5 Jenis Buah Yang Aman Untuk Makanan Burung Kicau

Diposting pada

Buah Aman Untuk Burung – Halo kicau lovers kembali kami akan memberikan informasi menarik dan bermanfaat pastinya buat kalian yang memiliki hobi memelihara burung kicau. Kali ini kita akan mengulas tentang buah apasaja yang aman dikondumsi oleh burung,

Ada beberaoa jenis burung yang memakan hanya memakan buah dan ada juga yang memakan buah dan juga serangga di alam bebasnya sehingga dalam perawatan harian pun saat memeliharanya kita bisa memberikannya juga.

Meskioun kita sudah mengganti menu makanan utama mereka dengan voer yang sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka yang lebih praktis dan juga kandungan proteinnya cukup ternyata burung juga memerlukan makanan ekstra atau disebut dengan EF.

Seringkali kita bingung dan bertanya-tanya, buah apa saja yang aman diberikan ke burung peliharaan kita ini yang memiliki manfaat mitamin untuk tubuhnya tetapi tidak membahayakan.

Karena meskipun setiap buah memiliki kandungan kadar air dan vitamin yang baik, namun berbeda-beda dan ada juga yang tidak cocok untuk burung kicau sehingga mengganggu pencernaannya.

makanan-burung-apa-aja

Nah dibawah ini ada lima jenis buah yang aman diberikan ke burung kicau beserta manfaatnya untuk tubuh si burung itu, simak informasinya sampai habis ya gais …

5 Jenis Buah Yang Aman Untuk Burung

1. Pisang Kepok

Pisang kepok termasuk yang paling disukai oleh burung yang memakan buah karena dagingnya buahnya tebal, dan teksturnya lebih padat serta rasanya tidak semanis beberapa jenis pisang lainnya.

Ternyata kandungan nutrisinya juga cukup lengkap mulai dari vitamin, mineral bahkan sebagai antioksidan sehingga banyak manfaatnya untuk makhluk hidup termasuk burung kicau ini.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Kelebihan Pleci Buxtoni, Harga, Gambar, Suara

Didalamnya terdapat kandungan karbohidrat kompleks, protein, serat, magnesium, kalium, zat besi, vitamin a dan juga vitamin c. selain itu didalam semuah pisang kepok terkandung vitamin b6 asam folat serta beta karoten.

karena kelengkapan kandungan nutrisi yang dimilikinya sehingga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, dengan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi juga ternyata gais.

Selain rasanya yang enak juga kaya manfaat sehingga aman untuk kalian berikan ke burung kesayangan kalian yah kicau lovers.

2. Pepaya

Secara umum yang kita ketahui pepaya mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan baik itu manusia maupun hewan sekalipun. Tetapi selain itu banyak nutrisi yang dikandung dari pepaya ini gais.

Buah pepaya juga mengandung Vitamin A, B, C, E, dan Vitamin K, Kalsium, Potasium, Asam Folat hingga Magnesium. Selain itu didalamnya juga terdapat kandungan Likopen sebagai antioksidan.

Manfaatnya untuk burung ialah menjaga kesehatan matanya sehingga sorot matanya lebih tajam dan terhindar dari penyakit katarak yang banyak di alami oleh beberapa jenis burung.

Menyehatkan sistem pencernaannya dan menjaga daya tahan tubuh si burung supaya tidak mudah terserang penyakit juga membuat warna bulunya semakin cerah dan berkilau sehat.

Itulah beberapa manfaat pepaya pilihlah pepaya yang matang tetapi jangan terlalu matang. Pemberiannya boleh di potong secukupnya dan digantung, bisa juga potong kecil-kecil masukan kedalam cepuk makanan.

3. Apel

Meskipun cukup jarang sekali burung kicau diberi makan apel ini mengingat harganya juga cukup mahal tetapi dia memiliki manfaat untuk burung. Didalam apel terkandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh burung.

Apel mengandung cukup banyak air, ada serat yang baik untuk pencernaan, didalamnya terkandung vitamin C, B9, K dan Vitamin E yang juga memiliki efek sebagai antioksidan.

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Racikan Makanan Lovebird Biar Gacor Ngekek Panjang

dalam sebuah apel juga mengandung Kalium, Kalsium, Magnesium dan Fosfor yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan bagi tulang dan paruhnya supaya kuat dan juga terhindar dari penyakit yang menyerang kaki dan paruhnya.

makanan-burung-berkicau

4. Pir

Buah pir juga mengandung cukup banyak air, seperti beberapa jenis buah lain seperti apek, pepaya dan pisang yang mengandung banyak vitamin, mineral dan juga anti oksidan yang baik untuk tubuh.

Yang paling menonjol dari buah pir ini ialah dia memiliki anti inflamasi yang membuat burung bisa cepat sembuh atau cepat pulih ketika dia mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Jadi bagus sekali untuk diberikan ke burung kesayangan kita minimal 1 minggu sekali mengingat harganya juga cukup mahal apabila diberikan setiap hari ya gais.

5. Jeruk

Secara umum kita ketahui jeruk memiliki banyak kandungan vitamin c, namun ada juga kandungan vitamin dan mineral lain yang di butuhkan oleh burung kesayangan kita untuk kelangsungan hidupnya.

Manfaat buah jeruk juga untuk memperkuat tulang, pada burung supaya kakinya kuat saat bertengger diatas tangkringan. serta bagus untuk menjaga kekebalan tubuh burung meskipun pada cuaca ekstrem sekalipun.

Pastikan buah jeruk yang kalian berikan manis ya kalau yang asam dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan pencernaannya.

buah-untuk-burung

Itulah tadi gais beberapa buah aman untuk burung yang bisa kalian berikan setiap hari sebagai makanan tambahan yang menunjang kebutuhan tubuhnya selain makanan utamanya.

Terimakasih banyak terus mendukung blog pleci id ini semoga kami terus bisa memberikan informasi bermanfaat untuk kalian para penghobi burung kicau dimanapun berada.