Mengenal Burung Belibis, Harga dan Suaranya

Diposting pada

Bila diperhatikan dari kejauhan, burung Belibis nampak menyerupai bebek atau itik. Hal ini tak lain karena keduanya memang berasal dari keluarga Anatidae. Burung dengan nama ilmiah Dendrocygna ini pula lebih sering dijumpai berkoloni dengan satu jenisnya. Dibandingkan dengan bebek, Belibis jauh memiliki kemampuan terbang yang lebih baik. Berikut ulasannya.


Mengetahui Lebih Dekat dengan Belibis

Perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya Belibis di Indonesia memiliki nilai ekonomi lantaran dagingnya kerap diolah untuk dikonsumsi. Apalagi kini banyak sekali permintaannya sedang melambung tinggi, sehingga tak heran bila banyak orang memburu burung satu ini. Alhasil, saat ini keberadaan Belibis jadi jarang dijumpai dan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Sejatinya, spesies burung dengan bentuk yang unik ini di Indonesia terdiri dari dua jenis yakni Belibis Kembang atau Dendrocygna arcuata dan Belibis Batu atau Dendrocygna javanica. Diantara keduanya ini memiliki perbedaan yang terletak pada warna bulu serta ukuran tubuhnya. Dimana bulu Belibis Batu berwarna cokelat kemerahan dan berukuran lebih kecil.

Burung Belibis Kembang memiliki bulu yang berwarna kecoklat coklatan dengan ukuran tubuhnya yang jauh lebih besar dibandingkan Belibis Batu. Kemudian pada bagian tepi sayapnya terdapat corak gelap serta putih. Secara morfologi, Belibis Kembang punya leher yang lebih panjang dan kecil dengan paruh serta kakinya yang berwarna hitam.

burung-belibis-kembang

 

Meski bukan termasuk ke dalam aves yang gemar terbang, namun ketika melakukannya ia akan terbang jauh. Bukan hanya mampu terbang jauh saja, Belibis pun terkenal memiliki kemampuan berupa berenang cepat di air. Kehandalan dalam berenang tersebut lantaran Belibis termasuk ke dalam aves yang memiliki kaki berselaput layaknya bebek atau itik.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Mengenali Kacer Tipe Panas Dan Dingin

Lazimnya, Belibis Kembang dan Belibis Batu bisa dijumpai ketika mencari makanan di daerah tambak dekat pantai, rawa rawa, maupun daerah sekitar danau. Dimana burung Belibis menyukai makanan berupa binatang kecil yang hidup di air, tanaman air, dan biji bijian. Untuk pola persebaran burung ini sendiri hampir meliputi seluruh daerah Asia Tenggara, China Selatan, hingga India.

burung-belibis-batu

Harga yang Dipatok Untuk Belibis

Karena telah terkenal hingga penjuru dunia, keberadaannya kerap kali diincar oleh para pecinta burung. Bukan hanya untuk dikembangbiakkan semata, ada kalanya Belibis diperjual belikan lantaran memiliki daging yang sangat enak untuk dikonsumsi. Apalagi di beberapa wilayah di nusantara tersohor memiliki olahan Belibis yang sangat menggugah selera.

Namun, masih terdapat beberapa pecinta burung yang siap mengembangbiakkan dan memelihara Belibis agar tidak punah akibat perburuan yang semakin merajalela ini. Untuk bisa mendapatkan burung satu ini, anda perlu merogoh kocek berkisar Rp. 150 ribu hingga Rp. 200 ribuan. Harga yang dipatok tersebut menyesuaikan jenis dari Belibis.

Suara yang Dimiliki Belibis

Terkenal memiliki kemampuan terbang yang jauh lebih handal dibandingkan bebek, biasanya Belibis akan terbang bersama koloninya dengan susunan khusus sembari mengeluarkan suara layaknya siulan. Karena keahliannya dalam membuat siulan tersebut, membuat masyarakat di Inggris menjuluki Belibis sebagai “Wandering Whistling Duck” atau Itik Bersiul.

Kemampuan bersiul yang sangat handal inilah, membuat para pecinta burung jatuh hati dan ingin memeliharanya. Namun, untuk bisa mengembangbiakkan aves satu ini dibutuhkan keahlian khusus agar mereka bisa hidup dengan baik. Bukan hanya itu saja, perawatan yang tepat pula mampu menaikkan harga jual dari burung Belibis.

Lantaran telah terkenal sebagai salah satu santapan yang sangat lezat, keberadaan Belibis kini mulai diperhitungkan. Maka dari itu, alangkah baiknya bila pemerintah melakukan upaya konservasi guna mempertahankan spesies Belibis di habitatnya. Bila hal ini tidak segera dilakukan, dikhawatirkan populasi Belibis akan menurun hingga membuatnya langka.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Burung Flamingo, Makanan dan Harganya