Mengenal Jenis Burung Perkutut, Makanan, Harga, Suara

Diposting pada

Meski telah terkalahkan dengan burung kicau pada umumnya, burung Perkutut tetap memiliki ruang hati di para pecintanya. Hal ini tidak lain karena ia memiliki kemampuan suara yang amat unik. Selain itu, bentuk tubuhnya juga terbilang sangat menawan. Menjadi salah satu burung endemik Indonesia, satwa satu ini sangatlah beragam. Penasaran apa saja jenisnya? Berikut ulasannya.


Jenis Burung Geopelia Striata

1. Perkutut Majapahit

Perkutut Majapahit merupakan salah satu jenis burung Geopelia Striata asli Indonesia. Memiliki bulu dengan perpaduan warna yang unik, tak ayal jika Perkutut Majapahit diminati oleh banyak orang. Tak hanya itu saja, burung yang terkenal akan kecantikan dan keistimewaannya ini pula seringkali dikoleksi karena keunikan yang dimilikinya.

Memiliki bentuk tubuh yang lebih besar serta dada yang lebih tegak, Perkutut Majapahit ini dibanderol dengan harga kisaran Rp. 1 jutaan di pasaran. Uniknya, burung Perkutut ini pula memiliki mata yang lebih tajam serta gerak geriknya yang lebih lincah. Biasanya Perkutut Majapahit ini mengonsumsi makanan berupa ketan hitam, kacang hijau, beras, dan lainnya.

perkutut-majapahit

 

2. Perkutut Bangkok

Bisa dibilang, Perkutut Bangkok ini termasuk ke dalam burung dengan kepamoran paling tinggi diantara burung pada umumnya. Pasalnya, Perkutut Bangkok dianugerahi suara kicauan yang besar dan juga ngebass. Tak ayal bila banyak pecinta burung tertarik untuk mengembangbiakkannya. Meski memiliki nama “Bangkok”, sebetulnya asal mula burung ini berasal dari Jawa.

Berkat suara merdu yang dimilikinya, burung ini kerap kali diikutkan di berbagai ajang perlombaan. Bukan hanya itu saja, Perkutut Bangkok pula memiliki karakteristik pada bulunya. Dimana terdapat perpaduan warna yang sangat cantik yakni antara warna putih pada bagian dada, serta warna hitam pada bagian sayap dan trotol putih.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mudah Memilih Burung Merpati Yang Bagus Untuk Lomba

Selain itu, paruhnya juga berwarna hitam dan kakinya berwarna merah. Karena keindahan fisik dan suara merdunya, tak heran jika burung Perkutut ini dipatok dengan harga sekitar Rp. 1,5 hingga Rp. 3 jutaan. Sebenarnya, Perkutut Bangkok ini mengonsumsi makanan berupa biji bijian. Namun ada kalanya anda harus memberikannya milet guna memberikan energi tambahan.

Download suara burung perkutut bangkok – Link | Download

perkutut-bangkok

3. Perkutut Udan Mas

Tak hanya memiliki nama yang cukup unik, Perkutut Udan Mas pula mempunyai karakteristik tersendiri. Dimana terdapat perpaduan warna antara coklat pada sebagian besar tubuhnya serta semburat putih pada ujung sayapnya. Jika dilihat secara fisiknya, Perkutut Udan Mas ini memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dibandingkan Perkutut pada umumnya.

Bila tertarik memeliharanya, anda harus merogoh kocek sekitar Rp. 1 jutaan. Meski harganya terbilang tinggi, namun kepamoran Perkutut Udan Mas tidak pernah turun. Apalagi cara perawatannya terbilang sangatlah mudah. Pasalnya, anda cukup memberikannya makanan berupa gabah, beras merah, milet, atau pakan burung yang telah disediakan.

perkutut-udanmas

4. Perkutut Belah Dada

Dilihat sekilas, penampilan Perkutut Belah Dada ini layaknya burung Merpati. Namun yang membedakannya, yakni warna bulunya yang sedikit coklat dan bercak hitam di bagian kepalanya. Sesuai dengan namanya, burung Perkutut dengan harga mencapai Rp. 25 juta ini memang memiliki ciri khas berupa dadanya terbelah. Jadi tak ayal jika harga yang dipatok pun mencapai angka fantastis.

perkutut-belahdada

Sebetulnya, keberagaman Perkutut asli Indonesia terbilang sangat banyak. Apalagi berkat sumber daya alam yang dimilikinya, tak hanya Perkutut semata burung lainnya juga melimpah ruah. Namun bisa dibilang jenis burung kicau satu ini laris di pasaran, lantaran kemampuan suaranya yang begitu lantang dan merdu. Sehingga tak heran bila banyak yang mengadunya di ajang perlombaan.

Baca Terus Guys ! . . .  Daftar harga Lovebird Termurah prediksi 2021