11 Jenis Burung Mahal Yang Bisa Buat Kantong Jebol

Diposting pada

Sudah bukan lagi menjadi hal baru jika banyak orang di Indonesia gemar memelihara burung. Corak bulu yang unik dan keindahan warna yang memikat hati membuat banyak orang ingin memiliki. Walaupun burung mahal harganya, tidak menghilangkan keinginan khalayak untuk tetap memelihara hewan satu ini. Berikut jenis burung dengan harga mahal yang harus diketahui.

Daftar Jenis Burung Yang Dijual Dengan Harga Mahal


1. Hyacinth Macaw

Burung ini termasuk dari jenis burung spesies teo yang cukup besar yang ada di dunia. Warna biru mencolok pada seluruh bulu menjadi ciri khas dari burung ini. Tidak heran, jika banyak orang yang tertarik dengan burung ini karena warnanya yang masih tergolong sangat unik dan terlihat cantik.

Kurang lebih populasi burung ini hanya tersisa 5.000 saja di seluruh dunia. Membuat burung ini menjadi burung yang langka. Harga yang dibandrol untuk memiliki burung ini berkisar Rp. 204.000.000 untuk setiap ekor burungnya. Dengan populasi yang semakin langka, membuat burung ini masuk dalam kategori burung mahal.

hyacinth-macaw

2. Flamingo

Burung satu ini menjadi burung yang sering muncul pada karakter film kartun anak-anak. Hal tersebut disebabkan oleh corak asli dari burung sangat unik dan menggemaskan. Burung Flamingo berbeda dengan burung-burung pada umumnya yang bisa terbang bebas jauh di udara. Flamingo membutuhkan sedikit persiapan untuk mampu terbang.

Dengan melakukan lari-lari kecil sebelum terbang sebelum akhirnya burung ini mampu mengepakkan sayapnya di udara. Meskipun demikian, burung ini termasuk dari burung yang mampu terbang dengan kecepatan kurang lebih 60 km per jamnya. Burung ini cenderung lebih sering terbang pada saat malam hari dibandingkan siang hari.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Murai Batu Borneo, Makanan, Dan Harga

Dengan kecepatan terbang yang dimiliki, Flamingo mampu terbang hingga jarak tempuh 500 km jauhnya. Termasuk dari spesies burung yang langka, membuat harga burung ini juga tidak main-main mahalnya. Burung mahal ini dijual dengan harga kurang lebih mulai dari Rp. 14.600.000 setiap ekornya.

flamingo

3. Merpati Balap

Burung Merpati satu ini diberi nama balap karena dapat terbang di arena balap dan mampu kembali lagi kepada pemilik asli yang melepaskannya. Burung ini mampu dilatih dengan baik, sehingga mampu masuk dalam arena balap yang sudah ditentukan secara khusus jarak tempuh start dan finishnya.
Maka tidak jarang, banyak orang yang memburu untuk memelihara dan memiliki burung Merpati Balap. Dengan banyaknya peminat dari balapan burung Merpati, menjadikan burung ini dijual dengan harga yang cukup membuat kantong jebol. Burung ini bisa dijual dengan harga hingga kurang lebih 20,4 miliar rupiah untuk setiap ekornya.

merpati-balap

4. Toucan

Burung Toucan atau yang biasa dikenal dengan burung Tukan juga menjadi daftar dari burung mahal. Untuk bisa mendapatkan burung ini Anda harus menyiapkan uang kurang lebih hingga Rp. 117 juta. Burung yang berasal dari wilayah antara Amerika Tengah dan Amerika selatan ini memiliki bentuk paruh yang unik.
Dengan ukuran paruh yang lebih besar dibandingkan kepala dan tubuhnya, membuat burung Tukan tampak unik dan sangat lucu. Paruh burung Toucan memiliki corak yang warna yang cenderung terang. Untuk bulunya sendiri, burung ini justru memiliki warna gelap tetapi kecuali leher dan ekor yang memiliki warna cerah.
Walaupun memiliki sayap, namun Toucan termasuk jenis burung tidak begitu pandai dalam terbang. Hal yang sering dilakukan oleh burung satu ini adalah melompat untuk berpindah dari lokasi satu hingga lainnya. Hal ini semakin menambah keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Cililin, Harga dan Suara Tembakan Terbaik

toucan

5. Scarlet Tanager

Scarlet Tanager atau burung yang memiliki nama latin Piranga Olivacea ini merupakan burung yang dapat bernyanyi. Habitat asli dari burung ini yaitu kawasan Amerika Tengah. Burung yang memiliki corak warna merah terang dan ekor yang berwarna hitam. Untuk mendapatkan burung ini, Anda harus merogoh kantong sekitar kurang lebih 13 jutaan untuk satu ekornya.

scarlet-tanager

6. Mountain Bluebird

Sesuai dengan namanya yakni Bluebird, burung ini memiliki warna bulu biru cerah yang indah. Burung satu ini sering sekali di identikkan dengan logo salah satu sosial media yaitu Twitter. Warna biru yang berasal dari bulu burung Mountain Bluebird hampir mirip dengan logo burung pada platform Twitter. Untuk memiliki burung ini Anda harus mengeluarkan uang sekitar 12,4 juta.

mountain-bluebird

7. Kardinal Merah

Kardinal Merah menjadi salah satu burung yang cukup terkenal yang berasal dari kawasan Amerika Utara dan Selatan. Burung ini tergolong burung mahal, karena dibandrol dengan harga 11 jutaan. Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki bulu dengan warna merah cerah yang menarik perhatian.

kardinal-merah

8. Elang Golden

Biasa disebut dengan Elang Emas. Elang ini menjadi salah satu burung yang cukup banyak dicari karena memiliki tubuh yang cukup besar dan terlihat sangat gagah. Untuk satu ekor Elang Golden, bisa mencapai ukuran sekitar 66 hingga 102 cm yang dihitung dari ujung ekor sampai paruh. Anda harus menyiapkan uang sebanyak kurang lebih sekitar 300 jutaan untuk memiliki burung ini.

elang-golden

9. Baltimore Oriole

Burung yang berasal dari daerah Maryland kawasan Amerika ini memiliki nama latin yang unik yakni Icterus Galbula. Burung ini dikaruniai corak dan warna bulu yang coklat keemas-emasan. Ditambah juga dengan warna hitam pada punggung dan sayap burung ini. Meski memiliki ukuran dan panjang tubuh hanya 18 sampai 21 cm saja.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Burung Unik yang Ada di Indonesia

Tidak menciutkan harga burung satu ini di pasaran para pecinta burung. Untuk dapat memelihara burung dengan nama keren satu ini Anda harus merogoh kantong sekitar 12,4 juta rupiah untuk setiap ekornya. Selain itu, burung ini memiliki keunikan yakni dapat mengeluarkan suara yang cukup merdu.

baltimore-oriole

10. Ayam Cemani

Meskipun jenis burung yang dikategorikan ayam, Ayam Cemani menjadi salah satu burung yang paling banyak dicari karena coraknya yang unik dari ayam-ayam pada umumnya. Ayam ini memiliki corak hitam pada seluruh bulu. Harga burung satu ini berbeda dengan harga ayam biasanya, untuk memiliki satu ekornya harus mengeluarkan uang sekitar 1 juta rupiah atau lebih.

ayam-cemani

11. Kakatua Raja

Selain dikategorikan burung mahal, Kakatua Raja juga termasuk salah satu dari burung Kakatua yang paling besar di dunia. Burung yang memiliki paruh bengkok ini, menjadi salah satu burung langka. Tidak heran jika ingin untuk memilikinya dibandrol dengan harga sekitar 4 juta rupiah.

Kakatua Raja dikenal dengan ciri khas pada bulunya yang memiliki warna hitam full dan jambul yang tegak pada kepalanya. Tidak berbeda dengan Kakatua pada umumnya, burung jenis ini juga bisa mengeluarkan suara. Kakatua Raja memiliki panjang tubuh kurang lebih 50 sampai 68 cm dengan berat yang mencapai 500 sampai 1100 gram setiap ekornya.

kakatua-raja

Itulah berbagai macam jenis burung yang bisa membuat kantong Anda menjadi kering. Dengan jenis, corak, hingga asal habitat dari burung tersebut yang membuatnya menjadi burung yang dijual dengan harga cukup tinggi. Ditambah lagi,jenis-jenis burung tersebut didominasi oleh jenis burung yang langka.