Mengenal Jenis Burung Mantenan, Makanan, Harga, Suara

Diposting pada

Halo kicau lovers kembali kami menyapa kalian dengan memberi informasi seputar hewan unggas yang berkicau kali ini Burung Mantenan dimana dia memiliki warna yang bagus serta suara merdu.

Burung sepah itu menjadi nama lainnya di beberapa daerah, karena memang mereka memiliki genus yang sama. dengan bentuk yang hampir mirip serta suara kicauan yang serupa juga.

Hanya saja mereka berbeda pada warna dan corak bulunya serta kebiasaan hidup di habitat aslinya. Bagi kalian para pemula yang baru saja memulai hobi memelihara burung kicau.

Jenis mantenan ini kami rekomendasikan untuk anda. Meskipun dia tidak di lombakan hanya sebagai burung masteran saja tetapi cara perawatan dan tidak sulit dibikin gacor.

mitos-burung-mantenan

Ada beberapa jenis dari burung mantenan ini yang ada di Indonesia dan tersebar pada beberapa daerah, dan berikut kami sajikan ulasan selengkapnya mulai dari jenis, apa saja makanannya bagaimana suaranya serta harga pasaran terbaru tahun ini.

Yuk simak info selengkapnya …

Mengenal Lebih Jauh Burung Mantenan

Jenis Burung Sepah

1 Sepah Hutan : Jenis ini memiliki nama latin Scarlet Minivet ukuran tubuhnya sekitar 19 cm, termasuk burung yang berukuran sedang yah kicau lovers. Bulunya berwarna Biru hitam atau navy, dan berwarna merah.

Pada bagian sisi sayap, bagian perut dan dada serta ekornya juga kombinasi navy merah.

Tetapi yang betina berwarna kuning dan abu-abu sehingga kalian dapat dengan mudah membedakannya.

Suaranya lembut kicauannya mendayu – dayu dia banyak ditemukan

diwilayah Kalimantan dan Bali.

sepah-hutan-betina

2 Sepah Gunung : Nama lain dari burung ini ialah Sunda Minivet, dimana dia memiliki 2 warna pada bulunya namun coraknya sedikit tidak beraturan.Ukuran tubuhnya juga sama sekitar 19 cm.

Baca Terus Guys ! . . .  Makanan Burung Sikatan Londo

Dialam bebas hidupnya berkelompok, untuk mencari makanan dan membuat sarang. dia banyak dijumpai di daerah perhutanan. Banyak ditemukan di daerah sumatera sepanjang bukit barisan hingga ke pulau jawa.

sepah-gunung

3 Sepah Dagu Kelabu : Burung yang memiliki nama latin Grey-chinned Minivet ini berukuran tubuh lebih kecil sekitar 15 sampai 17 cm saja. Berwarna merah ke kuningan.

Pejantannya berwarna merah dan pada bagian kepala hingga ke tenggorokan berwarna kelabu. Sedangkan yang betina berwarna kuning, dan pada dahi telinga dan tenggurokan tertutup warna abu-abu.

sepah-dagukelabu

4 Sepah Kecil : Disebut sepah kecil karena dia memiliki ukuran paling kecil dibanding jenis sepah lainnya. hanya 14 cm saja. Dia dikenal juga dengan Small Minivet.

Secara umum warna bulunya abu-abu. merah dan hitam. namun pada yang betina abu-abunya agak pudar untuk bagian bawah tubuhnya seperti keputihan.

Kicauannya paling nyaring dari yang lainnya. Dialam liarnya dia hidup membentuk kelompok kecil untuk mencari makanan di atas pepohonan tinggi.

Wilayah penyebarannya Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara kecuali Malaysia.

Makanan Kesukaannya

Makanan dari burung sepah ini berupa serangga kecil yang ada disekitarnya, seperti laba-laba, jangkrik, dan semut kerangga. ada juga yang memakan buah-buahan segar.

Dalam peliharaan kita boleh melatihnya untuk memakan pakan yang banyak dijual dikios untuk burung ini. atau kamu berikan buahan segar karena memang rata-rata mantenan suka juga sama buah-buahan.

Kroto dan ulat hongkong dia juga sangat menyukainya karena secara alamiah dia mengkonsumsi serangga. Berikan sebagai pakan tambahan dengan secukupnya jangan berlebihan takut over birahi.

Sebagai pelengkap yang tidak kalah penting berikan juga dia vitamin untuk menjaga kondisi tubuhnya. vitamin burung yang sudah banyak diproduksi dan dijual di kios bahkan di toko online.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Serindit, Makanan, Harga dan Suara

Kisaran Harga Pasaran Ter Update

Harga cukup terjangkau untuk yang anakan burung sepah dibanderol seharga Rp70.000 sampai Rp90.000 ribu rupiah.

Untuk yang mulai ngeriwik alias terlihat suara kicauannya dia dihargai dengan Rp100.000 sampai Rp150.000 ribu rupiah per ekornya dan untuk yang sudah gacor mencapai Rp200.000 rupiah per ekornya.

inilah harga pasaran secara umum untuk jenis mantenan.

Suara Kicauan

Suara kicauanya begitu merdu dan setiap jenis berbeda-beda pula ciri khasnya. Ada yang merdu dan nyaring melengking ada juga yang merdu mendayu-dayu tetapi burung ini cocok sekali untuk dipelihara.

Dan suaranya dijadikan bahan masteran jadi kami rekomendasikan untuk dipelihara oleh kicau lovers terlebih yang pemula.

Suaranya bisa kalian unduk di internet secara gratis.

Bagaimana kicau lovers, apakah kalian tertarik untuk memelihara burung mantenan ini ? Terima Kasih sudah setia menyimak informasi menarik yang banyak berisi pengetahuan seputar hobi ini bersama Pleci Id.

Semoga kalian semua selalu diberi kesehatan dan dijauhkan dari jangkitan virus Covid 19 yang tengan menjadi pandemi di dunia ini.