Mengenal Jenis Burung Kerak Basi, Makanan, Harga, Suara

Diposting pada

Mungkin bagi sebagian orang yang sudah lama memiliki hobi burung kicau sudah tahu jenis unggas yang satu ini, Burung Kerak Basi biasa dipelihara sebagai bahan masteran untuk jagoan kicauan lomba.

Bagi kalian yang baru mengenal hobi baru dimasa panemi ini berikut adalah informasi untuk mengenal lebih jauh selengkapnya dibawah ini.

Mengenal Jenis Burung Kerak Basi

1. Burung Kerak Basi Ramai

jika kita lihat secara fisik sangat unik dengan ukuran tubuhnya berkisar 17 sampai 19 cm, dengan panjang ekor kurang lebih 8 cm, dibalut bulu-bulu berwarna coklat serta warna putih pada bagian matanya.

terdapat corak bulu dengan warna kuning yang melingkari sayapnya.Tempat hidup aslinya pada lokasi yang bersuhu lembab seperti hutan bakau juga banyak di jumpai pada wilayah Pulau Jawa, P. Kalimantan serta Maluku.

Untuk membedakan yang jantan dan yang betina pada kerak basi ramai ini bulunya lebih gelap bagi yang jantan sedangkan yang betina agak pudar. tinggi Jambul jantan lebih besar dari betinanya.

burung-kerak-basi-ramai

2. Unggas Kerak Basi Besar

Jenis yang kedua ini memiliki ukuran fisik yang relatif besar mencapai 19 cm, Bentuk patuhnya besar tetapi ukurannya pendek. Pada bagian alisnya terdapat bulu halus dengan warna kuning tua.

sedangkan warna dominan coklat menyelimuti bulu-bulunya. jika kita lihat paruhnya berwarna merah jambu ke oranye an.

Habitat aslinya terdapat pada dataran rendah, area sawah – sawah, dan tempat yang bersuhu lembab.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Jenis Burung Blackthroat, Harga Dan Suara

jenis unggas yang satu ini ditemukan di wilayah Asia Bagian Timur mulai dari Filipina ke Indonesia.

3. Unggas Kerak Basi Alis Hitam

Apabila kita perhatikan bentuk fisiknya, jenis yang ketiga ini dengan ukuran tubuh yang relatif kecil dari kedua jenis yang tadi. dan juga dengan ciri yang

sedikit berbeda juga. Panjang tubuhnya berkisar 12 sampai 13 cm saja. pada bagian mata ada setrip berwarna hitam dua bais dan di tengah nya ada setrip putih yang menyerupai bentuk alis.

Hal itu juga yang menyebabkan dia disebut si Alis Hitam. Warna bulu dibagian bawah tubuhnya berwarna putih ke abu-abuan.

Kerak basi merupakan jenis burung yang suka berimigrasi ke Malaysia , china hingga ke india.

burung-kerak-basi-alis-hitam

Makanan Yang Biasa Di Konsumsi

Dialam bebasnya dia sangat suka mengkonsumsi serangga-serangga yang berukuran kecil di sekitarnya Jangkrik, Kroto, atau ulat ulat kecil. tetapi jika kalian hendak

merawatnya makanan utamanya bisa diganti atau dilatih memakan voer dengan kadar protein yang sesuai yang sudah banyak dijual di kios burung.

Jika dia tidak suka kalian bisa melatihnya dengan mencampur sedikit kroto pada voer.

Sedangkan serangga seperti jangkrik kroto dan lainnya bisa kalian berikan sebagai pakan tambahan atau EF harus sesuai dengan kebutuhan jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan burung over birahi.

Harga Pasaran Terbaru

Karena bukan burung Asli Indonesia jadi dia juga cukup langka didapat ya bos hal ini tentunya menyebabkan harganya cukup mahal dipasaran untuk burung masteran.

Untuk yang bahan anakan mulai dari 150 hingga 200 ribu. sedangkan yang gacor dan usianya mapan harganya dibandrol mulai dari 2 sampai 5 juta rupiah sungguh fantastis bukan.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Keistimewaan Jalak Bali, Habitat, Makanan, Harga

Keunggulannya dia memiliki suara yang sangat merdu dan bervariasi sehingga akan menjadikan burung jagoan anda menjadi lebih berkualitas.

Nah itulah tadi ulasan seputar burung kerak basi dari kami semoga dapat menginspirasi anda, saya ucapkan terimakasih telah setia untuk menyimak informasi seputar hobi kicau mania dari kami.