Tips Mudah dan Lengkap Budidaya Burung Kenari Bagi Para Pemula

Diposting pada

budidaya kenari – Dewasa ini, budidaya burung untuk dijadikan sebagai agro bisnis sudah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Salah satunya adalah burung kenari. Warna tubuh yang sangat elok dengan suara yang merdu merupakan daya tarik bagi kalangan pecinta burung. Bahkan, burung ini juga memiliki perawatan yang mudah. Anda tertarik? Yuk simak budidaya kenari disini.

Tips Jitu Budidaya Burung Kenari


1. Menghadirkan Ukuran Kandang Dengan Tepat

Budidaya burung sebaiknya dilakukan dengan cara menghadirkan rumah sebagaimana kondisi hidup di alam bebas. Anda bahkan harus mengetahui bahwa burung kenari adalah burung penerbang. Oleh karena itu, anda sebaiknya memilih jenis kandang yang besar dan tidak menyulitkan kenari dalam bertengger. Tentunya, kandang bundar juga tidak direkomendasikan.

Ukuran kandang yang sesuai untuk seekor kenari biasanya memiliki lebar 40 cm dan tinggi 20 cm. Anda bahkan bisa meletakkan sangkar ini dengan ketinggian 6 kaki dari lantai. Begitu pula, penempatan kandang juga harus disesuaikan dengan cara menghadirkan pencahayaan dan suhu yang terbaik untuk kesehatan burung.

ukuran-kandang-ternak-kenari

2. Memberi Makanan Yang Bergizi

Budidaya kenari juga dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang bergizi. Pasalnya, burung ini biasanya memakan sayuran, biji-bijian, kroto dan telur puyuh rebus. Pemberian makanan ini juga harus dilakukan secara bertahap dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Meski demikian, makanan jenis biji-bijian dapat menjadi makanan pokok yang selalu dihadirkan.

Selanjutnya, anda bisa memberikan buah dan sayur kepada kenari dengan jumlah tidak lebih dari 10% makanan pokok. Makanan tambahan seperti buah dan sayur yang tidak dimakan terlalu lama juga sebaiknya dibuang. Selain itu, anda juga harus selalu menyediakan air yang bisa digunakan untuk minum.

Baca Terus Guys ! . . .  Rahasia Sukses Ternak Murai Batu Dengan Mudah

3. Memberi Perawatan Yang Terbaik

Perawatan burung kenari dapat dilakukan dengan cara memandikan burung dan menjemurnya setiap pagi. Pasalnya, waktu yang tepat untuk memandikan burung ketika budidaya kenari ini dapat dilakukan ketika jam 7 pagi. Kemudian, anda bisa menjemur binatang yang satu ini selama 1 hingga 2 jam di waktu tersebut.

Selain itu, anda juga harus selalu menghadirkan kandang yang bersih agar kenari selalu sehat. Kualitas burung yang baik tentu dapat diketahui dari kondisi kenari yang sehat. Lazimnya, kenari yang sehat akan bergerak aktif, memiliki nafsu makan yang tinggi, memiliki bentuk fisik yang bagus dan suara yang merdu.

pakan-ternak-kenari

4. Melatih Burung Kenari

Jika anda sudah memberikan perawatan yang terbaik, melatih burung kenari dapat meningkatkan kualitas burung dari segi suara. Anda bahkan bisa melatih burung kenari dengan mengajaknya berbicara selama 10 hingga 15 menit. Bersiul dengan tenang juga dapat dilakukan untuk menghadirkan keakraban dengan binatang yang satu ini.

Pasalnya, kedekatan yang anda bangun dengan kenari dapat menghadirkan kenyamanan. Burung ini bahkan akan cepat berkicau ketika merasa nyaman dengan lingkungannya. Anda bahkan bisa mendengarkan suara mp3 burung gacor yang bisa anda putar melalui smartphone ketika budidaya kenari di rumah.

Kegiatan pemasteran tersebut bahkan bisa dilakukan di siang hari. Anda bisa melakukan kegiatan ini hingga pukul 15.00 sambil mengkrodong sangkar. Kemudian, binatang yang satu ini perlu diangin-anginkan kembali agar suhu kandang tetap terjaga. Hal ini dikarenakan waktu di malam hari adalah waktukenari untuk beristirahat secara total.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika melakukan budidaya kenari. Tentunya, berbagai perawatan yang anda hadirkan harus dilakukan secara konsisten. Selain membuat binatang yang satu ini tidak kebingungan, perawatan yang konsisten juga bisa menghadirkan burung masteran dengan kualitas yang bagus.

Baca Terus Guys ! . . .  Perkiraan Terupdate Harga Burung Kenari Di Awal Tahun 2021