Burung Murai Batu Bordan

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

5/5 - (1 vote)

Oke apa kabar teman-teman berjumpa lagi masih bersama website resmi pleci.id yang dimana di kesempatan kali ini kami akan mengulas informasi seputar murai batu bordan ya, mungkin dari kalian sudah pada tahu, atau ada juga yang masih bingung ya, apa sih murai batu bordan itu ?.

ketika kita membahas tentang burung murai batu tentunya tidak akan ada habis-habisnya untuk membahas burung yang satu ini dikarenakan burung murai batu pemegang Tahta tertinggi dalam dunia perburungan yang ada di Indonesia

Nah di sini saya akan menjelaskan Bagaimana sih cara mengenali Burung Murai Batu bordan karena ada yang bertanya Bagaimana cara mengenali Burung Murai Batu bordan terutama untuk para pemula !.

Ya walaupun kalian juga hanya paham sedikit-sedikit saja tentang burung murai batu tersebut, nah di sini kita akan share dan menjelaskan apa yang kami pahami dan ketahui ya,

Oke teman-teman Langsung saja yuk kupas tuntas jenis burung murai batu bordan ini dan sebenarnya ini yang terjadi di lapangan atau inilah faktanya.

Apakah Murai Bordan Itu Murai Borneo ?


Mengenal Lebih Dekat Jenis Murai Batu Bordan

adapun yang terjadi terutama di lingkungan saya sendiri untuk tip burung murai batu borneo atau burung murai batu yg berasal asli dari Kalimantan sudah tidak ada lagi ya, namun yang ada untuk saat ini adalah burung murai batu bordan tapi itu sebutan mereka ya temen-temen, mereka menyebutnya dengan sebutan burung murai batu bordan lantas kemana burung murai batu borneo tersebut ?. Nah sebenarnya yang mereka sebut bordan itu kebanyakan para kicau mania yang sedikit nakal ya temen-temen, padahal aslinya borneo !. Yah.

Maksud dan tujuannya agar burung borneo yg mereka sebut ini dengan sebutan bordan karena untuk menaikkan harga burung Murai Batu yang mereka miliki sebenarnya bordan singkatan dari Borneo Medan artinya burung murai batu bordan itu silangan dari burung murai batu asal Borneo dan burung murai batu asal dari Medan baik itu trah indukan jantan yang borneo ataupun yang betina dan begitu pula sebaliknya ya. Nah disingkat lah jadi bordan Borneo Medan ya temen-temen.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Budidaya Burung Jalak Bali Agar Cepat Sukses

ciri-motif-ekor-murai-batu-bordan

Cara Mengenali Ciri Ciri Murai Batu Bordan

Dan di sini kita harus mengenali ciri-cirinya mana burung murai batu bordan asli dan mana burung murai batu borneo biasanya burung murai batu bordan kualitasnya tergantung dari indukannya ya temen-temen, sekarang saya contohkan jika yang jantan dari Medan lalu yang betina dari Borneo kalau genetik tertingginya / lebih dominan ke yang jantan maka sang anaknya pun akan lebih tinggi bahkan 70% mengikuti yang jantan.

Untuk ciri motif ekor murai batu bordan, misalnya si jantan ekornya 19 cm kemungkinan besar anaknya pun akan mengikuti dari yang jantan tapi tergantung kalau genetik tertingginya dari indukan yang dari Borneo maka tidak kecil kemungkinan anaknya pun akan tetap sama seperti Borneo tadi ya

Jadi gini Ya temen-temen intinya burung murai batu bordan Mungkin saja bisa memiliki ekor lebih panjang dibanding dengan burung murai batu Borneo. Dan juga memiliki pola ekor hampir mirip dengan burung murai batu Medan Apa itu yang disebut pola sudah saya jelaskan di artikel kami sebelumnya Selain memiliki ekor yang lebih panjang mungkin saja burung murai batu bordan juga semi gembung ya, tentu tidak se gembung seperti burung Murai Batu yang dari asli Borneo

Lalu bagaimana dengan pola ekor itu sendiri apakah bordan sama dengan Medan ?. Nah biasanya ada yang sama dan ada yang tidak sama ya, jadi motif / pola ekor itu tidak harus menjadi patokan yang jadi patokan kita harus melihat dari suara dan juga dari postur tubuhnya atau juga bisa dilihat dari gaya tarung apakah gembung dan tidak gembung, ya minimal itu harusnya tidak gembung ya teman-teman.

Dan selanjutnya Apakah burung murai batu bordan itu gembung atau tidak ?. Dan jawabannya Seperti yang saya sebutkan tadi tergantung dari indukannya, ya kalau anaknya tersebut mengikuti indukan yang dari Medan Tentu saja tidak akan gembung, minimal semi gembung.

Baca Terus Guys ! . . .  Ciri Ciri Lovebird Yang Bisa Konslet

ciri-ciri-murai-batu-bordan

Kawin Silang Bordan Series

Nah bagi para penangkar murai batu tentu sudah tidak asing lagi nih ya, untuk mencetak sesuatu inovasi yang baru dan luar biasa, namun bagi yang masih pemula pada budidaya burung murai tentu belum mengetahuinya ya.

Untuk murai batu Medan dan burung murai batu borneo akan menghasilkan anakan bordan nah jika bordan yang asli disilang lagi dengan Medan maka akan menghasilkan F2 itu akan lebih bagus lagi dibandingkan F1

nah seterusnya hasil dari F2 tersebut disilangkan lagi dengan Medan lagi nah itu akan menghasilkan keturunan yg ke 3 biasanya F3 itu akan lebih bagus Mungkin saja bisa mengikuti burung murai batu medan dan tidak gembung mengikuti burung murai batu borneo ya temen-temen.

  • Bordan F1 Jantan = (Indukan) Murai Batu Medan Jantan x (Indukan) Murai Batu Borneo Betina
  • Bordan F2 Jantan = (Indukan) Bordan F1 Jantan x (Indukan) Murai Batu Betina Medan
  • Bordan F3 Jantan = (Indukan) Bordan F2 Jantan x (Indukan) Murai Batu Betina Medan

Dari ketiga fase inilah ibaratnya fushion yang paling tertinggi ya, namun terkadang jika genetik trah atau darah yang di silangkan sama-sama memiliki gen yang setara atau masih sedarah itu juga terkadang bisa menghasilkan anakan atau jenis murai batu bordan yang albino nantinya,

karena pengelaman dari temen-temen penghobi ternak murai batu ada yang sudah pernah mengalami hal tersebut ya, dan kita ketahui jika anakan yang keluar sudah albino tentu harga jualnya bukan kaleng-kaleng lagi, karena jenis burung langka itu !.

baca juga : cara memilih bakalan murai batu borneo yang bagus

Kelebihan Dan Keurangan Murai Batu Bordan

Nah temen-temen jadi gini ya Menurut saya pribadi dalam hal ketangguhan dari segi suara lagu isian atau materi burung murai batu borneo sebenarnya lebih mendominasi dibanding dengan burung Murai Batu yang dari Medan ya, dan sifat fighternya mentalnya juga lebih baik jenis borneo ya temen-temen.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Macet Bunyi

Cuman kekurangannya ya gembung nya itu ya teman-teman Bahkan dari segi suara tersebut burung murai batu borneo lebih cepat untuk menirukan suara-suara yang ada di sekeliling burung tersebut atau suara-suara yang mereka dengar tentu saja mereka juga sangat pintar sekali untuk menirukan suara burung kedasih sedangkan beberapa kali saya memelihara burung murai batu Medan tidak ada satupun yang bisa menirukan suara burung kedasih. Walaupun di sekitaran rumah saya banyak sekali suara burung kedasih

Nah jika teman-teman ingin mendapatkan burung murai batu bordan yang asli maka teman-teman harus datang langsung ke peternakan burung murai batu tersebut karena pasti si penangkar lah yang tahu paham ya burung tersebut bordan atau Borneo, jika kita berbicara soal burung murai batu bordan mirip burung murai batu Medan atau mirip burung murai batu dari Borneo.

Harga Burung Murai Batu Bordan

Nah sebenarnya seperti halnya manusia manusia juga ada yang mirip ibu dan ada yang mirip ayah Burung pun sama halnya seperti itu ya temen-temen jika burung tersebut lebih mirip dengan yang dari Medan maka kemungkinan Ya seperti Medan Tapi sebaliknya jika burung ngikutin dari yang Borneo Ya tentu saja pasti seperti burung yang dari Borneo ya.

Lalu kenapa masih aja dari kalian banyak yang memandang sebelah mata jenis murai batu borneo / bordan ini ?, hadew. Jelas-jelas burung keren kok harga pasarannya kalah dengan jenis murai batu medan ya, heran saya juga !.. Hehehe ya namanya juga hobi ya, terkadang ikut-ikutan aja sih. Dan untuk harga pasaran burung murai batu bordan saat ini kisaran antara Rp 1,5 – 2 jutaan saja ya.

Oke cukup sampai dini mungkin temen-temen sudah paham ya tentang pembahasan jenis murai batu bordan secara detail nya, semoga bisa menambah wawasan kalian semua dan bisa bermanfaat ya. Salam murai batu mania indonesia.