Fakta Burung Merpati Beserta Mitos dan Harganya

Diposting pada
Rate this post

Terkenal dengan sosoknya sebagai pengantar pos, dulunya burung Merpati memang seringkali dimanfaatkan untuk membawa surat yang ditujukan pada orang lain. Namun saat ini, keberadaan Merpati lebih sering digunakan untuk menggambarkan kesetiaan seseorang di acara pernikahan. Sebetulnya masih banyak lagi fakta menarik mengenai burung satu ini. Yuk simak ulasannya berikut.


Fakta Menarik Mengenai Burung Dara

Berkat kemampuannya terbang jauh dalam kurun waktu yang lama, Merpati di zaman perang kerap digunakan sebagai burung pengantar pesan dan meninggalkan sarangnya untuk pergi berpuluh puluh kilometer. Meskipun begitu, tatkala telah menyelesaikan tugasnya ia akan kembali lagi ke sarangnya tanpa menemukan masalah ataupun tersesat di jalan.

Sebenarnya kemampuan Merpati menemukan sarang usai menjalankan misinya ini masih menjadi pertanyaan besar bagi beberapa peneliti. Namun sebagian peneliti telah menyimpulkan bila Merpati bisa melakukan hal yang serupa karena ia telah dilatih untuk balapan dan kembali lagi ke sarangnya meski pergi sejauh apapun.

Menariknya, ternyata burung Merpati bisa menghasilkan susu palsu untuk anak anaknya layaknya mamalia. Dimana susu tersebut kerap kali disebut sebagai susu tanaman karena memang dihasilkan dari apa yang mereka konsumsi, lalu disimpan di dalam kantong yang berada di bawah tenggorokannya. Tatkala dikeluarkan dari mulutnya, cairan tersebut berwarna putih seperti susu.

Susu palsu yang dihasilkan oleh burung yang dikenal dengan nama burung Dara ini pula memiliki berbagai kandungan, diantaranya lemak, protein, dan nutrisi penting lainnya. Karena Merpati merupakan burung pengantar pos dan bisa terbang hingga kecepatan 110 km/jam, tak heran bila ia kerap kali digunakan sebagai hewan balap oleh para pemiliknya.

Baca Terus Guys ! . . .  Ciri Ciri Cendet Madura Jantan Dan Betina Serta Harganya

Tak hanya itu saja, burung Dara pula terkenal sebagai unggas yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi dibandingkan hewan lainnya. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan untuk menguji kemampuan Merpati dalam berpikir. Bahkan tak jarang menganggap burung ini sebagai dokter karena kemampuannya mengurai gambar medis.

Burung Merpati pula sangat pintar jika disuruh untuk mengklasifikasikan barang dengan cermat dan mengenal wajah manusia. Tak ayal jika Merpati seringkali dipertunjukkan guna menampilkan kecerdasannya di khalayak ramai. Keberadaannya juga menjadi keberuntungan bagi sebagian orang yang mempercayainya. Pasalnya, Merpati acap kali diumpamakan sebagai roh kudus.

fakta-menarik-burung-merpati

Harga Burung Dara

Bisa dibilang, jika Merpati merupakan salah satu jenis burung yang tak pernah surut akan peminat. Rasanya ada saja orang yang selalu mengincar keberadaan burung Dara untuk diikutkan dalam perlombaan. Hal ini ternyata sudah ada sejak zaman dulu kala, dimana keberadaan Merpati dilombakan di balapan sebagai hiburan masyarakat setempat.

Karena kepamoran yang dimilikinya inilah, burung Dara dibanderol dengan harga yang sangat beragam. Bahkan tidak jarang jenis Merpati yang dipatok dengan harga fantastis. Pasalnya, harga yang dipatok tersebut berdasarkan kecepatan dan akurasi yang dimilikinya tatkala akan mendarat. Jika ada burung yang seringkali menang balapan maka harganya bisa melebihi angka Rp. 1 juta.

Sejatinya, harga burung Merpati tinggian yang telah dewasa berbeda dengan yang masih anakan. Bila sudah dewasa, burung Dara akan cenderung memiliki kemampuan yang lebih terasah daripada anakan. Untuk bisa mendapatkan Merpati dengan kualitas baik, setidaknya anda harus memperhatikan beberapa kriteria seperti ukuran dan bentuk kepalanya.

harga-burung-merpati

Keberadaan Merpati di tengah tengah masyarakat, memang selalu menjadi keberuntungan tertentu. Dimana tak hanya digunakan untuk balapan semata, banyak orang pula merasa terhibur berkat adanya burung Dara. Bahkan tak sedikit memanfaatkannya di sebuah acara pernikahan. Hal ini tidak lain, karena Merpati melambangkan pasangan yang tak pernah terpisahkan.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Merawat Burung Kutilang Agar Cepat Gacor Dan Jinak

baca juga : ciri ciri burung merpati yang bagus buat lomba