Mengenal Jenis Burung Pleci Berkualitas Terbaik Untuk Kontes

Diposting pada

Bisa dibilang, burung pleci menjadi primadona di kalangan para penghobi burung atau kicau mania. Pasalnya, jenis burung ini memiliki kemampuan berupa suara kicauan yang sangat merdu dan nyaring. Tak ayal jika para pecinta burung menaruh perhatian terdapat burung yang berasal dari genus Zosterops ini. Lantas apa sajakah jenis yang terbaik untuk kontes? Simak ulasannya.

Jenis Burung Zosterops Terbaik Untuk Dilombakan


1. Pleci Dakun Maput

Pleci Dakun Maput merupakan salah satu jenis Zosterops yang dianugerahi kicauan yang amat lantang dan merdu. Bukan hanya itu saja, burung satu ini pula memiliki keistimewaan sendiri dalam hal mental tarungnya. Uniknya lagi, nama dari burung ini merupakan singkatan dari “Dada Kuning Mata Putih”.

Hal ini tidak lain karena jenis Pleci ini memiliki dada berwarna kuning dan mata putih. Selain itu, pada punggungnya sendiri berwarna kuning agak kehijauan, iris mata berwarna putih agak menonjol, dan ujung ekor serta sayapnya yang berwarna lebih gelap.

Menjadi salah satu burung endemik nusantara, jadi tak heran bila burung Pleci bisa dijumpai dengan mudah di daerah Kudus, Jawa Tengah. Berkat suara khas yang bening, membuat Pleci Dakun Maput diincar oleh para kicau mania. suara burung pleci dakun ini memiliki volume vokal yang kencang.

pleci-dakun-maput

2. Pleci Dakun Macok

Sama halnya dengan Pleci Dakun Maput, nama dari burung satu ini pula merupakan singkatan dari “Dada Kuning Mata Coklat”. Bahkan Pleci satu ini pula paling banyak dibudidayakan oleh para pecintanya, karena perawatan yang cukup mudah. Tak hanya itu saja, Pleci Dakun Macok pula dibanderol dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Memaster Pleci Agar Cepat Masuk

Burung Zosterops ini memiliki ciri fisik yang didominasi warna kuning. Namun pada bagian iris matanya berwarna cokelat dengan lingkaran putih di luar mata. Sementara paruhnya berwarna hitam dan terdapat bulu hitam yang berada di sekitar pangkal paruhnya. Karena habitatnya asli Indonesia, sehingga Pleci Dakun Macok tersebut di hampir seluruh penjuru Pulau Jawa, untuk jenis burung pleci jantan dan betina nya memang sangat sulit dibedakan ya, kalian harus benar-benar teliti.

pleci-dakun-macok

3. Pleci Kacamata Enggano

Jenis burung Pleci terbaik selanjutnya yaitu Kacamata Enggano. Lain halnya dengan Pleci sebelumnya yang bisa ditemui di Pulau Jawa, burung satu ini hanya bisa dijumpai di daerah sekitar Pulau Sumatera. Hal hebat yang dimiliki Pleci Kacamata Enggano, yakni suara kicauan yang mendayu dayu. Berkat kicauannya inilah, banyak kicau mania jatuh cinta terhadapnya.

Uniknya lagi, Pleci Kacamata Enggano pula memiliki bentuk tubuh yang jauh berbeda dibandingkan jenis lainnya. Dimana pada bagian atas tubuhnya yaitu sayap hingga ekor berwarna kuning gelap kehijauan, dada berwarna abu abu gelap, iris dan paruhnya berwarna hitam, kaki berwarna keabu abuan, dan terdapat semburat hitam di atas kepalanya.

pleci-kacamata-enggano

4. Pleci Auriventer

Jauh berbeda dengan Pleci sebelumnya, Pleci Auriventer merupakan burung Zosterops yang bisa dijumpai di berbagai tempat, mulai dari wilayah pesisir pantai timur Sumatera, Pulau Bangka, Natuna, Kepulauan Riau, hingga Kalimantan. Tak hanya itu saja, terkadang Pleci jenis ini pula dapat ditemui di negara Myanmar, Singapura, Malaysia, hingga bagian pantai barat Thailand.

Burung dengan suara kicauan nan merdu ini memiliki beberapa ciri khas pada tubuhnya yang sangat menonjol. Diantaranya, paruh berwarna hitam, kaki berwarna keabu abuan, terdapat lingkaran putih di sekeliling mata, iris mata berwarna cokelat layaknya burung Pleci Dakun Macok, bagian tubuh bawah berwarna abu abu pucat, dan bagian atasnya berwarna kekuning kuningan.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Membuat Pleci Gacor Buka Paruh

pleci-auriventer

Berkat keunggulannya dalam berkicau, tak heran bila para kicau mania atau pecinta burung acap kali mengincar keberadaan burung Zosterops ini. Apalagi bila dilatih dengan rajin, pastinya ia akan memenangkan kejuaraan di segala ajang perlombaan. Namun sayangnya, terdapat beberapa jenis Pleci yang kini semakin menurun dan jarang sekali ditemukan di habitat aslinya karena kerusakan alam.

Demikianlah informasi seputar burung pleci yang dapat kami sampaikan, sekiranya dapat meberikan wawasan baru bagi temen-temen pleman dan kicau mania semua. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Download Masteran Suara Pleci Ngalas Gacor Full Isian