Mengenal Jenis Burung Kolibri yang Berasal dari Indonesia

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

burung kolibri – Kabar mengenai keberagaman satwa yang dimiliki Indonesia, ternyata telah tersebar luas hingga penjuru dunia. Hal ini pun tidak luput dari aneka macam aves atau burung yang tersebar di wilayah nusantara, salah satunya burung madu bernama Kolibri. Layaknya burung endemik pada umumnya, burung Kolibri pula memiliki beragam macam. Berikut ulasannya.

4 Jenis Burung Madu di Indonesia Yang Banyak Di Pelihara


1. Kolibri Ninja atau Konin

Jenis burung madu yang pertama ini memiliki nama latin Leptocoma Sperata yang berasal dari Pulau Jawa. Di daerah Jawa Barat, burung satu ini dikenal dengan sebutan Kolibri Tasik. Sementara di daerah Jawa Tengah, dikenal dengan nama Kolibri Raja. Habitat asli dari Kolibri Ninja yakni berada di pinggir hutan yang memiliki ketinggian mencapai 200 meter di atas permukaan laut.

Kolibri Ninja pula seringkali dijumpai di daerah hutan karet serta pesisir pantai. Bisa dibilang, burung satu ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis Kolibri yang lainnya. Perlu anda ketahui, bila diantara Kolibri Ninja jantan dan betina keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok yakni berada di warna bulunya.

kolibri-ninja

2. Kolibri Kelapa atau Manggar

Burung Kolibri Kelapa atau Manggar menjadi salah satu jenis Kolibri dengan postur tubuh sedang yakni sekitar 13 sentimeter. Meskipun begitu, ia memiliki paruh yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis Kolibri yang lainnya. Sedangkan dari segi suara kicauannya masih tidak jauh berbeda, namun Kolibri Manggar memiliki ciri khas berupa besetan yang rapat, melengking, dan lantang.

Baca Terus Guys ! . . .  Daftar Harga Burung Kolibri Terbaru Dan Terlengkap 2021

Berkat suara yang dimilikinya tersebut, tak ayal bila banyak kicau mania yang memburu Kolibri Kelapa untuk dijadikan masteran di ajang perlombaan. Burung yang memiliki nama latin berupa Anthreptes malacensis ini sering dijumpai di area hutan mangrove, perkebunan kelapa, dan pesisir pantai. Karena memiliki peranan dalam penyerbukan bunga, sehingga keberadaannya dilindungi oleh pemerintah.

baca juga : harga pasaran burung kolibri

kolibri-kelapa

3. Kolibri Sepah Raja

Dikenal sebagai salah satu jenis aves yang paling istimewa, hal ini lantaran burung Kolibri Sepah Raja memiliki kemampuan berupa daya tahan tubuhnya yang sangat kuat. Meski memiliki ukuran tubuh yang tergolong mungil yakni 13 sentimeter, namun Kolibri satu ini sangat diminati oleh pecinta burung karena warna tubuhnya yang sangat menarik.

Lazimnya, Kolibri Sepah Raja yang berjenis kelamin jantan memiliki warna bulu merah terang sementara bagian dahi dan ekor pendeknya berwarna ungu. Lalu pada bagian perutnya terlihat warna abu yang tergolong gelap. Bila dilihat dari penampilan, Kolibri Sepah Raja betina berwarna hijau zaitun gelap dan terlihat lebih buram dibandingkan dengan pejantan.

kolibri-sepah-raja

4. King Konin

Tidak jauh beda dengan Kolibri Ninja, King Konin ini menjadi salah satu jenis Kolibri yang bertempat tinggal di hutan mangrove, rawa rawa, dan dataran yang memiliki ketinggian hingga 250 meter diatas permukaan laut. Sama halnya dengan Kolibri sebelumnya, antara burung madu bakau jantan dan betina memiliki ciri khas yang sangat mencolok.

Dimana pada pejantan memiliki bulu yang berwarna kehitaman pada keseluruhan tubuhnya. Akan tetapi, pada bagian dadanya berwarna ungu serta memiliki setrip kumis sebagai tanda pejantannya. Sementara burung Kolibri yang betina pada bagian tenggorokannya terdapat corak putih, punggungnya berwarna zaitun, kepalanya berwarna abu abu, dan perut berwarna kuning.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Kolibri Wulung, Makanan, Harga Dan Suara

king-konin

Kolibri sebenarnya tak hanya memiliki keunggulan berupa penampilan semata, namun ia pula dianugerahi berupa suara kicauan yang sangat unik. Dimana pada masing masing jenisnya memiliki karakteristik sendiri. Jadi tak ayal bila banyak kicau mania menyerbu burung endemik satu ini, lantaran digunakan sebagai masteran di beragam ajang perlombaan atau kontes.