Tips Mudah Budidaya Pleci Agar Cepat Bertelur

Diposting pada

budidaya pleci – Burung pleci atau sering disebut burung kacamata karena memiliki lingkaran yang berukuran kecil dan berwarna hitam atau putih di sekitar mata, untuk harga burung pleci di pasaran memang relatif murah ya. Burung yang satu ini biasanya dapat ditemukan di wilayah tropis Afrika dan Asia. Bagi Anda yang ingin melakukan budidaya pleci maka harus teliti karena perawatannya yang tergolong sulit. Untuk itu simak ulasan berikut ini.

Tips Mudah Budidaya Burung Pleci Agar Cepat Bertelur


1. Mengetahui Segala Hal Tentang Burung Pleci

Mengetahui seluk beluk mengenai burung pleci sangat penting bagi anda yang ingin membudayakan jenis burung ini. Misalnya, mengetahui bagaimana cara perawatannya, makan yang dimakan, aktivitas yang disukai dan sebagainya. Hal tersebut sangat penting diketahui agar burung tersebut tidak rentan terhadap penyakit dan dapat bertelur dengan cepat.

2. Mempersiapkan Indukan Jantan Maupun Betina

Sebelum melakukan budidaya sebaiknya kalian harus menyiapkan kandang ternak pleci, jika sudah siap maka cara selanjutnya yang perlu anda ketahui yaitu memilih indukan yang berkualitas. Indukan berkualitas artinya bebas dari bahan kimia, bakteri, virus, serta bebas dari doping. Kualifikasi induk betina berkualitas yakni memiliki umur diatas satu tahun, memiliki fisik yang sehat, dan berasal dari indukan yang berkualitas.

cara membedakan pleci jantan dan betina sangatlah mudah bisa dilihat dari bentuk ekor dan tubuhnya, pada umumnya untuk si jantan memiliki buntut yang hampir menyerupai huruf V, dan agar lebih di anjurkan untuk memilih indukan jantan yang baik yaitu berusia 1 tahun atau di atas 1 tahun, jinak, memiliki paruh yang lurus, gacor, kepala lebih besar, leher berisi dan lain sebagainya. Dari segi fisik anda dapat mengetahui kesehatan burung pleci dari warna bulunya. Budidaya pleci sangat bergantung pada kualitas indukan agar mendapatkan hasil yang berkualitas pula.

Baca Terus Guys ! . . .  Inilah Daftar Harga Burung Pleci Terbaru 2021

penjodohan-pleci

3. Melakukan Penjodohan Burung Pleci

Setelah anda memilih indukan yang berkualitas yang berumur satu tahun, maka langkah selanjutnya menjodohkan kedua induk tersebut. Langkah ini diawali dengan mendekatkan sangkar betina dengan jantan kurang lebih selama 1 sampai 2 minggu. Selama perjodohan ini berlangsung asupan makanan yang diberikan pada burung ini harus memiliki protein tinggi.

Setelah 1 atau 2 minggu berlangsung, anda dapat memisahkan kedua induk tersebut. Hal ini untuk mengetahui apakah burung tersebut tertarik satu sama lain atau tidak. ciri ciri pleci siap kawin, jika iya maka kedua induk tersebut akan memanggil satu sama lain. Biasanya indukan jantan akan mengeluarkan tanda-tanda seperti gelisah dan disertai dengan kicauan untuk memanggil betina.

4. Menjaga Burung Pleci Setelah Perkawinan

Setelah proses budidaya pleci sebelumnya berhasil dan kedua burung tersebut kawin, maka burung betina akan menunjukan tanda-tanda untuk bertelur. berapa lama pleci bertelur ?. Proses bertelur biasanya membutuhkan waktu 2 minggu dan dapat bertelur sebanyak 1 sampai dengan 4 butir. Ketika pleci betina tidak ingin mengerami telurnya maka anda dapat menggunakan metode inkubator.

Pada proses budidaya burung ini seringkali pejantan akan mengganggu betina ketika bertelur. Jika hal tersebut terjadi maka anda dapat memindahkannya pada sangkar yang lain. Namun ketika tidak mengganggu maka tidak perlu untuk memindahkannya. Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti telur tidak menetas, maka betina akan akan kembali bertelur di periode selanjutnya.

pleci-bertelur

5. Penyediaan Pakan Yang Mendukung

Pada budidaya pleci pengeraman telur berlangsung selama 12 sampai dengan 15 hari. Ketika telur berhasil dierami maka anda perlu menyediakan makanan yang mendukung bagi kesehatan induk maupun anaknya. Ketika induk burung enggan meloloh anak-anaknya maka anda perlu menyuapinya secara langsung agar anak-anak burung tersebut tetap sehat dan tidak mudah mati.

Baca Terus Guys ! . . .  Cara Ternak Burung Serindit

Sebenarnya budidaya burung yang satu ini tidak terlalu sulit, karena anda tidak membelukar bahan ataupun peralatan yang cukup mahal. Anda hanya perlu menyediakan asupan makanan yang mendukung serta perawatan yang cukup agar burung tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Untuk mendapatkan peranakan yang baik dan bagus maka anda juga perlu memilih induk jantan maupun betina yang berkualitas.

Demikianlah tips seputar budidaya pleci yang dapat kami share kepada temen-temen pleci mania semua, selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat.