5 Jenis Burung Lomba Kicau Mania yang Banyak Memiliki Fans

Diposting pada
Rate this post

burung lomba – Sudah menjadi kabar umum, jikalau memelihara burung dikenal sebagai hobi paling digemari oleh sebagian besar orang khususnya masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lain karena keberagaman burung di Indonesia, yang memiliki keunikan baik itu dari bentuk tubuh dan suara kicauannya. Penasaran apa saja burung lomba kicau yang paling populer? Simak ulasannya.

Burung Kicau yang Paling Sering Dilombakan


1. Burung Kacer

Dikenal dengan istilah Kucica Kampung, Kacer menjadi jenis burung paling populer dan digemari oleh para pecinta burung di Indonesia. Karena mampu hidup hampir di seluruh wilayah Indonesia, jadi tidak mengherankan bila burung ini memiliki beragam spesies yang berbeda. Misalnya saja, Kacer Poci, Kacer Jawa, Kacer Sumatra, Kacer Madagaskar, dan masih banyak lainnya.

Perlu anda ketahui, bila burung Kacer memiliki tubuh mungil nan menggemaskan. Bukan hanya itu saja, ia pula dianugerahi bulu dengan warna menawan menyesuaikan spesiesnya. Suara kicauan nan merdunya juga tak kalah menariknya dibandingkan dengan burung lainnya. Jadi tak heran bila Kacer kerap kali digunakan sebagai masteran di ajang perlombaan.

burung-kacer

2. Burung Murai Batu

Siapa yang tidak mengenal Murai Batu? Salah satu burung lomba yang populer di kalangan komunitas pecinta burung ini memang memiliki pesona berbeda dengan aura yang sangat eksotis. Bahkan kabarnya, Presiden Joko Widodo pula memelihara burung dengan suara kicau yang sangat lantang ini dan pernah masuk ke dalam sebuah perlombaan.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Bikin Burung Kacer Jinak Dan Gacor

Tidak jauh beda dengan jenis burung kicau pada umumnya, Murai Batu pula memiliki beragam spesies yang tersebar di wilayah nusantara. Bila dilihat dari penampilannya, Murai Batu memiliki ukuran tubuh yang bisa dibilang standar yaitu tidak terlalu besar dan tak terlalu kecil pula. Namun menariknya, burung satu ini memiliki bentuk ekor yang sangat indah.

baca juga : jenis murai batu yang bagus untuk lomba

murai-batu

3. Burung Jalak Suren

Tidak hanya terkenal suara kicauannya yang sangat merdu, ternyata fisik burung Jalak Suren sangat kicau. Jadi tak heran bila ia menjadi burung kicau yang paling digemari oleh penghobi burung lomba. Meski tubuhnya yang panjang dan ramping, akan tetapi Jalak Suren memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dibandingkan dengan jenis lainnya.

Apalagi tatapan matanya yang sangat tajam, membuat penampilannya sangat menawan. Berkat kondisi fisiknya yang begitu kuat, tak ayal bila Jalak Suren kerap kali memenangkan perlombaan. Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, burung Jalak Suren pula banyak dijadikan sebagai masteran dalam ajang kontes di beberapa negara tetangga lainnya – cek harga burung jalak suren

jalak-suren

4. Lovebird

Terkenal karena kecantikannya, burung Cinta atau Lovebird memang menjadi salah satu aves unggul dan paling sering dilombakan di berbagai kontes. Menariknya lagi, Lovebird pula dianugerahi berupa suara kicauan yang sangat unik. Dimana jenis burung lovebird mampu menirukan suara di sekelilingnya. Tidak hanya itu saja, warnanya yang sangat menawan membuatnya sangat dicintai oleh banyak orang.

burung-lovebird

5. Burung Cucak Hijau

Seperti namanya, burung satu ini memang memiliki warna bulu hijau di sekujur tubuhnya. Karena kecenderungannya untuk hidup secara berkelompok, sehingga membuat burung lomba satu ini termasuk ke dalam kategori semi fighter. Bila dibandingkan dengan burung Cucak jenis lainnya, Cucak Hijau memang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil namun kicauannya sangatlah lantang.

Baca Terus Guys ! . . .  11 Jenis Burung Kecil Yang Memiliki Suara Bagus

cucak-hijau

Sebetulnya, keberagaman burung yang tersedia di Indonesia membuat sebagian besar pecinta burung bingung memilih jenis manakah yang paling unggul. Namun diantara semuanya, beberapa burung yang telah disebutkan diataslah yang paling populer dan banyak memiliki fans. Hal ini lantaran mereka sangat lihai dalam menunjukkan kemampuannya baik itu dari penampilan atau kicauan.

baca juga : tips merawat cucak ijo biar cepat gacor