10 Jenis Burung Murah yang Terjangkau di Setiap Kalangan

Diposting pada

Berkat melimpahnya sumber daya alam, Indonesia memiliki fauna yang sangat beragam. Hal ini pun berlaku pula pada jenis unggas berupa burung yang tersebar merata di seluruh penjuru nusantara. Karena memiliki bentuk tubuh dan suara kicauan yang unik, banyak sekali orang yang menyukai burung endemik. Bila ingin memeliharanya, berikut beberapa burung murah untuk semua kalangan.


Aneka Ragam Burung Unik dengan Harga Terjangkau

1. Burung Branjangan

Memiliki kebiasaan yang sangat unik, burung bernama Branjangan ini memang lebih menyukai hidup di area rerumputan dan terbuka misalnya saja ladang atau persawahan. Meskipun begitu, tidak jarang para pecinta burung mengoleksi atau membudidayakannya. Pasalnya, burung Branjangan ini memiliki suara kicauan nan merdu dan mampu memikat hati siapa saja yang mendengarnya.

Uniknya lagi, burung Branjangan ini juga mampu menirukan kicauan burung lain. Bahkan gaya bertarungnya pun sangat menawan dengan cara mengepakkan sayapnya dengan gagah. Burung Branjangan memiliki bulu berwarna coklat, bergaris abu, dan bermotif bintik nan cantik. Bila tertarik untuk memeliharanya, anda bisa mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau.

burung-branjangan

2. Burung Gelatik

Terkenal dengan bentuk tubuh nan mungil, burung Gelatik termasuk ke dalam unggas terbang yang digemari oleh mayoritas pecinta burung. Hal ini tidak lain karena warna bulunya nan indah, dimana terdapat gradasi warna kebiruan yang terletak di bagian bawah badannya. Tak hanya itu saja, di bagian mata burung murah ini juga terdapat lingkaran berwarna putih yang menawan.

Meski seringkali dianggap sebagai hama padi, namun popularitasnya tetap meningkat di kalangan penghobi burung. Bukan karena warna bulunya saja yang indah, suara kicauan serta lengkingannya yang sangat lantang seringkali disebut sebagai keindahan. Tidak perlu khawatir, anda masih bisa mendapatkan burung Gelatik ini dengan harga yang lebih hemat.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Mahal Yang Bisa Buat Kantong Jebol

burung-gelatik

3. Burung Pleci

Burung populer selanjutnya yang bisa anda dapatkan dengan harga miring yakni burung Pleci. Meski termasuk ke dalam burung dengan harga terjangkau, namun bukan berarti menandakan burung Pleci murahan. Pasalnya, burung Pleci memancarkan aura yang berbeda dibandingkan dengan burung pada umumnya yakni pada warna bulu yang indah.

Burung yang berwarna hijau lumut dengan nuansa hitam dan kekuningan ini pula dibekali dengan suara kicauan nan merdu. Tak ayal jika burung Pleci seringkali digunakan sebagai incaran oleh orang yang hobi mengoleksi burung kicau. Bahkan bila anda telaten dan sabar melatihnya, kicauannya akan semakin terasah dan kemungkinan mampu bersaing di perlombaan.

burung-pleci

4. Burung Ciblek

Menjadi salah satu jenis burung yang dibanderol dengan harga terjangkau, burung Ciblek telah populer di kalangan pecinta burung kicau. Tidak jauh beda dengan burung murah lainnya, keberadaan burung dengan nama lain Prenjak ini cukup mudah untuk dijumpai di seluruh penjuru nusantara. Lazimnya, burung Ciblek seringkali terlihat di taman atau area yang memiliki banyak pepohonan.

Perlu anda ketahui, jika burung ini merupakan endemik kawasan Jawa, Bali, dan Sumatera. Hal menarik yang perlu anda ketahui yakni antara burung Ciblek jantan dan betina bisa dibedakan melalui suara kicaunya. Biasanya, suara Ciblek betina lebih monoton bila dibandingkan dengan Ciblek betina. Namun sayangnya, ketika kalah pertandingan burung ini akan mudah stres dan galau.

burung-ciblek

5. Burung Cipoh

Burung Cipoh menjadi unggas terbang selanjutnya yang bisa didapatkan dengan harga lebih bersahabat. Tidak jarang pecinta burung sangat menyukai burung jenis satu ini, sebab bentuk tubuhnya lebih berisi dan menggemaskan. Bila dilihat secara sekilas, burung Cipoh memang tidak jauh beda dengan burung Pleci namun ukurannya lebih besar.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Makanan Burung Kenari Agar Selalu Sehat dan Gacor

Bulunya yang berwarna kuning dipadukan dengan gradasi hitam pada sayapnya, membuat siapa saja yang melihat langsung jatuh hati. Tak hanya penampilannya saja yang memikat, burung Cipoh pun memiliki suara kicauan yang sangat lantang. Bahkan burung Cipoh juga bisa ulet bila anda terus melatihnya untuk menantangnya mengikuti beberapa ajang perlombaan.

burung-cipoh

6. Burung Cendet atau Pentet

Siapa yang tidak kenal dengan burung Cendet? Berkat popularitasnya, burung Cendet atau Pentet ini memiliki pamor yang tak terkalahkan diantara jenis burung pada umumnya. Termasuk ke dalam burung murah, jenis unggas satu ini memang sangat cerdas dan bisa menirukan suara dari berbagai burung lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai perawatannya.

Hal ini dikarenakan perawatan burung ini sangatlah mudah. Tak ayal jika banyak para pecinta burung yang memelihara burung Cendet atau Pentet. Bahkan tidak sedikit para pemula penghobi burung pun bisa mendapatkan unggas satu ini dengan harga yang sangat terjangkau di pasaran. Hebatnya lagi, burung Cendet juga terkenal dengan suara kicauan yang lantang dan merdu.

burung-cendet

7. Burung Kacer

Tidak kalah menariknya dengan burung Cendet, burung yang bernama Kacer ini pula termasuk ke dalam burung petarung yang banyak digemari. Pamor yang ditampilkan oleh burung ini tidak lain karena seringnya diikutkan ajang perlombaan guna mengasah kemampuannya. Tak hanya hebat soal bertarung, burung Kacer pun memiliki bakat berupa suara kicauan yang nyaring.

Bukan hanya itu saja, burung Kacer juga dibekali dengan bentuk tubuh nan indah berupa bulu hitam eksotis dan dilengkapi dengan gradiasi warna putih pada sayapnya. Tak heran jika penampilannya tersebut mampu membuat jatuh hati para pecinta burung. Meskipun begitu, anda masih bisa mendapatkan burung Kacer dengan harga yang tidak akan menguras kantong.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Mitos Burung Jalak Putih, Makanan dan Harga

burung-kacer

8. Burung Jalak Suren atau Uren

Tak kalah pamornya dengan jenis burung murah pada umumnya, burung Jalak Suren juga termasuk jenis unggas yang banyak dipelihara oleh penghobi burung. Hal ini tidak lain karena burung ini sangat pandai menirukan suara kicauan burung lainnya. Bahkan terkadang burung Jalak juga bisa menirukan suara yang ada di sekitarnya.

Kehebatannya inilah membuat burung yang dibanderol dengan harga yang lebih bersahabat ini disukai oleh pecinta burung. Tidak perlu khawatir mengenai perawatannya, karena burung Jalang hanya butuh diperhatikan untuk masalah makanannya semata. Untuk bagian yang lainnya, anda masih bisa diurus dengan lebih mudah.

burung-jalak-suren

9. Burung Cucak Hijau

Sesuai dengan namanya, burung ini memang memiliki warna bulu berwarna hijau layaknya daun. Tak heran jika banyak pecinta burung menyebutnya sebagai burung daun. Selain warna tubuhnya nan cantik, burung ini pun dibekali dengan suara kicau yang merdu. Berkat kehebatannya inilah, burung Cucak Hijau dipelihara oleh sebagian besar peminat burung.

burung-cucak-hijau

10. Burung Cucak Jenggot

Burung murah terakhir yang bisa digunakan sebagai referensi yakni burung Cucak Jenggot. Tidak hanya namanya yang unik, burung ini pula memiliki penampilan fisik yang teramat cantik dengan warna coklat kehijauan dan jambul yang membuatnya tampak lebih gagah. Meski memiliki tampilan eksotis, anda masih bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau.

burung-cucak-jenggot

Sebenarnya, memelihara burung bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau. Namun hal ini tidak bisa diremehkan begitu saja, karena anda harus bisa memilih burung yang tepat baik itu masalah perawatan maupun harganya. Bila anda termasuk pemula dalam memelihara burung, tak perlu khawatir karena beberapa burung yang disebutkan diatas bisa digunakan sebagai referensi terbaik.