10 Jenis Burung Kicau Kelas Atas Yang Banyak Penggemarnya

Diposting pada

burung kicau kelas atas, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar jenis burung kicau kelas atas yang sedang viral di tahun ini menurut versi website resmi pleci.id, sama-sama kita ketahui di berbagai kalangan para penghobi burung ocehan tentu sangat bangga jika hobi memelihara burung piaraan termasuk dalam sepuluh kategori berikut ini ya,

bisa dikatakan kelas atau tingkatan bergengsi dan memiliki nilai tinggi baik dari segi rawatan harian, lomba sampai dengan harga jual yang ditawarkan tentu bukan sembarangan ya temen-temen, ya namanya juga hobi tidak ada nilai dan tanpa batas pastinya.

Tidak kerasa saat ini sudah hampir satu tahun kita dibatasi ruang lingkup di lapangan / di gantangan karena wabah covid-19 atau istilahnya lock-down atau PPKM lah yang memproteksi pergerakan dari berbagai event perlombaan, tapi dengan hal itu bukan berarti meredupkan semangat para kicau mania sejati dong pastinya,

walaupun kondisinya sesulit apapun tetap kita sebagai warga negara indonesia yang baik kita juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan tetap semangat juga memelihara momongan burung kesayangan kita dong !.

Oke tanpa harus berlama-lama lagi yuk langsung aja kita ke topik pembahasannya seputar jenis burung kicau kecil yang sedang viral sekarang ini, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini :

Mengenal Beberapa Jenis Burung Yang Lagi Trend Saat Ini


Cucak Rowo

Manuke-manuke cicak rawa !.. Cucak rowo.. rowo buntute !.. Buntute sing akeh bulu ne!.. Heeee malah pake nyanyi sair lirik lagi, nah burung cucak rowo ini dari sejak dulu memang sudah terkenal dan sempat naik daun telebih dahulu ya ketimbang jenis burung ocehan lainnya seperti sekarang ini, namun walaupun ada berbabgai tipe burung kicau yang sedang on fire bukan berarti menyurutkan atau membuat kendor para penghobi burung cucak rawa ini ya temen-temen.

Harga yang ditawarkan untuk burung cucak rawa saat ini juga masih tergolong stabil ya karena sesuai juga oleh karakteristik burung tersebut, yang dimana burung asli indonesia memiliki bentuk tubuh yang indah suara kicauannya yang terkenal ropel, ngebas dan memiliki volume kencang inilah yang menjadi nilai tambah dan sulit bagi para penggemarnya untuk meninggalkan hobi dalam hal merawat burung cucak rowo ini.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengetahui Sejarah Arti Burung Garuda Bagi Negara Indonesia

burung-cucak-rowo

Jalak Bali

Burung jalak bali sangatlah eksotis ya jika dilihat dari segi fisiknya, hanya orang-orang yang memang benar-benar penghobi sejati dan banyak memiliki kemampuan diatas rata-rata yang bisa memiliki burung ini, karena harga jualnya juga sudah mahal dan harus tersertifikasi resmi atau legal oleh penangkarnya ya.

Burung yang harus dijaga kelestariannya ini menjadi endemik di indonesia, jadi jika kalian ingin membeli burung ini tidak boleh sembarangan ya, kalian harus menanyakan kejelasan surat-surat sertifikat yang asli seperti kita membeli motor lah, harus ada surat bpkp dan stnk nya, harganya pun tidak kalah seperti harga sepeda motor bahkan bisa lebih hehehe.

burung-jalak-bali

Wambi (Hwamei)

Asal burung wambi ini dari negara cina atau burung import ya temen-temen namun saat ini sudah banyak juga para peternak di indonesia yang sukses membudidaya burung ini dan dilestarikan di wilayah lokal nusantara kita, jadi kalian tidak perlu khawatir ya jika ingin memelihara burung yang istimewa ini,

ya walaupun harga jualnya saat ini masih tergolong mahal, untuk anakannya saja bisa mencapai 2 jutaan itupun yang masih dalam kondisi giras grabakan, berbeda lagi dengan burung yang sudah mapan gacor bisa mencapai 5 – 10 jutaan per ekornya untuk yang jantan dewasa,

biasanya para penghobi burung wambi yang sudah senior dan paham jika merawat burung wambi atau hwamei ini jika membeli tidak satuan bahkan harus pasangan ya antara jantan dan betinanya, karena burung ini seperti burung untulan si betina sebagai pengecas yang bisa membuat si jantan makin gacor dan cepat mapan ya.

burung-wambi

Murai Batu

Burung murai saat ini juga sudah mulai banyak penggemarnya ya, banyak para pemain burung kacer atau kicauan lainnya yang mencoba hijrah dan pindah hobi dalam memelihara burung murai batu ini, jika sudah merasakan nikmatnya memelihara murai pasti enggan untuk pindah kiblat atau beranjak memelihara burung kicau yang lain pastinya.

Murai batu terkenal dan mendominasi sebagai burung kelas atas yang banyak memiliki fans jadi tidak heran harga burung murai yang ditawarkan juga tergolong masih mahal sampai saat ini, dari segi fisik burung ini termasuk jenis burugn fighter yang sempurna, dengan memiliki buntut atau ekor yang menjuntai panjang, postur ideal serta suara kicauannya memiliki banyak variasi dan enak di dengar ya temen-temen.

murai-batu

Simak video seputar burung murai : Perawatan Harian Burung Murai Agar Cepat Gacor

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Menjinakkan Burung Kutilang Hasil Tangkapan

Kacer

Siapa yang tidak kenal dengan burung paling fighter ini ya, namun walaupun memiliki karakter petarung sejati burung kacer ini terkenal banyak misteri dan membuat penasaran bagi siapa yang memiliki atau merawatnya terutama dari segi setingan atau rawatan harian ataupun lombanya,

ya bisa dibilang gampang-gampang susah namun jika kalian sudah menjiwai karakter jenis burung kacer kalian tentu rasa dan sensasinya jauh lebih berbeda ya temen-temen, terlebih lagi jika sudah paham dan mengerti dari kelebihan dan kekurangan burung gacoannya,

setidaknya kalian punya parameter atau acuan yang jelas dalam setingan harian ataupun lombanya agar burung kesayangan temen-temen bisa kerja maksimal, dengan durasi yang baik, untuk masalah prestasi ataupun tropi itu mah belakangan ya, hanya faktor keberuntungan saja’ ucap kacer mania sejati.

burung-kacer

Cucak Ijo

Burung ini terkenal dengan semi fighter yang kerapkali juga sering di ikut sertakan dalam aja kontes burung berkicau, namun para penggemarnya yang masih mendominasi kebanyakan dari daerah jawa barat ya, untuk sumatra masih tergolong sedikit ya !. Masih kalah sama para hobiis nya burung kacer dan murai.

Suara burung cucak ijo juga sangat luwes, merdu dan penuh variasi, dari bentuk fisik burung cucak ijo ini memiliki warna full hijau daun dan pada area wajahnya nopeng hitam full sangar ya untuk jenis yang jantan berbeda dengan yg betinanya tidak nopeng pada area wajahnya ya,

walaupun begitu harga cucak ijo saat ini masih sangat stabil karena burung ini sudah tergolong langka dan sudah sulit di dapatkan di alam liarnya, kelebihannya jika kalian memelihara burung cucak ijo ini memiliki umur yang panjang ya bisa mencapai 50 – 70 tahunan jika kalian merawatnya dengan tepat dan baik.

burung-cucak-ijo

Kenari

Kenari dari dahulu selalu konsisten dalam menentukan harga jual yang tetap stabil hingga sekarang, ya walaupun ada penurunan itupun tidak terlalu anjlok atau drastis seperti burung kicau lovebird ya,

burung kenari tidak pernah surut oleh penggemar ya wajar saja karena burung ini banyak jenis ragam yang unik dan para penangkar yang kreatif dan paham tentang gen atau trah terbaik dalam mencetak jenis burung kenari prospek seperti f1, f2, f4, ys,

tentu tidak pernah berhenti untuk mengembangkan varian atau bereksperimen untuk membudidaya burung unik yang berkualitas dari bentuk fisik hingga kualitas suara volume yang dihasilkannya ya temen-temen.

burung-kenari

Kolibri Ninja

Burung konin atau kolibri ninja di awal tahun 2021 semakin banyak penggemarnya ya, sampai-sampai diberbagai daerah serempak banyak yang membuka kelas baru atau nomer gantangan di berbagai event lomba, karena peminat dan permintaan para penghobi burung kicauan,

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Memilih Murai Batu Medan Yang Berkualitas Baik

memang tergolong sulit ya memelihara burung yang berukuran kecil ini, namun berlandaskan ketelatenan dan keseriusan dalam hal rawatan yang baik tentu membuat burung menjadi tetap sehat dan gacor bahkan bisa di ikutsertakan dalam ajang kontes.

Tidak heran burung kolibri kecil ini yang awalnya hanya burung liar dan banyak dijumpai di alam bebas kini berubah menjadi jenis burung primadona yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi !.. Wow keren ya guys.

burung-kolibri-ninja

Tledekan Gunung

Jenis burung tledekan yang terkenal dan sering dirawat oleh para kicau mania ada 2 yaitu tledekan gunung dan bakau, keduanya hampir mirip jika dilihat sekilas ya, namun bagi yang paham tentang burung ocehan terlebih para pemain lapangan / gantangan biasanya lebih memilih jenis tledekan gunung ya yang direkomendasikan untuk dirawat sebagai burung harian gacoran di rumah ataupun bisa dicetak sebagai burung kontes juga.

Harga burung tledekan saat ini juga melesat dan meroket tinggi untuk yang masih bahan saja bisa mencapai ratusan ribu mendekati jutaan, berbeda lagi dengan burung tledekan yang memang siapan prospek dari hasil tangkaran tentu nilai jualnya jauh lebih mahal ya bisa mencapai puluhan juta rupiah itupun hanya berlaku untuk yang paham dan maniak tentang burung tledekan ini ya.

tledekan-gunung

Pleci

Burung pleci di indonesia tergolong sangat banyak jenisnya, dari kelebihan pleci buxtoni, lombok dakun, bali dan tipe lainnya yang memiliki kualitas kelebihannya masing-masing ya baik dari segi fisik, ataupun karakter suara kicauannya, serta harga dari setiap jenis tentu yang menjadi perbedaan itu hal yang wajar ya, di sesuaikan lagi dari tempat atau daerah asal kalian masing-masing.

Untuk kelas lateberan di berbagai daerah khususnya di pulau jawa masih banyak ya, nah namun untuk kelas lomba besar (event) rata-rata pasti ada kelas pleci selalu di gelar ya, karena termasuk jenis kicau yang banyak juga memiliki fansnya.

burung-pleci

Demikianlah info terupdate dari kami seputar burung kicau kelas atas, yang kiranya bisa bermanfaat bagi temen-temen kicau mania semuanya ya. Terima kasih. Salam satu hobi – kicau mania nusantara.