Inilah Fakta Menarik Burung Merak, Beserta Makanan, Harga

Diposting pada
Rate this post

Salah satu jenis burung merak yang memiliki keunikan menakjubkan ialah Merak. Burung ini terkenal dengan keindahan bulunya yang begitu memukau. Ketika Merak mengepakkan sayapnya, siapa pun akan terpesona. Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang burung merak, yuk simak fakta menarik dan makanan Merak yang wajib anda ketahui.


Fakta Menarik Merak Yang Wajib Anda Ketahui

1. Bulu Merak Digunakan Untuk Mengelabuhi Musuh

Selain dianggap sebagai simbol keindahan, bulu Merak ternyata juga digunakan untuk mengelabuhi musuh yang mengancamnya. Selama ini, ketika Merak mengepakkan sayapnya sebagian orang mengira bahwa hal tersebut dilakukannya untuk memikat lawan jenis. Nyatanya, kepakkan sayap Merak juga digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Pada saat Merak didekati musuh, ia akan mengepakkan sayap dan ekornya tepat di hadapan musuh. Bulatan bulatan yang menyerupai bola mata mampu mengelabuhi predator lain. Kemudian, musuh tersebut akan mengira sedang berhadapan dengan hewan yang memiliki ratusan mata di tubuhnya. Lama kelamaan, musuh akan menjauh karena ketakutan.

bulu-burung-merak

2. Merak Jantan Lebih Sering Memamerkan Ekornya

Sebenarnya, hanya Merak jantan yang senang mengepakkan bulu ekornya. Jika dibandingkan dengan burung Merak betina, saat musim kawin Merak jantan akan memekarkan bulunya untuk menarik perhatian pasangannya. Kemudian, Merak jantan akan berlomba lomba untuk menunjukkan eksistensi dirinya yang bertujuan menarik perhatian lawan jenis.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Mantenan, Makanan, Harga, Suara

merak-jantan

3. Merak Masih Satu Golongan Dengan Ayam Domestik

Perlu anda ketahui, Merak masih dalam golongan Famili Galliformes. Taksonomi tersebut berisikan berbagai jenis unggas, mulai dari Kalkun, Ayam, Sempidan, dan Kuau. beberapa jenis hewan tersebut digolongkan berdasarkan makanan, morfologi, karakteristik, dan kebiasaannya. Sebenarnya, semua jenis unggas masuk dalam klasifikasi Famili Galliformes.

4. Merak Hanya Memiliki Dua Jenis

Bagi anda yang mungkin belum tahu, merak memiliki tiga jenis spesies yang ada di dunia. Jika dilihat berdasarkan genusnya, Merak dibagi menjadi dua yakni Pavo dan Afropavo. Genus Pavo tersebar di seluruh daratan Indochina, ujung Pulau Jawa, dan Semenanjung Malaya. Ciri khas dari jenis ini adalah bulu burung Merak yang merupakan perpaduan coklat dan hijau.

Sedangkan genus Afropavo telah menjadi satwa endemik di negara Kongo, Afrika Barat. Sebenarnya, merak jenis ini merupakan bentuk primitif dari asal muasal Merak. Tak sama dengan umumnya, Merak Kongo tidak memiliki ekor panjang yang bisa dikepakkan. Inilah yang membuat Merak Kongo menjadi representatif merak di jaman lampau.

5. Makanan Merak

Pada dasarnya, Merak diklasifikasikan sebagai hewan pemakan segala atau omnivora. Beberapa jenis makanan yang baik untuk Merak sebenarnya berupa biji bijian. Mulai dari padi, jagung, kuaci, dan dedaunan yang memiliki rasa manis. Selain biji dan daun, Merak juga menyukai serangga kecil seperti jangkrik, kumbang, semut, kepik, bahkan cacing tanah.

makanan-burung-merak

6. Harga Merak

Meski harga Merak cukup tinggi, namun bagi para pencinta burung mungkin bukanlah masalah yang besar. Untuk harga Merak Biru dewasa dipatok sekitar 30 jutaan. Sedangkan burung Merak jenis lainnya dibanderol dengan harga mulai dari 35 jutaan. Harga yang mahal sesuai dengan karakter burung yang memesona. Bahkan bisa dibilang, Merak satu satunya burung yang eksotis.

Baca Terus Guys ! . . .  10 Jenis Burung Murah yang Terjangkau di Setiap Kalangan

Merak merupakan satwa endemik Indonesia yang patut dilestarikan. Burung yang sangat eksotis ini menyimpan beberapa fakta menarik yang jarang diketahui banyak orang. Namun, setelah membaca ulasan tersebut kini anda sudah tahu bahwa terdapat fakta dibalik keindahan Merak. Pengetahuan anda akan semakin bertambah tatkala melihat harga dan makanan Merak.