hal perawatan. Sehingga tak heran bila banyak masyarakat Indonesia yang memeliharanya. Burung Kenari akan dibanderol dengan harga tinggi apabila pernah memenangkan suatu perlombaan. Berkat warna cerah dari bulunya dan merdunya kicauan tersebutlah, burung ini selalu memenangkan hati para penghobi burung.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Poksay, Makanan, Harga dan Suara

burung-kenari

3. Burung Jalak

Sudah menjadi kabar umum, bila Indonesia memiliki berbagai jenis burung jalak yang telah dibudidayakan oleh masyarakat. Tak hanya karena kecantikan yang ditampilkannya semata, burung Jalak pun memiliki nilai jual yang sangat tinggi berkat kicauannya yang sangat menarik. Hebatnya lagi, burung Jalak juga mampu menirukan suara manusia di sekitarnya.

Di Indonesia sendiri, terdapat enam jenis burung Jalak diantaranya burung Jalak Suren atau Uren, burung Jalak Putih atau Jalak Bodas, burung Jalak Thailand atau Jalak Hong Kong, burung Jalak Bali burung Jalak Nias atau Kerak Ungu, dan burung Jalak Hitam. Berkat kepandaiannya tersebutlah, membuat para pecinta burung sering dibuat jatuh hati terhadapnya.

burung-jalak

4. Burung Pleci

Burung terkenal lainnya yang perlu anda ketahui yakni burung Pleci. Sama halnya dengan unggas sebelumnya, burung populer ini pun terdiri dari beberapa jenis. Meski tampak sama jika dilihat sekilas, yakni dari ciri khas mata putihnya, namun ternyata diantara spesiesnya terdapat perbedaan yang jarang diketahui oleh orang pada umumnya.

Diantaranya Pleci Mata Coklat, Pleci Mata Putih, Pleci Auriventer, Pleci Montanus, Pleci Black Capped, Pleci Buxtoni, dan Pleci Salvadori Enggano. Alasan kenapa jenis burung pleci digemari oleh sebagian besar masyarakat, yakni karena suaranya yang begitu nyaring bahkan bisa meniru suara burung lainnya. Maka tak ayal harga jual burung ini melambung tinggi di pasaran.

burung-pleci

5. Burung Hantu

Dinamakan sebagai burung Hantu, unggas ini memang aktif dikala malam hari atau nokturnal. Sementara di pagi hingga siang hari, mereka akan tidur di tempat tersembunyi yang tidak terpapar sinar mataharinya. Meski memiliki nama yang cukup menyeramkan, namun sebetulnya burung ini tidak menakutkan sama sekali. Bahkan tidak sedikit yang menyebutnya menggemaskan.

Hal ini tidak lain karena bentuk tubuhnya yang berbeda dibandingkan dengan gambar burung hantu pada umumnya, yakni lebih berisi dengan bulu yang lebih lebat pula. Perlu anda ketahui, bahwa tidak jarang orang mengatakan bahwa suara kicauan burung populer ini dianggap sebagai pertanda kematian. Namun sebetulnya mitos seperti ini tidak sepenuhnya benar.

Baca Terus Guys ! . . .  5 Jenis Burung Lomba Kicau Mania yang Banyak Memiliki Fans

burung-hantu

6. Lovebird atau Burung Cinta

Menjadi salah satu jenis burung yang memiliki warna paling indah dan cantik, tak ayal jika Burung Lovebird selalu menjadi incaran para pecinta burung. Hal menarik yang perlu anda ketahui yakni para penghobi burung biasanya mengembakbiakkan unggas ini hanya untuk mencari warna baru dan langka. Pasalnya, semakin langka warna burung Cinta, maka harga jualnya akan semakin tinggi pula.

Meski demikian, umumnya burung Cinta hanya terdiri dari sembilan jenis saja. Diantaranya Lovebird Muka Salem, Lovebird Pipi Hitam, Lovebird Muka Merah, Lovebird Topeng, Lovebird Nyasa, Lovebird Fischer, Lovebird Abisinia, Lovebird Madagaskar, dan Lovebird Kerah Hitam. Tak hanya warna bulu yang cantik semata, burung Cinta juga terkenal karena kicauannya.

burung-lovebird

7. Burung Kacer

Dibandingkan dengan burung terkenal lainnya, burung Kacer menjadi salah satu unggas yang paling sering dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lain karena burung satu ini memiliki kicauan yang sangat merdu. Burung dengan nama lain Kucica Kampung atau Magpie Robin ini juga memiliki warna bulu nan eksotis. Tak ayal jika banyak yang mengincar burung satu ini.

Tak hanya itu saja, burung Kacer di Indonesia pula terdiri dari beberapa jenis diantaranya, burung Kacer Lokal atau Kacer Jawa, burung Kacer Sumatra atau Kacer Poci, burung Kacer Kalimantan, burung Kacer Blorok, dan burung Kacer Madagaskar. Hebatnya lagi, jenis burung satu ini pula sangat pandai mengikuti suara suara yang ada di sekelilingnya.

burung-kacer

8. Burung Cucak Ijo

Tidak jauh beda dengan burung Kacer, burung Cucak Ijo juga termasuk ke dalam unggas yang dipelihara oleh sebagian besar pecinta burung di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, burung populer ini memang memiliki bulu berwarna hijau layaknya daun. Jadi tidak heran bila banyak yang menyebutnya sebagai burung daun. Selain bulunya, burung ini juga memiliki kicauan yang cukup nyaring.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Kolibri Hasil Tangkapan Liar

burung-cucak-ijo

9. Burung Cendet

Meskipun memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan burung pada umumnya, unggas satu ini termasuk ke dalam burung tipe petarung yang pandai menirukan suara burung lainnya. Seringkali disebut sebagai burung Pentet, unggas ini termasuk ke dalam keluarga besar burung Laniidae dan memiliki spesies cukup beragam yang tersebar luas hingga penjuru nusantara.

Untuk harga pasaran burung cendet saat ini masih tergolong stabil ya, bisa mencapai 200rb – 400 ribuan per ekornya untuk yg masih bahan, berbeda dengan yg sudah mapan gacor, bisa lebih mahal lagi tentunya.

burung-cendet

10. Burung Perkutut

Burung Perkutut merupakan jenis burung selanjutnya yang sedang populer di Indonesia saat ini. Hal ini tidak lain karena bentuknya yang sangat unik dan suara kicauan nan merdu. Tak hanya itu saja, banyak pecinta burung pula percaya jika memelihara burung ini akan mendatangkan rezeki. Meskipun terdengar mustahil, namun berkat kepercayaan inilah burung Perkutut menjadi tersohor.

burung-perkutut

11. Burung Anis Merah

Burung Anis Merah memiliki kebiasaan yang sangat unik yakni mendongakkan kepalanya bila sedang menjumpai burung Anis Merah lainnya. Sesuai dengan namanya, burung populer ini memang memiliki bulu lebat berwarna merah. Merdunya suara kicauan yang keluar dari paruh burung ini mampu memikat para pecinta burung guna memeliharanya.

burung-anis-merah

Memelihara burung memang terdengar mengasyikkan apalagi bila nantinya bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Namun apakah anda tahu, bahwa hal ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Lantaran, anda harus bisa merawat serta menjaga burung sebaik mungkin agar selalu sehat dan bisa berkicau setiap hari.

baca juga : tips merawat burung anis merah macet bunyi